Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memperbaiki CCTV MicroSD Tidak Merekam

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - CCTV microSD tidak merekam. Apa yang berkaitan dengan digital terkadang memiliki masalah yang kerap sulit untuk dipecahkan. Termasuk soal penyimpanan microSD yang digunakan di perangkat CCTV juga kadang tak luput dari masalah, karena ada kelebihan dan kelemahan CCTV microSD.

cctv microsd tidak merekam

Ada kalanya CCTV MicroSD tidak merekam. Tentu saja hal ini bisa menjadi masalah ketika seluruh rekaman yang terpantau pada kamera CCTV tidak bisa playback atau diputar ulang. Akan lebih masalah lagi ketika itu merupakan rekaman yang penting.

Tentu saja hal tersebut bisa disebabkan banyak penyebab dan faktor. Ada beberapa alasan yang mungkin dapat membuat CCTV MicroSD tidak merekam. Namun di sisi lain, ada pula cara mengatasinya yang tergolong mudah diterapkan.

Nah untuk itu pada kesempatan ini kami ingin membagikan kumpulan daftar penyebab umum CCTV yang menggunakan memori penyimpanan MicroSD tidak merekam. Di sini sekaligus kami juga akan menjelaskan cara atau tips mengatasinya.

Penyebab CCTV MicroSD Tidak Merekam

Hal utama yang menyebabkan CCTV yang menggunakan MicroSD tidak bisa menyimpan video adalah karena microSD CCTV telah rusak atau tidak dapat lagi digunakan. Beberapa hal yang disebabkan oleh beberapa alasan, antara lain sebagai berikut:

1. Kapasitas Penuh

Kartu SD tidak dapat menyimpan lebih banyak video yang diproduksi oleh CCTV jika kapasitasnya penuh. Misalnya, kartu SD memiliki kapasitas 512 GB, jika video yang direkam yang telah disimpan mendekati 512 GB, kartu SD tidak dapat menyimpan lebih banyak.

Untuk mengetahui apakah kartu SD penuh atau tidak, Anda bisa memasang kartu SD CCTV pada ponsel atau komputer terlebih dahulu. Di situ, Anda akan langsung mengetahui kapasistas yang digunakan dan kapasitas sissa microSD.

2. Kartu SD Kotor

Kartu SD yang kotor atau lecet juga mempengaruhi kinerja untuk menyimpan video yang diproduksi oleh kamera CCTV. Jika ada debu, itu bisa menjadi kartu SD yang tidak terbaca sehingga ada pemberitahuan kamera CCTV tidak dapat menyimpan video perekaman.

Hal-hal yang lebih rumit terjadi jika kartu SD kena goresan atau semacamnya, maka itu bisa membuatnya tidak hanya tak bisa menyimpan video saja, melainkansemua data pada kartu SD juga terancam sepenuhnya hilang tanpa cadangan sehingga kita tidak bisa melihat rekaman CCTV playback.

3. Sistem Error

Selain dua alasan di atas, ada juga penyebab internal yang membuat kartu SD tidak terbaca dan tidak merekam video kamera pengawas. Alasan yang dimaksud yaitu ketika sistem kartu SD telah menunjukkan error pada sirkuit atau sistemnya.

Untuk mengetahui apakah kartu SD error atau tidak, Anda dapat mencoba memindahkannya pada ponsel atau laptop, jika ada permintaan format di kartu SD, berarti bahwa kartu SD memang benar-benar sudah rusak alias error.

Cara Memperbaiki CCTV MicroSD Tidak Merekam

Ada berbagai penyebab CCTV tidak dapat merekam, setiap masalah memiliki solusi sendiri untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kamera pengawas yang rusak alias tak dapat menyimpan rekaman, di antaranya sebagai berikut.

1. Hapus Video CCTV

Jika masalah terjadi karena kartu SD CCTV memiliki kapasitas yang sudah penuh, cara untuk mengatasinya adalah menghapus sebagian atau semua video yang direkam yang disimpan dalam kartu CCTV MicroSD.

Caranya adalah dengan memindahkan kartu SD pada komputer, laptop, atau smartphone terlebih dahulu. Setelah itu, kemudian pilih beberapa video dan hapus, jika Anda ingin menghapus semua videonya, Anda bisa gunakan menu format.

2. Bersihkan Kartu SD

Jika masalah kamera CCTV yang menggunakan kartu SD tidak bisa merekam disebabkan oleh kartu SD yang kotor atau tergores, Anda dapat membersihkannya terlebih dahulu dengan menggunakan cairan pembersih khusus.

Cairan pembersih yang digunakan umumnya minyak telon, atau air dengan menambahkan sedikit sabun. Jika tergoresnya cukup dalam, maka cara untuk membersihkan itu adalah menggunakan kain dan menggosok permukaan sehingga permukaan kartu SD mengembalikan datar.

3. Format Kartu SD

Jika terjadi masalah, bagaimana cara mengatasi kartu CCTV SD yang tidak merekam adalah memformatnya melalui ponsel atau komputer. Hubungkan kartu SD ke komputer atau laptop terlebih dahulu, kemudian format menggunakan menu yang tersedia.

Jika kartu SD tidak lagi diformat, kartu SD tidak dapat lagi digunakan, maka satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah menghapusnya dan membeli yang baru. Anda harus merelakan jika ada rekaman video penting karena tidak lagi dapat dikembalikan.

Kesimpulan
Demikian itu saja pembahasan mengenai cctv microsd tidak merekam, ciri cctv tidak merekam, agar cctv tidak merekam, cara memperbaiki cctv tidak merekam, penyebab dvr cctv tidak merekam, cctv spc tidak merekam, cctv micro sd tidak merekam, cctv yoosee tidak merekam, cctv hidup tapi tidak merekam, cara mematikan cctv agar tidak merekam.

Baca: