Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Haji Mabrur Tulisan Arab Sesuai Sunnah Lengkap

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa haji mabrur. Rukun Islam ada lima, salah satunya ialah menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. Haji merupaan rukun Islam yang kelima, mengapa ditempatkan terakhir? Karena tidak semua bisa menunaikannya.

doa haji mabrur

Seperti kita ketahui, kita berada di wilayah Indonesia, sedangkan untuk menunaikan ibadah haji kita harus ke Mekkah, Arab Saudi. Perjalanan jauh harus ditempuh menggunakan pesawat, tentu butuh modal tak sedikit dan fisik yang prima.

Maka dari itu bersyukurlah bagi kalian yang berksempatan menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. Pada saatnya tiba, ketika berada di Tanah Suci jangan lupa berdzikir dan memanjatkan doa kepada Allah SWT memohon agar bisa menjadi haji yang mabrur.

Haji mabrur merupakan istilah haji yang diterima dan diikhlaskan oleh Allah SWT. karena ibadah hajinya telah dilakukan dengan baik dan benar serta dengan bekal yang halal, suci dan bersih. Ada doa khusus untuk meminta supaya kita menjadi haji yang mabrur.

Bacaan Doa agar Menjadi Haji Mabrur

doa agar haji mabrur

Simak langsung doa lengkap untuk memohon kepada Allah SWT agar menjadi haji yang mabrur. Doa ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia atau artinya di bawah ini.

اللهم اجعله حجًّا مبرورًأ، سعيًا مشكورًا، وذَنْبًا مغفورًا

Allahummaj’alahu hajjan mabruura, wa sa’yan masykuura, wa dzanban maghfuura.

Artinya:
"Ya Allah jadikan haji ini sebagai haji yang mabrur, sa’i yang penuh berkah, dan pengampun bagi dosa."

Adab Supaya Menjadi Haji Mabrur

Selain memanjatkan doa di atas, kita juga perlu melaksanakan beberapa adab supaya kita bisa benar-benar menjadi haji yang mabrur ketika beribadah ke Tanah Suci. Berikut adalah adab dan tips agar menjadi haji mabrur.
  • Memiliki niat yang tinggi untuk menunaikan ibadah haji.
  • Biaya yang digunakan untuk berangkat haji berasal dari sumber yang halal.
  • Berangkat dengan penuh rasa gembira, selalu berdoa saat di perjalanan.
  • Memperbanyak membaca doa haji mabrur setibanya di Arab Saudi.
  • Mengikuti setiap kegiatan ibadah dengan khusyu'.
  • Memperbanyak dzikir, wirid atau doa ketika waktu senggang atau istirahat.
  • Bertobat kepada Allah SWT atas segala dosa yang pernah diperbuat.

Kesimpulan
Sekian pembahasan singkat mengenai doa haji mabrur, allahummaj al hajjan mabrur, apa itu haji mabrur, hadits tentang haji mabrur, doa lengkap, doa ma'tsur, amalan wajib haji, amalan haji, haji makbul adalah.

Baca: