Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat WhatsApp Bisnis dengan Nomor yang Sama

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Cara membuat akun WhatsApp bisnis. Ketika berjualan di WhatsApp sebaiknya jangan menggunakan akun WhatsApp biasa, melainkan akun bisnis. Bahkan jika itu hanya berjualan dengan teman sendiri.

cara membuat whatsapp bisnis

Pasalnya WhatsApp memang telah mengkhususkan pengguna yang ingin melakukan bisnis melalui WhatsApp untuk menggunaka akun bisnis. Selain itu di akun bisnis juga banyak manfaatnya dibanding akun biasa.

Salah satunya bisa reply otomatis jika kita sedang off, menampilkan jadwal buka bisnis, alamat bisnis, website bisnis, dan masih bayak lagi. Tentu saja bagi para pebisnis hal ini sangat menguntungkan untuk mengembangkan bisnis.

Tapi mungkin masih ada yang belum tahu tentang bagaimana cara membuat dan menciptakan akun bisnis di WhatsApp. Untuk itu pada kesempatan ini kami ingin menjelaskan secara lengkap mengenai cara membuat akun WA bisnis di hp Android atau iOs iPhone.

Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis di HP

Simak langsung ulasan lengkap mengenai cara membuat akun WA bisnis di hp dengan mudah, praktis, berhasil. Berikut ulasannya seperti telah dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

1. Langkah Awal

  • Sebagai langkah awal, Anda mesti mengunduh aplikasi WhatsApp Business untuk Android atau iOs, di dalam artikel ini kami mengunduhnya dari Google Play Store.
  • Kemudian, Anda mesti mendaftar menggunakan nomer ponsel, baiknya memanfaatkan nomer yang Anda khususkan untuk bisnis agar mempermudah sistem verifikasi.
  • Ciptakan profil dengan mencantumkan informasi bisnis pada menu Settings > Business Settings > Profile. Namun Anda mesti menegaskan informasi yang dicantumkan akurat, mulai dari nama bisnis, alamat, teliti kontak, dan sebagainya.

2. Gunakan Profil Bisnis

  • Setelah profil WhatsApp Business tercipta, Anda dapat mengakses Settings > Business Settings dan memeriksa opsi yang tersedia terhadap menu tersebut.
  • Pada menu tersebut, Anda dapat mendapatkan opsi Away Message, Greeting Message, dan Quick Replies. Anda dapat sesuaikan masing-masing opsi sesuai dengan kebutuhan.
  • Anda dapat menyesuaikan pesan yang dapat dikirimkan secara otomatis ketika sedang di dalam perjalanan bisnis dan tidak dapat membalas pesan dari konsumen. Anda juga dapat sesuaikan waktu pengiriman pesan ini, baik di semua waktu, pada jadwal spesifik, atau di luar jam operasional.
  • Pesan sapaan dapat dikirimkan secara otomatis ketika konsumen mengirimkan pesan untuk pertama kalinya sehabis tidak aktif sepanjang 14 hari.

Daftar Fitur WhatsApp Bisnis

Selain fitur pesan otomatis tersebut, tersebut tersedia beberapa fitur utama WhatsApp bisnis yang dapat digunakan untuk menopang bisnis berkembang.

1. Nama Akun Pengguna

Hal  yang membedakan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Messenger adalah pengaturan ubah nama akun. Pada WhatsApp Messenger Anda dapat mengganti Nama Akun sesuka hati kapan saja. Anda bahkan dapat memasukkan emoji atau sifat apa pun terhadap nama akun WhatsApp messenger Anda. Namun di WhatsApp Business semuanya terbatas.

2. Profil

Profil WhatsApp Bisnis berisi informasi bisnis Anda. Mulai dari nama, alamat, kategori bisnis, deskripsi, email, dan website. Menu informasi tersebut tidak terdapat pada profil WhatsApp Messenger. Pelanggan dapat lihat dengan mudah informasi tersebut apabila berkunjung ke profil bisnis Anda.

3. Pesan Otomatis

WhatsApp Bisnis sediakan tiga fitur balas otomatis yang tidak terdapat di WhatsApp Messenger. Ketiga fitur tersebut adalah sebagai berikut.

  • Away Message merupakan fitur balas pesan otomatis ketika tersedia pesan masuk dari pelanggan pada luar jam kerja atau selagi bisnis sedang tidak beroperasi. Anda dapat  mengisi balasan pesan otomatis yang sesuai dengan preferensi Anda.
  • Greeting Message merupakan fitur balas pesan otomatis yang dapat Anda kirimkan ketika pelanggan pertama kali menghubungi Anda.
  • Quick Replies merupakan fitur balas pesan otomatis yang dapat Anda kirimkan ketika pelanggan mengirimkan pesan kepada Anda.

4. Katalog

WhatsApp Bisnis menghadirkan fitur katalog untuk menampilkan produk di dalam profil WhatsApp Bisnis Anda. Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk yang dapat dilihat oleh konsumen ketika melihat profil Anda.

Dalam katalog tersebut, konsumen tidak hanya lihat foto produk, tapi termasuk lihat detail keterangan dan harga produk. Cara memanfaatkan fitur katalog WhatsApp Bisnis adalah membuka menu Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Katalog.

5. Statistik Pesan

Di WhatsApp Bisnis, Anda dapat meninjau jumlah statistik pesan yang terkirim, diterima, dan dibaca. Fitur ini menopang Anda untuk meninjau pesan mana saja yang efektif. Untuk memeriksa statistik Anda, membuka WhatsApp Bisnis > klik Tombol Menu > Setelan > Setelan Bisnis > Statistik.

6. Kategori Bisnis

Pada kolom profil di WhatsApp Bisnis, terdapat menu Kategori Bisnis. Anda dapat menentukan kategori bisnis yang cocok lewat dropdown list yang sudah terdaftar. Namun, jika kategori bisnis Anda tidak tersedia di dalam list kategori bisnis, Anda dapat memilih menu Others. Adanya kategori bisnis ini dapat mempermudah para pelanggan untuk menyadari bisnis apa yang Anda jalankan. Tentunya fitur ini tidak dapat Anda temukan terhadap WhatsApp Messenger.

7. Label

Fitur label merupakan fitur pengelompokan chat berdasarkan syarat-syarat tertentu. Pengelompokan pesan yang terdapat pada WhatsApp Bisnis, antara lain, prospek, pesan baru, menanti pembayaran, dan pesan selesai. Label tersebut dapat Anda hapus atau tambahkan sesuai dengan keinginan Anda. Dengan fitur ini, Anda dapat membedakan chat mana yang belum atau sudah melaksanakan pembayaran. Anda juga dapat melaksanakan follow up untuk pelanggan yang belum menyelesaikan pembayaran.

8. Tanda Centang Akun Bisnis

WhatsApp Business dapat melakukan verifikasi pada akun-akun bisnis lewat nomer telepon yang sudah didaftarkan. Pihak WhatsApp Bisnis dapat menambahkan tanda centang berwarna hijau pada akun yang sudah terverifikasi.

Apabila akun Anda terverifikasi sebagai akun bisnis resmi, pelanggan Anda dapat lihat tanda centang hijau terhadap profilnya atau di samping judul chat. Selain itu, nama bisnis Anda dapat muncul biarpun pelanggan belum menyimpan kontak Anda. 

Kesimpulan
Terima kasih telah membaca ulasan lengkap mengenai cara membuat akun whatsapp bisnis, cara membuat whatsapp bisnis dengan nomor yang sama, cara membuat akun bisnis resmi whatsapp, whatsapp bisnis adalah, biaya whatsapp bisnis, cara mengubah whatsapp biasa ke bisnis, akun bisnis whatsapp, kelebihan whatsapp bisnis, how to create whatsapp business account.

Baca: