Doa Sebelum Acara dan Mengawali Kegiatan dalam Islam

Ubai.web.id – Doa sebelum acara. Berbagai macam acara dan kegiatan dilaksanakan manusia dalam rangka mencapai kesepakatan atau tujuan. Seperti acara rapat untuk membahas rencana bisnis atau acara pengajian untuk mendapatkan wawasan rohani.

Setiap acara tersebut tentu saja kita harapkan berjalan dengan lancar, tidak ada gangguan syaitan maupun dari kesalahan yang terjadi karena diri sendiri. Maka dari itu kita harus melibatkan Allah SWT dalam kegiatan tersebut, dengan mmebaca doa sebelum acara.

Mulai dari doa sebelum atau mengawali acara resmi, formal, halal bihalal, perpisahan, pengajian, rapat, lulusan, wisuda, dan masih banyak lagi. Semuanya harus diawali dengan doa agar memohon kepada Allah SWT semuanya berjalan lancar sampai akhir.

Doa tersebut bisa bermacam-macam, termasuk dari yang bersumber dari hadits shahih. Di sini kami ingin membagikan beberapa kumpulan lafadz doa sebelum memulai acara secara lengkap. Anda bisa menyimak ulasannya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Lafadz Doa Sebelum Acara dan Artinya

Simak di bawah ini ulasan lengkap mengenai kumupulan lafadz bacaan doa sebelum memulai atau mengawali acara. Doa ini kami tulis lengkap dalam bahasa Arab, teks latin, serta terjemahan Indonesia atau artinya sesuai sunnah.

1. Doa Mengawali Acara Resmi

الهامدوليللاهي راببيل’االاميين، واسهسهولااتو واسسالاامو ‘الا يسيروفيل انبيياا ي والمورساليين، وا’الاا اليهي واسهوهبيهيي اجما’يين اممابا’ادو

Alhamdulillahi rabbil’aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu ‘ala isyrofil anbiyaa i walmursaliin, wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.

Artinya:

“Segala puji bagi Yang Mahakuasa Tuhan Seluruh Alam. Semoga sholawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya.”

2. Doa Mengawali Halal Bihalal

ناهمادوهو واناستا’ينو واناستاعهفيروهو وانا’ودزوبيللاهي مين سيورووري انفوسيناا وامين سايييااتي ا’ماالينا. مين ياهديللاه فالاا مودهيللالاهو وامين يودهيللهو فالاا هاادييالاهو. اللوهومما سوللي واساليم ‘الاا سايييديناا موهاممادين وا’الاا اليهي واسوهبيهي اجما’ينا امما با’دو

Nahmaduhu wanasta’inu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Min yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina amma ba’du.

Artinya:

“Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwa-ku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Yang Mahakuasa berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Yang Mahakuasa sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Ya Yang Mahakuasa limpahkanlah salawat dan salam bagi Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabatnya.”

3. Doa Mengawali Acara Pengajian

الهامدوليللاهيللادزي ان’اماناا بيني’ماتيل ييماان واليسلاام. وانوسهوليي وانوساليمو ‘الاا كهوريل انام سايييديناا موهاممادين وا’الاا اليهي واسوهبيهي اجما’يينا يماا

Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan walislaam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’iina imaa.

Artinya:

“Segala puji bagi Yang Mahakuasa yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iktikad dan islam. Salawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad Saw berserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya.”

4. Doa Mengawali Rapat

الهامدوليللاهي واسهسهولاتو واسسالاامو ‘الاا روسووليللاهي سايييديناا واماولااناا موهامماديبني ابديللاهي امما با’دوهو

Alhamdulillahi wash-sholatu wassalaamu ‘alaa rosuulillahi sayyidinaa wamaulaanaa muhammadibni abdillahi amma ba’duhu.

Artinya:

“Puji syukur kepada Allah, doa salawat serta keselamatan biar selalu dicurahkan kepada rasulullah junjungan dan pembimbing kita, Nabi Muhammad bin Abdillah.”

Kesimpulan

Sekian penjelasan dari bacaan lafadz dan doa sebelum acara, doa sebelum acara makan bersama, pembacaan doa sebelum acara, bacaan doa sebelum acara, doa sebelum memulai acara, doa islam sebelum memulai acara, doa pembukaan sebelum acara.

Baca:

Tinggalkan komentar