Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perbedaan CCTV Indoor dan Outdoor Lengkap

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Perbedaan CCTV Indoor dan Outdoor. Ada dua jenis CCTV berdasarkan penempatannya, yaitu CCTV indoor yang biasa dipasang di dalam ruangan dan CCTV outdoor yang biasa ditempatkan di luar ruangan.

perbedaan cctv indoor dan outdoor

Keduanya tentu memiliki fungsi yang berbeda, CCTV indoor diperuntukkan untuk merekam keadaan di dalam ruangan yang biasanya minim cahaya matahari. Sedangkan CCTV oudoor khusus dibuat agar bisa merekam dengan baik di kondisi kelebihan cahaya matahari atau tidak ada cahaya sama sekali.

Bahan pembuatannya juga berbeda, di mana CCTV indoor biasanya dibuat dengan bahan yang lebih murah karena terlindungi. Sedangkan CCTV outdoor memiliki spesifikasi bahan yang lebih kuat, karena harus tahan dari air, angin, panas, dan cuaca lainnya.

Masih ada banyak perbedaan di antara CCTV indoor dan outdoor. Di sini kami akan menjelaskannya untuk Anda. Bagi yang penasaran, langsung saja Anda bisa menyimak ulasan mengenai perbedaan CCTV indoor dan outdoor di bawah ini.

Bedanya Kamera CCTV Indoor dan Outdoor

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai daftar kumpulan perbedaan antara kamera CCTV indoor dan outdoor. Silahkan simak ulasan lengkapnya di pembahasan berikut ini.

1. Kamera CCTV Indoor

CCTV indoor merupakan perangkat kamera yang digunakan untuk memantau kesibukan di dalam ruangan. Bahan utama yang digunakan biasanya adalah plastik fiber dan umumnya kamera yang digunakan berdiameter 3.6mm dengan rasio (sudut pandang) hingga 70%.

Kemudian bila diperhatikan, bentuk kamera CCTV umumnya cenderung sedikit melengkung (dome), kadang CCTV model ini juga mempunyai ventilasi udara yang berguna sebagai area pembuangan suhu panas. Cakupan video yang dihasilkan juga terhitung lebih lebar.

Karena indoor, CCTV model ini harus dipasang di area atap rumah. Hal ini dilakukan untuk menjauhi rusaknya kamera berasal dari anak-anak. Sebenarnya kamera CCTV model ini mampu mampu dipasang di luar ruangan, tapi harus tetap diberi pelindung atau atap.

Beberapa CCTV indoor masa kini juga divariasikan dengan bentuk yang unik, misalnya CCTV berbentuk jam dinding hingga CCTV model lampu. Tak menutup kemungkinan jika di masa depan bentuk kamera CCTV akan semakin aneh dan unik.

2. Kamera CCTV Outdoor

Sedangkan CCTV outdoor umumnya ditaruh di luar ruangan, CCTV ini biasanya sudah ditambah atap pelindung untuk menjaga kamera dari hujan, panas matahari, kotoran, atau benda yang jatuh dari langit yang dapat menyebabkan CCTV rusak.

Bila dibandingkan dengan kamera CCTV indoor berdasar aspek ketangguhan, maka kamera CCTV outdoor lebih unggul. Hal ini mampu diamati dari Ingres Protection Code (Rating IP) yakni IP66 yang mampu menahan semprotan air, apalagi mampu bertahan di dalam air sampai kedalaman maksimal 1 meter.

CCTV outdoor juga memiliki keistimewaan lain, mulai dari aspek jarak pandang yang lebih lebar dan luas, serta kadang ditambah sensor infrared. Sensor tersebut memungkinkan kamera CCTV mampu mengambil gambar dengan sangat jelas meski kekurangan atau kelebihan cahaya.

Jelas jika dibandingkan CCTV indoor, kamera CCTV outdoor meiliki keistimewaan yang jauh lebih baik. Namun CCTV ini punyai kekurangan, yakni bentuknya yang lebih besar dan berat sehingga bila dipasang di dalam ruangan, akan terlihat mengganggu pemandangan. 

Kesimpulan
Demikian informasi singkat mengenai perbedaan kamera cctv indoor dan outdoor, kemampuan cctv jenis outdoor adalah, cctv outdoor, perbedaan cctv dan internet of things, perbedaan cctv dan iot, pengertian kamera cctv outdoor, berapa jarak maksimal kualitas terbaik antara kabel power cctv dan power supply, cctv outdoor wireless terbaik, spesifikasi cctv outdoor.

Baca: