Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Saat Kehilangan Barang Berharga Supaya Kembali

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa saat kehilangan barang. Manusia adalah tempatnya salah dan lupa, hal tersebut memang benar apa adanya. Salah satunya dibuktikan dengan seringnya kita lupa meletakkan barang di mana.

doa saat kehilangan barang

Barang hilang merupakan makanan sehari-hari manusia. Entah karena lupa menaruhnya di mana, atau kadang juga diambil orang tanpa sepengetahuan kita. Hal tersebut menjadi masalah bila barang yang hilang adalah barang penting.

Ketika hal tersebut terjadi, maka kita harus mencarinya. Utamakan mencari di tempat terakhir kita melihatnya, kemudian mencari di sepanjang jalan dan lokasi yang pernah kita susuri. Tapi selain itu jangan lupa panjatkan doa saat kehilangan barang.

Bacaan lafadz doa ketika barang hilang ini wajib dipanjatkan. Ingat, bahwa sekeras apapun usaha kita pada akhirnya Allah SWT yang menentukan. Maka berdoalah meminta agar barang hilang segera ketemu dan dapat kembali.

Doa Saat Kehilangan Barang Arab Latin dan Artinya

doa saat kehilangan barang

Bagi umat muslim, berikut adalah bacaan doa sesuai sunnah yang shahih bisa dipanjatkan saat kehilangan barang berharga, penting, dan bernilai tinggi. Doa ini ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia atau artinya.

Doa ini dipanjatkan supaya kita tidak langsung khawatir saat baru menyadari barang yang kita miliki hilang. Doa ini juga dimaksudkan supaya kita bisa berpikir tenang dan mencari solusi yang tepat untuk menemukan barang.

أن من ضاع له شيء فليتوضأ وليصل ركعتين وليتشهد وليقل:بسم الله يا هادي الضلال وراد الضالة اردد علي ضالتي بعزتك وسلطانك فإنها من عطائك وفضلك

Artinya:
"Barangsiapa kehilangan sesuatu hendaknya berwudu lalu salatlah dua rakaat kemudian ucapkan kalimat syahadat kemudian katakan ‘bismillahi yaa haadi al-dhalal wa raadi al-dhaalah, urdud ‘ala dhaalatii bi izzatika wa sulthanika fainnahaa min ‘athaaika w fadhlika’ (Bismillah, wahai Yang Maha Memberikan Petunjuk sesuatu yang hilang arah, wahai yang Maha Mengembalikan sesuatu yang hilang, kembalikanlah kepadaku barangku yang hilang dengan kemuliaanmu dan kekuasaanmu, sesungguhnya itu adalah dari pemberianmu dan kemurahanmu)."

Doa agar Barang Hilang Cepat Ketemu

Sementara doa yang satu ini dipanjatkan pada saat mencari barang hilang supaya kembali dan cepat ketemu. Memohon kepada Allah SWT supaya usaha kita dalam pencarian barang hilang bisa membuahkan hasil serta tidak sia-sia. Berikut lafadz bacaan doa, wirid, atau dzikirnya.

اَللَّهُمَّ يَا جَامِعَ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيْهِ اِجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ ضَالَّتِيْ فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Allahumma ya jami‘an nasi li yaumin la raiba fihi, ijma’ baiia wa baina dlallati fi khairin wa ‘afiyah.

Artinya:
"Ya Allah, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukan aku dan barangku yang hilang dengan kebaikan dan ‘afiyah."

Kesimpulan
Demikian pembahasan tentang bacaan lafadz doa saat kehilangan barang, doa kehilangan barang supaya kembali lagi, doa agar maling mengembalikan barang curian, doa untuk barang hilang agar kembali, kehilangan barang menurut islam, doa barang hilang dijumpai, doa kehilangan uang agar kembali lagi, doa ketika barang dicuri.

Baca: