Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Fungsi Konektor CCTV dan Jenisnya (Power DC & BNC)

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Fungsi konektor CCTV. CCTV merupakan perangkat keamanan yang pada masa sekarang menjadi sebuah kebutuhan penting. Bahkan, beberapa perusahaan atau instansi menjadikan CCTV sebagai syarat keamanan mutlak.

konektor cctv power dc dan bnc

Sehingga kita sering menjumpai kamera CCTV di berbagai tempat, mulai dari kampus, mall, pasar swalayan, tempat parkir, kantor, universitas, dan masih banyak lagi. Bahkan rumah pribadi pun sekarang juga sudah dipasangi CCTV.

Di dalam CCTV ada berbagai komponen yang perlu diketahui, salah satunya adalah kabel konektor atau yang biasa disebut kabel penghubung. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan jenis dan fungsi kabel konektor pada CCTV.

Fungsi Kabel Konektor

Kabel konektor CCTV terdiri dari dua jenis, untuk kamera CCTV, yang pertama adalah power DC dan yang kedua adalah BNC. Masing-masing memiliki fungsi berbeda.

1. Power DC CCTV

power dc cctv

Konektor ini digunakan untuk menyambung kabel CCTV ke sumber daya atau listrik sehingga CCTV bisa menyala. Konektor ini menghubungkan kabel dengan colokan yang nantinya akan digunakan untuk disambungkan ke terminal listrik.

2. BNC CCTV

bnc cctv

Sementara itu, konektor BNC (Bayonet Neill-Concelman) adalah jenis konektor yang menghubungkan kamera kabel dari CCTV ke memori penyimpanan, yaitu DVR CCTV (digital video recorder). Kabel ini berfungsi sebagai media transmisi data video rekaman CCTV agar bisa disimpan di HDD, SSD, atau microSD.

Jenis Kabel Konektor CCTV

Kabel konektor DC tidak memiliki jenis karena semuanya sama. Sedangkan kabel konektor CCTV BNC memiliki jenis karena penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan.

1. BNC to BNC

Jenis konektor BNC to BNC merupakan jenis konektor yang digunakan untuk menghubungkan kabel ke kabel (seperti kabel sambungan), baik ke DVR, monitor, ataupun kamera CCTV. Kita tidak bisa menyambungkan serat kabel langsung karena nanti transmisi datanya bisa error.

2. BNC RG6 Crimping

Kabel konektor BNC RG6 merupakan jenis konektor kamera CCTV yang digunakan untuk menyambungkan kabel dengan berbagai macam perangkat CCTV, seperti DVR, kamera, dan monitor. Kabel ini biasanya untuk CCTV dengan frekuensi > 50 Hz.

3. BNC RG59 Crimping

Konektor BNC RG59 adalah jenis konektor CCTV yang digunakan untuk menghubungkan kabel dengan beberapa perangkat CCTV, mulai dari kamera, DVR, maupun layar monitor. Bedaya dengan RG6 adalah kabel ini biasanya untuk CCTV dengan frekuensi < 50 Hz.

4. BNC RG6 Twist

Konektor BNC tipe RG6 Twist merupakan jenis konektor CCTV yang digunakan untuk menyambungkan kabel koaksial dengan slot BNC yang biasanya terdapat di kamera CCTV maupun DVR.

5. BNC-RCA

Konektor BNC-RCA digunakan untuk mengubah BNC menjadi RCA, yakni dalam arti lain menghubungkan kamera CCTV ke layar monitor televisi.

Kesimpulan
Demikian pembahasan mengenai fungsi konektor cctv, konektor cctv bnc, konektor cctv analog, konektor cctv ke tv, konektor cctv power, konektor cctv ke dvr, konektor cctv camera, cara pasang konektor cctv, harga konektor cctv, jenis konektor cctv, sambungan konektor cctv, kabel konektor cctv.

Baca: