Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Setelah Sholat Istisqo yang Benar Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa setelah sholat istisqo. Sholat istisqo adalah sholat yang bertujuan untuk meminta hujan kepada Allah SWT. Sholat ini dikerjakan sama seperti sholat ied, yakni dengan dua rakaat, berjamaah, dan diakhiri dengan salam.

doa setelah sholat istisqo

Setelah selesai membaca salam, sholat tak lantas berhenti begitu saja. Jamaah masih dianjurkan berkumpul untuk membaca doa setelah sholat istisqo. Doa ini juga dimaksudkan untuk memohon hujan kepada Allah SWT.

Doa ini sangat mustajab, sangat bisa dipanjatkan pada saat selesai melaksanakan sholat minta hujan berjamaah. Selain itu, doa ini juga merupakan doa untuk meminta hujan kepada Allah SWT, terutama pada musim kemarau berkepanjangan.

Bacaan lafadz doa selesai sholat istisqo ini cukup panjang dan mungkin tidak dihafal oleh banyak orang, terutama karena doa ini memang jarang sekali dipanjatkan dan hanya pada saat-saat tertentu saja. Maka dari itu di sini kami akan menuliskan bacaan lafadz doa tersebut secara lengkap.

Bacaan Doa Sesudah Sholat Istisqo dan Artinya

Sesuai dengan tujuannya, doa ini dimaksudkan untuk memohon hujan sebagai berkah dari Allah SWT, yakni hujan yang menghidupi apa yang ada di bumi. Bukan hujan sebagai pembawa bencana banjir, tanah longsor, dan sebagainay.

Berikut adalah bacaan lengkap doa sesudah sholat istisqo yang benar, sesuai sunnah, berdasarkan hadits shahih dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia atau artinya. Simak selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

1. Arab

اللَّهُمَّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيثًا مَرِيئًا هَنِيئًا مَرِيعًا غَدَقًا مُجَلَّلًا عَامَّا طَبَقًا سَحًّا دَائِمًا

اللَّهُمَّ اسْقِنَا الْغَيْثَ وَلَا تَجْعَلْنَا مِنَ الْقَانِطِينَ

اللَّهُمَّ إِنَّ بِالْعِبَادِ وَالْبِلَادِ وَالْبَهَائِمِ وَالْخَلْقِ مِنَ الْبَلَاءِ وَالْجَهْدِ وَالضَّنْكِ مَا لَا نَشْكُو إِلَّا إِلَيْكَ

اللَّهُمَّ أَنْبِتْ لَنَا الزَّرْعَ وَأَدِرَّ لَنَا الضَّرْعَ وَاسْقِنَا مِنْ بَرَكَاتِ الْسَمَاءِ وَأَنْبِتْ لَنَا مِنْ بَرَكَاتِ الْأَرْضِ

اللَّهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الْجَهْدَ وَالْجُوعَ وَالْعُرْيَ وَاكْشِفْ عَنَّا الْبَلَاءَ مَا لَا يَكْشِفُهُ غَيْرُكَ

اللَّهُمَّ إِنَا نَسْتَغْفِرُكَ إِنَّكَ كُنْتَ غَفَّارًا فَأَرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْنَا مِدْرَارًا

2. Latin

Allāhummasqinā ghaitsan mughītsan hanī'an marī'an (lan riwayat murī'an) ghadaqan mujallalan thabaqan sahhan dā'iman.

Allāhummasqināl ghaitsa, wa lā taj'alnā minal qānithīn

Allāhumma inna bil 'ibādi wal bilādi wal bahā'imi wal khalqi minal balā'i wal juhdi wad dhanki mā lā nasykū illā ilaika.

Allāhumma anbit lanaz zar'a, wa adirra lanad dhar'a, wasqinā min barakātis samā'i, wa anbit lanā min barakātil ardhi

Allāhummarfa' 'annal jahda wal jū'a wal 'urā, waksyif 'annal balā'a mā lā yaksyifuhū ghairuka

Allāhumma innā nastaghfiruka, innaka kunta ghaffārā, fa arsilis samā'a 'alainā midrārā

3. Artinya

Ya Allah, turunkan kepada kami air hujan yang menolong, mudah, menyuburkan, yang lebat, banyak, merata, menyeluruh, dan bermanfaat abadi. Ya Allah, turunkan kepada kami air hujan. Jangan jadikan kami termasuk orang yang berputus harapan.

Ya Allah, sungguh banyak hamba, negeri, dan jenis hewan, dan segenap makhluk lainnya mengalami bencana, paceklik, dan kesempitan di mana kami tidak mengadu selain kepada-Mu. Ya Allah, tumbuhkan tanaman kami, deraskan air susu ternak kami, turunkan pada kami air hujan karena berkah langit-Mu, dan tumbuhkan tanaman kami dari berkah bumi-Mu.

Ya Allah, angkat dari bahu kami kesusahan paceklik, kelaparan, ketandusan. Hilangkan dari kami bencana yang hanya dapat diatasi oleh-Mu. Ya Allah, sungguh kami memohon ampun kepada-Mu, karena Kau adalah maha pengampun. Maka turunkan pada kami hujan deras dari langit-Mu.

Kesimpulan
Untuk kesempatan kali ini, cukup sekian pembahasan mengenai doa setelah sholat istisqo, cara sholat istisqo, sholat istisqo adalah, syarat shalat minta hujan, shalat istikharah adalah, khutbah shalat istisqa, nama sholat minta hujan.

Baca: