4 Doa Pengakuan Dosa Kristen Protestan Singkat

Ubai.web.id – Doa pengakuan dosa kristen. Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk melawan setan dan iblis jahat. Sehingga, jangan heran bila kita di kemudian hari menyadari bahwa ada perbuatan di masa lalu sebagai dosa yang kita lakukan.

Selain itu, manusia juga lahir dengan dosa turunan, jadi memang kita dianjurkan untuk tetap ingat bahwa kita adalah makhluk yang bersalah. Lalu sebagai makhluk yang bersalah, tentu saja kita harus memohon ampun atas segala dosa dan kesalahan kita.

Caranya ialah dengan memanjatkan doa pengakuan dosa Kristen Protestan. Doa ini bisa dipanjatkan kepada Tuhan Yesus Kristus melalui Roh Kudus, sehingga dosa kita menjadi bersih kembali, asal dilakukan dengan sungguh-sungguh dan menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Lalu bagaimana contoh teks doa pengakuan dosa dalam agama Kristen yang benar dan baik? Kami memiliki beberapa contoh doa pengakuan dosa yang bisa Anda contoh sebagai ucapan pertobatan dalam ibadah di gereja maupun rumah tangga.

Contoh Doa Pengakuan Dosa Agama Kristen

Langsung saja berikut di bawah ini ada beberapa contoh doa pengakuan dosa dalam agama Kristen Prostetan atau Katolik sebagai permohonan tobat dan mohon ampun atas segala kesalahan dan dosa yang dilakukan, baik di masa lalu, sekarang, atau masa depan.

1. Doa Pengakuan Dosa Kristen Singkat

Tuhan yang maha agung, terima kasih banyak atas seluruh penyertaan serta kebaikan yang telah Engkau berikan. Banyak hal yang terjadi padaku di dunia ini yang merupakan kejadian yang sudah Engkau rencanakan untukku pribadi.

Namun aku sadar bahwa aku telah melakukan dosa, aku telah berbuat kesalahan. Aku merasa bak tidak berterima kasih atas semua kebaikan yang sudah Engkau berikan. Aku benar-benar dalam hati merasa bersalah karena sudah melakukan perbuatan dosa tersebut.

Untuk itu, dengan segala penyesalan serta kerendahan hati aku mohon maaf atas apa yang sudah aku perbuat, aku ingin Egkau mengampuni kesalahanku dan aku berjanji dari hati yang paling dalam tidak akan melakukannya lagi. Kepada Tuhan Yesus, yang Maha Pengampun, aku memohon.

2. Doa Pengakuan Dosa Katolik

Bapa yang maha baik, terima kasih sudah memberiku banyak pengalaman hidup yang tidak terlupakan, terima kasih juga telah memberiku keluarga, teman, dan rekan kerja yang selalu mendukungku dari depan maupun dari belakang.

Aku sangat bersykur atas semua yang telah Engkau berikan, betapa banyak kebaikan serta penyertaan sudah Engkau berikan sehingga pasti aku tidak bisa membalasnya. Melainkan justru aku melakukan perbuatan yang salah.

Aku mengakui telah berbuat dosa, aku telah (sebutkan dosa kita yang diperbuat) sehingga merugikan bagi (sebutkan pihak yang dirugikan). Tentu aku menyadari kesahalan ini setelah sekian lama melakukan dosa tersebut.

Entah bagaimana kondisi dirinya pada saat ini, mungkin lebih buruk serta driiku menjadi pihak yang paling bertanggung jawab dengan apa yang dia alami. Tuhan Yesus, aku sungguh menyesali perbuatanku, aku benar-benar tidak ingin hal tersebut terjadi lagi.

Tuhan, aku mohon ampun atas segala apa yang telah aku perbuat. Aku juga berjanji tidak mengulangi kesahalanku yang sama. Aku yakin bahwa pengakuan dosa serta pertobatan yang aku lakukan tidak berdampak apa-apa pada kondisinya saat ini.

Namun aku tahu Engkau maha pengampun, Engkau akan senantiasa menerima pengakuan dosa dari setiap manusia yang bersungguh-sungguh untuk bertobat, seperti aku. Dan aku yakin Engkau akan mengampuni aku atas apa yang telah aku perbuat. Amin.

3. Doa Pertobatan dalam Agama Kristen

Ya Tuhan Yesus, selama ini begitu banyak hal buruk yang telah aku lakukan, bukan karena kuasa kegelapan maupun dari jerumusan roh jahat, melainkan karena aku yang tidak dapat menahan nafsu serta emosi yang meluap.

Ya Tuhan, bimbinglah aku agar menjadi manusia yang lebih bermanfaat. Jadikanlah orang-orang sekitarku menjadi penolong untuk mewujudkannya. Selain itu, biarlah Engkau membantu mengulurkan tangan menolong aku.

Hanya kebaikan yang aku inginkan, hanya hati terang yang aku dambakan. Ya Tuhan Yesus, semua takkan terjadi tanpa adanya restu dari Engkau. Maka biarlah segalanya terlaksana sesuai kehendak-Mu. Amin.

4. Doa Pengakuan Dosa Kristen Bahasa Inggris

Dear Father, thank you for giving me many unforgettable life experiences, thank you for giving me family, friends and colleagues who always support both from the front and from behind.

I am very grateful for everything that You have given, how much goodness and inclusion You have given so that I certainly cannot repay it and instead I did something wrong.

I admit, I have sinned, I have (mention the sin committed) so that it is detrimental (name the injured party). Of course I realized this error after so long committing this sin.

Somehow his current condition, maybe worse and I become the party most responsible for what he went through. God, I’m so sorry, I really don’t want that to happen again.

Lord, I ask forgiveness for all that I have done. I promise not to repeat the same mistake. I am sure that my confession and repentance will have no impact on the current condition (specify the aggrieved party).

But I know You are most forgiving, You will always receive a confession from every human being who is serious about repenting. And I believe You will forgive me for what I have done. Amen.

Kesimpulan

Mungkin cukup sekian pembahasan dari kami mengenai doa pengakuan dosa kristen, doa pengakuan dosa kristen singkat, doa pengakuan dosa agama kristen protestan, doa pengakuan dosa umat kristen protestan singkat, doa pengakuan dosa orang kristen, doa pengakuan dosa pemuda kristen, doa pengakuan dosa umat kristen, contoh doa pengakuan dosa kristen.

Baca:

Tinggalkan komentar