Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apakah CCTV Menyala Ketika Mati Lampu

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - CCTV mati lampu. Mungkin banyak yang bertanya apakah ketika mati lampu CCTV akan tetap menyala atau mati? Sekali lagi, ini didasarkan kepada apa sumber daya yang membuat CCTV tersebut menyala.

apakah cctv mneyala ketika mati lampu

Untuk diketahui, CCTV merupakan alat yang digunakan untuk merekam keadaan sekitar dalam keperlua keamanan. Biasanya kamera CCTV dipasang di tempat publik seperti kantor, sekolah, mall, tempat wisata, universitas, dan lain sebagainya.

CCTV juga terdiri dari berbagai perangkat penting, seperti kamera, kabel, konetor CCTV, DVR CCTV atau NVR, hingga aplikasi CMS yang terdapat pada komputer atau smaertphone. Penggunaannya juga semakin luas termasuk untuk keperluan pribadi.

Kembali ke persoalan utama, di sini ami akan menjelaskan apa yang akan terjadi pada kamera CCTV apabila listrik padam atau mati lampu. Berikut ulasan lengkapnya silahkan simak di bawah ini.

CCTV Nyala atau Mati Saat Listrik Padam

Bila ada yang bertanya apakah CCTV akan tetap menyala ketika tidak dialiri sumber daya, maka jawabannya adalah tidak. CCTV akan ikut mati karena memang tidak ada sumber daya yang membuat CCTV tersebut menyala.

Namun jika ditanya apakah CCTV tetap menyala ketika mati lampu, jawabannya belum tentu karena tergantung dari sumber daya CCTV tersebut. Jika sumber dayanya listrik, tentu saja CCTV akan mati.

Tapi jia menggunakan UPS (Uninteruptible Power Supply), semacam baterai sebagai sumber daya cadangan yang biasanya ditempatkan di DVR, maka CCTV bisa tetap menyala meski pada saat mati lampu. Memang ada beberapa CCTV yang menggunakan UPS sebagai sumber dayanya.

Ini yang Terjadi pada CCTV Saat Mati Lampu

Pertanyaan berikutnya, apa yang akan terjadi bila CCTV tidak mendapatan sumber daya? Tentu saja CCTV akan berhenti bekerja menampilkan rekaman secara real time atau menyimpan rekaman video di memori pada DVR.

Tapi jika menggunakan UPS, CCTV masih bisa terus menyimpan video hingga UPS habis meski tidak dialiri listrik. Jadi, jawabannya memang kembali lagi tergantung sumber daya apa yang digunakan pada CCTV tersebut.

Namun memang ada beberapa kamera CCTV yang merekam video per sekian menit. Misalnya per 30 atau 60 menit. CCTV jenis ini tidak akan menyimpan rekaman bila kurang dari 30 menit atau 60 menit ketika sumber daya telah terputus.

Kesimpulan
Demikian pembahasan mengenai cctv mati lampu, cara mengetahui cctv merekam atau tidak, fungsi lampu hijau pada cctv, fungsi lampu merah pada cctv, ups cctv, cara mematikan cctv agar tidak merekam, bagaimana cctv berfungsi.

Baca: