Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Berapa Lama Rekaman CCTV Hilang dan Penyebabnya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Rekaman CCTV hilang. Banyak sekali pertanyaan tentang berapa lama rekaman CCTV akan hilang dan berapa lama rekaman CCTV dapat bertahan. Sebenarnya, apakah bisa rekaman CCTV terhapus secara otomatis meski tidak kita atur atau setting?

berapa lama rekaman cctv hilang

Jawaban akan pertanyaan tersebut bisa kita temui dari ukuran memori penyimpanan CCTV. Yaitu, ada CCTV yang berkapasitas 16GB, 32GB, 64GB, 128GB, dan seterusnya. Kamera CCTV biasanya mempunyai fitur khusus untuk menghapus rekaman CCTV otomatis yang tersimpan lebih dulu

Jadi, rekaman CCTV memang bisa terhapus secara otomatis. Lalu pertanyaannya, berapa lama video rekaman CCTV bisa bertahan? Sebelum itu mari sima ulasan tentang lokasi penyimpanan video CCTV berikut.

Lokasi Penyimpanan Rekaman CCTV

Video hasil rekaman CCTV utamanya disimpan di kartu memori atau SD Card. Saat ini penggunaan microSD menjadi penyimpanan rekaman CCTV sudah semakin luas. Hal tersebut dikarenakan banyak manfaat yang bisa diperoleh dari memori tersebut.

Hal tersebut juga telah kami bahas dalam kelebihan dan kelemahan CCTV Micro SD. Beberapa keunggulan atau kelebihannya adalah memori lebih banyak, harga lebih murah, lebih portable atau mudah dipasang, dan bisa diganti dengan mudah.

Sedangkan memori yang digunakan untuk menyimpan video rekaman CCTV tersebut terpasang di DVR (Digital Video Recorder) atau NVR (Network Video Recorder). Biasanya DVR CCTV atau NVR memiliki slot untuk microSD tempat menyimpan video rekaman.

Sehingga untuk menjawab pertanyaan di mana letak penyimpanan video rekaman CCTV yang telah diambil melalui kamera, maka jawabannya adalah microSD atau memori internal yang teletak pada DVR dan NVR.

Berapa Lama Rekaman CCTV Hilang?

Kamera CCTV akan bertahan hingga memorinya penuh. Sehingga apabila memorinya hampir penuh biasanya kamera CCTV akan menghapus rekaman sebelumnya. Lalu, beraapa sih memori yang dibuthkan untuk merekam CCTV dalam sehari?

Biaasanya, untuk hardisk 4 TB akan mampu merekam 16 kamera CCTV hingga 14 hari atau satu minggu tanpa putus. Artinya:
  • 4 TB/16 = 256. Untuk satu kamera CCTV memerlukan memori 256 GB agar bisa merekam hingga 14 hari.
  • 256 GB/14 = 18.2 GB. Untuk merekam dalam satu hari (24 jam), CCTV membutuhkan memori hingga 18 GB.

Itu adalah hitung-hitungan kasar mengenai kapasitas memori CCTV. Semua kembali lagi kepada jenis CCTV yang digunakan, berapa FPS, resolusi video rekaman CCTV, kualitas video apakah avi, mp4, mkv, H256 dan sebagainya juga berpengaruh.

Bila tidak mau ribet menghitungnya menggunakan kalkulator biasa di hp, Anda bisa langsung menghitung kebutuhan memori CCTV yang dibutuhkan dengan menggunakan aplikasi kalkulator CCTV berikut ini: calculator cctv.

Kesimpulan
Demikian pembahasan mengenai rekaman cctv hilang, rekaman cctv bertahan berapa hari, apakah rekaman cctv terhapus otomatis, cara melihat rekaman cctv yang hilang, apakah rekaman cctv bisa dihapus, jika mati lampu apakah cctv tetap menyala, cara mengetahui cctv berfungsi atau tidak, tempoh simpanan rakaman cctv, penyebab gambar cctv tidak tampil di monitor.

Baca: