Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Menghasilkan Uang dari WordPress

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Cara menghasilkan uang dari WordPress. Bgi developer website, WordPress (WP) merupakan salah satu framework pembuatan website yang paling bisa diandalkan. Sebab framework ini bisa membuat berbagai macam web sesuai kebutuhan.

cara menghasilkan uang dari wordpress

Termasuk website untuk menghasilkan uang secara online. Sebelumnya kami juga telah membahas tentang cara menghasilkan uang dari Blogspot. Di artikel ini kami akan membahas hal serupa namun dalam konteks WordPress saja.

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa peluang mendapatkan uang dari WP lebih besar dibanding Blogspot. Sebab di WP ada lebih banyak kebutuhan untuk kustomisasi, developing, maintenance, upgrade performance, hingga item-item seperti template dan plugin.

Nah pada kesempatan ini kami akan mengulas satu per satu tentang cara menghasilkan dan mendapatkan uang melalui platform WordPress. Anda bisa menyaksikan seluruh pembahasan lengkapnya di bawah berikut ini.

Cara Mendapatkan Uang Melalui WordPress

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali berikut adalah ulasan lengkap tentang cara mendapatkan dan menghasilkan uang melalui WordPress dengan banyak, terbukti, terpercaya, nyata, asli, dan tips memperoleh uang dengan WordPress bagi pemula.

1. Menulis Artikel Bersponsor

Program sponsored post bersama kata lain artikel berbayar jadi andalan aku menambang dolar bersama blog gratis belasan tahun lalu. Sempat ‘digebuk’ Google gara-gara diakui memanipulasi backlink, siapa sangka sebagian tahun paling akhir style periklanan begini marak lagi. Malah kita mampu menggunakan blog berbahasa Indonesia gara-gara yang beriklan merek lokal.

WordPress sendiri mengijinkan blogger pengguna WordPress.com mempublikasikan artikel yang didalam arti surat kabar disebut advertorial ini. Baik berupa sponsored post (kita tulis sendiri) maupun content placement (kita tinggal mempublikasikan di blog) sama-sama diperbolehkan.

WordPress membatasi sponsored post sebagai “any content that promotes a specific produk or service, which you were encouraged to post by the company or individual who makes/sells/provides it. Including this style of content on your site typically results in some kind of compensation for you in the form of payment, freebies, etc.”

Intinya, artikel di mana kita mempromosikan suatu produk/jasa dan mendapat imbalan didalam bentuk apa pun gara-gara mempublikasikannya di blog. Catat, imbalan didalam bentuk apa pun! Itu terhitung fee berupa duwit maupun hanya berupa kiriman produk gratis. Selain itu kita juga bisa menulis artikel tentang WordPress pada situs menulis artikel berbayar.

2. Membuat dan Menjual Plugin WordPress

Sementara WordPress Theme adalah berkenaan desain dan tamilan web site anda, plugin adalah tambahan fungsionalitas dan fitur berkenaan kebutuhan pada website, tetapi berkenaan sesudah itu tidak ada pada fitur theme.

Apakah anda seorang pengembang website yang mampu lihat dan mengidentifikasi masalah yang sering dihadapi oleh pengguna WordPress?

Membangung sebuah plugin untuk meringankan masalah sesudah itu terlalu barangkali anda mampu sebabkan bisnis dan memperoleh duwit bersama WordPress.

Beberapa pengusaha seperti Pippin Williamson, Bradvin, dan orang-orang yang berada di belakan WooCommerce yang sudah membangun bisnis yang terlalu untungkan berasal berasal dari Plugin WordPress. Anda terhitung mampu ikuti kesuksesan orang-orang ini.

Biasanya harga plugin WordPress lebih rendah dibandingkan bersama harga theme, tetapi mereka lebih mengntungkan gara-gara pengguna WordPress tetap membutuhkan fitur baru pada web site tetapi jarang mengubah theme mereka.

3. Memasang Iklan WordAds

Pengguna WordPress.com sebetulnya tidak mampu menempatkan iklan Google AdSense. Tapi, ada alternatif yang tidak kalah menarik bernama WordAds. Ini adalah program periklanan yang dilakukan oleh Automattic, perusahaan induk WordPress, khusus bagi pengguna WordPress.com dan WordPress.org (self-hosted).

Sama halnya AdSense, WordAds menampilkan iklan-iklan berasal berasal dari pihak ketiga di blog kita. Kalau anda lihat iklan di bagian atas header blog ini, di bagian paling atas dan paling bawah sidebar, terhitung di ujung artikel, itulah dia iklan WordAds.

Seberapa besar potensi WordAds? Kalau anda punyai blog ramai bersama pengunjung ratusan ribu sebulan, program ini terlalu layak dicoba. Saya sendiri dulu teratur mendulang dolar berasal berasal dari WordAds sejak akhir 2014 menggunakan blog WordPress.com lain yang trafiknya hanya 150.000-250.000 sebulan.

Angkanya? Lumayanlah pokoknya. Yang mengerti tidak rugi serupa sekali mengeluarkan duwit sebanyak US$13.00 per tahun untuk mapping domain.

Untuk tingkatkan minat anda pada WordAds, aku kenal baik bersama seorang master blog kawakan di Solo. Dari tidak benar satu blog WordPress.com yang beliau kelola, di mana aku sempat jadi tidak benar satu content writer-nya, beliau mendulang pendapatan kotor setidaknya Rp 25 juta per bulan. Dipotong ini-itu, bersih beliau mengantongi umumnya Rp 10 juta sebulan.

4. Menjalankan Program Afiliasi atau Referal

Ini merupakan langkah melacak duwit di internet paling tua. Dan sepanjang internet ada, aku yakin sekali metode ini bakal bertahan. Sebab pelaku program afiliasi tak ubahnya makelar. Jadi, sepanjang tetap ada orang menjual dan membeli barang atau jasa di internet, sepanjang itu pulalah program afiliasi bertahan.

Demikian pula bersama program referal yang berbasis referensi. Selama orang tetap mengandalkan mesin pencari seperti Google untuk menelusuri Info di internet, sepanjang itu pulalah referral program dijalankan.

Blog merupakan tidak benar satu media paling efektif untuk mobilisasi program afiliasi dan referal. Sebagai pengguna WordPress.com, kita diberi ijin menempatkan tautan-tautan promosi. Syaratnya, blog tetaplah memuat konten-konten orisinil dan tak melulu menawarkan dagangan.

Satu berkenaan yang menurut aku mutlak diperhatikan adalah kesesuaian produk yang di menawarkan bersama tema artikel. Misalkan kita menulis ulasan smartphone terbaru, maka yang paling baik adalah menyisipkan tautan menuju halaman penjualan perangkat tersebut.

Di Indonesia sudah banyak sekali yang menawarkan program afiliasi dan referal. Misalnya saja Lazada bersama banyak ragam macam produknya. Kalau blog anda bertema dunia blogging dan banyak menyinggung web site hosting, nyaris seluruh penyedia web site hosting punyai program afiliasi. Atau anda terhitung mampu mereferensikan paket-paket WordPress.com di program afiliasinya.

5. Rajin Ikut Lomba

Mundur satu dekade ke belakang, lomba blog tetap terlalu jarang sekali dijumpai. Dalam setahun rasanya berlebih 10 jari tangan kita untuk menghitungnya. Bandingkan bersama sebagian tahun ini di mana kita apalagi mampu meng-update blog bersama 10-11 artikel yang kesemuanya diikutkan lomba.

Hadiahnya pun terlalu menggiurkan. Saat tengah menulis bagian ini, di Kompasiana tengah digelar tiga lomba yang hadiah totalnya sejumlah belasan hingga puluhan juta rupiah. Beberapa bulan sesudah itu ada kawan blogger yang mendapat hadiah sepeda motor, apalagi mobil, sebagai hadiah lomba blog.

Karena hadiahnya yang terlalu berlimpah ini, ada sejumlah kawan blogger yang menggantungkan pendapatannya murni berasal berasal dari hadiah lomba blog. Ada pula yang mengumpulkan duwit hadiah-hadiah lomba blog untuk memberangkatkan umrah ke-2 orang tua. Masya Allah…

Sebagian orang berpikir memenangkan lomba blog itu untung-untungan. Tapi sebetulnya jika senang sedikit lebih detail ada semacam pola khusus yang mampu dipelajari berasal berasal dari artikel-artikel para blogger pemenang lomba. Hanya butuh kecermatan serta kedisiplinan untuk mampu memperoleh pola yang pilih sebuah tulisan jadi juara lomba.

Buktinya sebagian blogger sering memenangkan lomba demi lomba blog. Mulai berasal berasal dari yang berhadiah smartphone terbaru, hingga jalan-jalan ke luar negeri. Tentu mereka ini tidak hanya beruntung. Kerja keras dan kedisiplinan yang sebabkan mereka tetap menang lomba. 

Kesimpulan
Terima kasih telah membaca ulasan lengkap mengenai cara menghasilkan uang dari wordpress, apakah blogspot bisa menghasilkan uang, contoh blog yang menghasilkan uang, cara mendapatkan uang dari blog untuk setiap kunjungan, cara buat blogger yang menghasilkan uang, penghasilan blogger pemula, cara menjadi blogger dan menghasilkan uang, cara menghasilkan uang dari hp, cara menghasilkan uang dari internet.

Baca: