Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Menyembelih Aqiqah dan Artinya Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa menyembelih aqiqah. Seorang manusia yang lahir ke dunia perlu disyukuri. Selain melalui doa menyambut kelahiran bayi, ungkapan rasa syukur juga dapat diwujudkan melalui penyembelihan hewan aqiqah.

doa menyembelih aqiqah

Hewan aqiqah ini adalah kambing jantan berusia dewasa. Untuk laki-laki jumlah hewan yang disembelih adalah dua sedangkan untuk perempuan hanya satu. Aqiqah bisa dilakukan kapan saja tak mesti harus saat bayi baru lahir ke dunia.

Sama seperti ketika menyembelih hewan qurban atau hewan pada hari biasa, dalam menyembelih aqiqah juga perlu memanjatkan doa untuk mengawali kegiatan tersebut. Doanya pun memiliki perbedaan dibanding doa-doa lainnya.

Nah bagi yang bertugas menyembelih hewan aqiqah namun belum mengetahui doanya, tenang saja. Di sini kami akan mengulas secara lengkap bacaan lafadz doa menyembelih hewan aqiqah yang memiliki keutamaan luar biasa.

Niat Menyembelih Aqiqah Arab Latin dan Artinya

doa menyembelih aqiqah

Untuk mengawali rangkaian kegiatan, pertama-tama penyembelih perlu membaca niat menyembelih hewan aqiqah terlebih dahulu. Berikut adalah bacaannya.

Tanpa banyak basa basi lagi, berikut adalah bazaan lafadz niat menyembelih hewan aqiqah untuk anak laki-laki maupun perempuan dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia yang benar sesuai sunnah.

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ [ اللهم مِنْكَ وَلَكَ ] اللهم تَقَبَّلْ مِنِّي هَذِهِ عَقِيْقَةُ ...

Bismillâhi walLâhu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi 'aqiqatu…(sebutkan nama bayi).

Artinya:
"Dengan menyebut asma Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah aqiqahnya ... (sebutkan nama bayi)."

Wirid Dzikir Setelah Menyembelih Hewan Aqiqah

Setelah selesai menyembelih hewan aqiqah, bisa dilanjutkan dengan membaca doa, wirid, atau dzikir berikut baik dalam hati maupun diucapkan dengan lantang bersama-sama. Bacaan ini dimaksudkan untuk memohon kepada Allah SWT agar bayi diberi perlindungan dan dijauhkan dari marabahaya.

اللهم احْفَظْهُ مِنْ شَرِّالْجِنِّ وَالْإِنْسِ وَأُمِّ الصِّبْيَانِ وَمِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَالْعِصْيَانِ وَاحْرِسْهُ بِحَضَانَتِكَ وَكَفَالَتِكَ الْمَحْمُوْدَةِ وَبِدَوَامِ عِنَايَتِكَ وَرِعَايَتِكَ أَلنَّافِذَةِ نُقَدِّمُ بِهَا عَلَى الْقِيَامِ بِمَا كَلَّفْتَنَا مِنْ حُقُوْقِ رُبُوْبِيَّتِكَ الْكَرِيْمَةِ نَدَبْتَنَا إِلَيْهِ فِيْمَا بَيْنَنَا وَبَيْنَ خَلْقِكَ مِنْ مَكَارِمِ الْأَخْلَاقِ وَأَطْيَبُ مَا فَضَّلْتَنَا مِنَ الْأَرْزَاقِ اللهم اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ وَأَهْلِ الْخَيْرِ وَأَهْلِ الْقُرْآنِ وَلَا تَجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الشَّرِ وَالضَّيْرِ وَ الظُّلْمِ وَالطُّغْيَانِ

Allâhummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyâni wa min jamî’is sayyiâti wal ‘ishyâni wahrishu bihadlânatika wa kafâlatika al-mahmûdati wa bidawâmi ‘inâyatika wa ri’âyatika an-nafîdzati nuqaddimu bihâ ‘alal qiyâmi bimâ kalaftanâ min huqûqi rububiyyâtika al-karîmati nadabtanâ ilaihi fîmâ bainanâ wa baina khalqika min makârimil akhlâqi wa athyabu mâ fadldlaltanâ minal arzâqi. Allâhummaj’alnâ wa iyyâhum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur`âni wa lâ taj’alnâ wa iyyâhum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyâni.

Artinya:
"Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindunganmu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur’an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela"

Kesimpulan
Demikian pembahasan tentang bacaan lafadz doa menyembelih aqiqah, lafaz niat aqiqah, doa aqiqah ringkas, doa aqiqah shahih, tata cara aqiqah, ucapan doa untuk anak aqiqah, tata cara aqiqah sesuai sunnah.

Baca: