Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Menyembelih Hewan Qurban Diri Sendiri dan Orang Lain

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa menyembelih hewan qurban. Qurban atau kruban merupakan upaya mendekatkan diri atau disebut juga dengan udhhiyah atau dhahiyyah. Secara harfiyah berarti sembelihan yang dilaksanakan pada Idul Adha.

doa menyembelih hewan qurban

Menyembelih hewan qurban dilaksanakan pada saat umat muslim selesai menunaikan ibadah sholat Idul Adha berjamaah. Adapun hewan qurban yang kerap digunakan adalah sapi, kambing, kerbau, unta, dan domba.

Pada saat menyembelih hewan qurban, tentu saja tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sama seperti menyembelih hewan pada umumnya, saat menyembelih hewan qurban harus didahului dengan bacaan lafadz doa.

Doa menyembelih hewan qurban untuk diri sendiri dan orang lain sedikit berbeda dengan doa pada saat menyembelih hewan di hari biasa untuk dikonsumsi. Tapi mungkin di sini masih banyak umat muslim yang belum mengetahuinya secara lengkap.

Niat Menyembelih Hewan Qurban Arab Latin dan Artinya

doa menyembelih hewan kurban

Pertama adalah membaca niat terlebih dahulu untuk menyembelih hewan qurban diri sendiri maupun bagi orang lain. Niat dipanjatkan pada saat sebelum memegang pisau atau memotong leher hewan yang disembelih.

Berikut adalah lafadz bacaan niat menyembelih hewan qurban dalam bahasa Arab, latin, beserta artinya sesuai sunnah. Simak lafadz teks doa menyembelih hewan kurban yang benar di bawah berikut ini.

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ اللَّهُمَّ مِنْكَ وَ إِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنْ …..

Bismillah Wallahu Akbar, Allahumma minka wa ilaika, Fataqabbal min ... (sebut nama shahibul qurban).

Artinya:
"Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar, Ya Allah, qurban ini dari-Mu dan untuk-Mu, terimalah qurban (sebut nama pemberi kurban).

Bacaan Lafadz Doa Menyembelih Hewan Qurban

Setelah membaca niat dan selesai menyembelih hewan qurban, langkah selanjutnya adalah membaca serangkaian doa penyembelihan hewan Idul Adha. Berikut rangkaian doanya dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan.

1. Baca Bismillâhir rahmânir rahîm

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Artinya:
"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang."

2. Baca sholawat untuk Rasulullah SAW

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad.

Artinya:
"Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya."

3. Baca takbir tiga kali dan tahmid sekali

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd.

Artinya:
"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu."

4. Baca doa menyembelih

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm.

Artinya:
"Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku."

Doa Setelah Menyembelih Hewan Qurban

Setelah hewan qurban benar-benar sudah terpotong, ada doa yang perlu dipanjatkan untuk qurban diri sendiri maupun orang lain. Berikut adalah lafadz bacaannya secara lengkap, shahih, dan sesuai sunnah.

لَنۡ یَّنَالَ اللّٰہَ لُحُوۡمُہَا وَ لَا دِمَآؤُہَا وَ لٰکِنۡ یَّنَالُہُ التَّقۡوٰی مِنۡکُمۡ ؕ کَذٰلِکَ سَخَّرَہَا لَکُمۡ لِتُکَبِّرُوا اللّٰہَ عَلٰی مَا ہَدٰىکُمۡ ؕ وَ بَشِّرِ الۡمُحۡسِنِیۡنَ

Artinya:
"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah, telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan, berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik." - (QS. Al-Hajj ayat 37).

Kesimpulan
Demikian pembahasan tentang bacaan lafadz doa menyembelih hewan qurban, tata cara menyembelih hewan qurban menurut syariat islam, doa menyembelih hewan qurban untuk orang lain, doa menyembelih hewan aqiqah, doa menyembelih hewan biasa, doa menyembelih binatang, lafadz menyembelih binatang, tata cara menyembelih hewan menurut syariat islam, tata cara penyembelihan hewan qurban menurut ajaran.

Baca: