Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Macam-macam CCTV, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Macam-macam CCTV. CCTV (closed-circuit television) dalam perkembangannya telah dimodifikasi oleh berbagai pabrikan. Ini untuk membuat CCTV menjadi perangkat yang bisa digunakan oleh manusia di mana saja dan kapan saja, sesuai kebutuhan.

Mulai dari CCTV model bohlam yang memang diperuntukkan untuk mengecoh orang, CCTV wifi yang bisa diakses melalui perangkat smartphone, hingga CCTV mobil yang khusus dipasang di dalam mobil. Serta masih banyak model atau macam-macam CCTV lainnya.

Pada kesempatan ini kami ingin membagikan informasi mengenai jenis atau macam-macam CCTV yang banyak dikenal oleh masyarakat. CCTV ini juga bisa dengan mudah dibeli di toko elektronik atau online store.

Macam-Macam Jenis CCTV

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak beberapa daftar macam-macam atau jenis CCTV yang ada di Indonesia di bawah ini.

1. Dome Camera Indoor

Dome Camera Indoor

Dome Camera Indoor merupakan jenis CCTV yang paling banyak kita kenal. Dikatakan dome karena bentuknya mirip kubah setengah bola. Biasanya CCTV macam ini dipasang di dalam rumah untuk keperluan keamanan.

Kelebihan dari kamera CCTV ini biasanya adalah punya fitur day and night, yaitu fitur yang mampu membuat kamera CCTV bisa menangkap gambar dengan jernih meski dalam kondisi kelebihan cahaya maupun kekurangan cahaya.

2. Dome Camera Infrared

Dome Camera Infrared

Perangkat Dome Camera Infrared sesuai namanya dilengkapi dengan inframerah. Sensor ini berfungsi untuk membuat rekaman gambar pada cahaya minim lebih jernih, tipe kamera yang dibekali inframerah biasa disebut night vision.

Di siang hari, inframerah juga akan tetap aktif untuk mengurangi cahaya yang ada pada objek yang direkam. Dengan demikian gambar yang dihasilkan pun juga menjadi lebih jernih dan berkualitas.

3. Dome Camera Vandal-Proof

Dome Camera Vandal-Proof

Bentuknya mirip kubah, namun tidak seperti setengah bola karena di bagian tengah ada sedikit lekukan antara casing dan letak kameranya. Dome Camera Vandal-Proof memiliki body yang kuat dan cocok dipasang di wilayah rawan tindak kejahatan.

Seseorang akan sulit merusak Dome Camera Vandal-Proof karena kualitas bahan pembuatannya, yaitu logam padat. Lensa kameranya juga dilengkapi dengan pelindung anti pecah sehingga kejadian kriminal tetap bisa dilihat.

4. Dome Camera Pan-Tilt-Zoom

Dome Camera Pan-Tilt-Zoom

CCTV Dome Camera Pan-Tilt-Zoom memiliki kemampuan untuk digerakkan secara vertikal, memutar, atau horizontal sehingga bisa menangkap gambar pada area tertentu yang diinginkan. Ini adalah teknologi yang sangat maju untuk sebuah perangkat CCTV.

Dome Camera Pan-Tilt-Zoom juga dilengkapi dengan joystik pemutar sehingga bisa diputar secara horizontal juga. CCTV macam ini biasanya dihubungkan dengan hp Android untuk melihat rekaman CCTV hingga pengoperasiannya.

5. CCTV Speed Dome

CCTV Speed Dome

Sama seperti dome camera pan-tilt-zoom, CCTV CCTV Speed Dome juga bisa diputar bahkan lebih hebat lagi. Perputarannya bisa nyaris 360 derajat dan perangkat ini jauh lebih andal karena mampu berputar tanpa mengeluarkan suara yang berisik.

Jenis kamera CCTV Speed Dome juga dilengkapi decoder, pan-tilt-zoom, serta inframerah untuk membuatnya makin cakap digunakan. Ia mampu menghasilkan gambar resolusi Full HD dengan kualitas video yang jernih, bening, tidak lag.

6. IP Camera

IP Camera

CCTV IP Camera merupakan salah satu jenis CCTV paling modern, ini bisa dipasang di mana saja, tinggal diletakkan di atas meja, lemari, atau tempat-tempat lainnya. Koneksinya menggunakan Wifi atau internet.

Kamera jenis ini biasanya tidak dibanderol dengan harga tinggi, mudah diinstall, dan gampang dioperasikan. Namun juga ada IP Camera yang dibanderol dengan harga mahal tergantung kualitas yang ditawarkan.

7. CCTV Weather-Proof

CCTV Weather-Proof

Perangkat CCTV Weather-Proof khusus dibuat untuk dipasang di luar ruangan. CCTV outdoor ini sesuai namanya memiliki kemampuan tahan cuaca buruk, seperti hujan, angin kencang, badai, panas yang terik, dan sebagainya.

Kamera CCTV Weather-Proof biasa dipasang di area-area publik seperti perempatan, persimpangan jalan, dekat lampu lalu lintas, jalan raya, pelabuhan, bandara, tempat parkir, stasiun, terminal bus, dan sebagainya.

8. CCTV Explosion-Proof

CCTV Explosion-Proof

CCTV Explosion-Proof merupakan CCTV yang dirancang khusus untuk kondisi yang sangat ekstrem, bahkan tahan ledakan dari bom. CCTV ini sangat dibutuhkan di area pabrik, konstruksi, tambang, kilang minyak, batu bara, dan lainnya.

CCTV Explosion-Proof dibuat dengan material yang super kuat, sehingga apabila terjadi kecelakaan isi rekaman videonya tetap awet dan aman. Rekaman tetap bisa disaksikan melalui DVR yang telah terhubung.

9. Camouglage Camera

Camouglage Camera

CCTV Camouglage Camera memiliki bentuk khusus yang cukup unik. Ini dirancang untuk ditempatkan di area tersembunyi dan keberadaannya hampir tidak dikenali, biasanya bentuknya tidak mirip CCTV, namun benda-benda lainnya, contohnya CCTV model lampu.

Adanya Camouglage Camera yang dipasang di berbagai area membuat orang tidak akan sadar dengan adanya CCTV. Bila ada tindak kriminal yang dilakukan, penjahat tidak akan mengira bahwa wajahnya direkam CCTV.

10. Standar Box Camera

Standar Box Camera

CCTV jenis ini biasanya dipasang di tempat umum seperti sekolah, mall, supermarket, minimarket, kantor, apartemen, perumahan, universitas, sekolah, kampus, dan sebagainya. Bentuknya mirip seperti kamera kuno.

Standar Box Camera CCTV memiliki berbagai varian, mulai dari wireless hingga nirkabel. Koneksinya bisa menggunakan kabel atau dikenal juga dengan CCTV tanpa internet. CCTV ini lebih cocok dipasang di luar ruangan dibanding di dalam ruangan.

Kesimpulan
Itu dia pembahasan tentang beberapa macam-macam jenis cctv, jenis cctv tersembunyi, jenis-jenis cctv, jenis cctv yang bisa merekam suara, gambar cctv, gambar cctv truk, jenis cctv di malaysia, gambar cctv kartun, cara pilih cctv.

Baca: