Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Lafadz Doa Setelah Sholat Fardhu Ustaz Abdul Somad

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa setelah sholat fardhu ustaz abdul somad. Banyak sekali macam-macam doa setelah sholat yang bisa kita panjatkan, karena memang pada dasarnya doa ini adalah sunnah dan doa apapun asal ditujukan untuk kebaikan bisa dilakukan.

doa setelah sholat fardhu ustaz abdul somad

Seperti doa dari Ustaz Abdul Somad berikut ini, beliau memberikan sebuah doa khusus untuk umat muslim dan muslimah yang selesai melaksanakan sholat munfarid atau berjamaah. Doa ini didasarkan pada beberapa hadits shahih.

Ada tiga jenis rangkaian doa dalam bacaan ini, mulai dari doa mengenai mustajabnya dzikir setelah sholat, doa mohon perlindungan, hingga doa mengakui kuasa dan keesaan Allah SWT. Ketiganya bisa dipanjatkan bersama-sama secara berurutan.

Mungkin sudah banyak yang penasaran dengan bacaan lafadz doa tersebut, oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin menuliskan bacaan lafadz doa setelah sholat menurut Ustaz Abdul Somad, simak selengkapnya di bawah ini.

Bacaan Doa Sesudah Sholat Ustaz Abdul Somad

Doa ini bisa menjadi alternatif doa sesudah sholat yang biasa kita panjatkan dengan dzikir bersama imam ketika sholat berjamaah. Pada saat sholat sendiri atau munfarid, doa ini juga bisa dipanjatkan untuk memohon berkah dari-Nya.

Berikut doa sesudah sholat menurut ustaz Abdul Somad yang baik, bagus, bisa dipanjatkan kapan saja. Simak langsung dalam teks bahasa latin, Arab, dan artinya di bawah berikut ini.

1. Doa Pertama

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللََِّّ صَلَّى اللََُّّ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أيَُّ الدُّعَاءِ أَسْمَاُ قَالَ جَوْفَ اللَّيْلِ الْآخِرِ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتوُبَاتِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ

Artinya:
Dari Abu Umamah, ia berkata, “Ditanyakan kepada Rasulullah Saw, ‘Doa apakah yang paling didengar?’. Rasulullah Saw menjawab, “Doa di penghujung malam dan doa setelah shalat fardhu”. Hadits riwayat Imam at-Tirmidzi, beliau berkata, “Ini hadits hasan".

2. Doa Kedua

عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ أَنَّ رَسُولَ اللََِّّ صلى الله عليه وسلم أَخَذَ بِيَدِهِ وَقَالَ : يَا مُعَاذُ وَاللََِّّ إِن ى لأحُِبُّكَ وَاللََِّّ إِن ى لأحُِبُّكَ . - - فَقَالَ : أُوصِيكَ يَا مُعَاذُ لاَ تَدَعَنَّ فِى دُبُرِ كُ ل صَلاَةٍ تَقُولُ : اللَّهُمَّ أَعِّن ى عَلَى ذِّكْرِّكَ وَشُكْرِّكَ وَحُسْنِّ عِّبَادَتِّكَ .

Artinya:
Dari Mu’adz bin Jabal, sesungguhnya Rasulullah Saw menarik tangan Muadz seraya berkata: “Wahai Mu’adz, demi Allah sesungguhnya aku sangat menyayangimu, demi Allah sungguh aku sangat menyayangimu. Aku pesankan kepadamu wahai Mu’adz, janganlah engkau tinggalkan setiap selesai shalatmu engkau ucapkan:

“Ya Allah, tolonglah aku agar mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu dan beribadah dengan ibadah yang baik kepada-Mu”. (HR. Abu Daud).

3. Doa Ketiga

وَقَالَ سُلَيْمَانُ كَانَ رَسُولُ اللََِّّ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ فِى دُبُرِ صَلاَتِهِ - - اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَرَبَّ كُ ل شَىْءٍ أَنَا شَهِيدٌ أَنَّكَ أَنْتَ الرَّ بُّ وَحْدَكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَرَبَّ كُ ل شَىْءٍ أَنَا شَهِيدٌ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُولُكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَرَبَّ كُ ل شَىْءٍ أَنَا شَهِيدٌ أَنَّ الْعِبَادَ كُلَّهُمْ إِخْوَة اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَرَبَّ كُ ل شَىْءٍ اجْعَلْنِى مُخْلِصًا لَكَ وَأَهْلِى فِى كُ ل سَاعَةٍ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ اسْمَاْ وَاسْتَجِبِ اللََُّّ أَكْبَرُ الأَكْبَرُ اللَّهُمَّ نُورَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ .

Artinya:
Sulaiman berkata: “Setelah selesai shalat Rasulullah Saw berdoa dengan doa ini “Ya Allah Tuhan kami dan Tuhan segala sesuatu, aku saksi bahwa sesungguhnya Engkau adalah Tuhan, Engkau Maha Esa, tiada sekutu bagi-Mu. Ya Allah, Engkau Tuhan segala sesuatu. Aku saksi bahwa Muhammad adalah hamba-Mu dan rasul-Mu. Ya Allah Tuhan kami dan Tuhan segala sesuatu, aku saksi bahwa hamba-hamba-Mu semuanya adalah bersaudara. Ya Allah Tuhan kami dan Tuhan segala sesuatu, jadikanlah aku ikhlas kepada-Mu, juga keluargaku, dalam setiap saat di dunia dan akhirat, wahai Yang Memiliki Kemuliaan dan keagungan. Dengarkan dan perkenankanlah wahai Tuhan Yang Maha Besar. Ya Allah, Engkaulah cahaya langit dan bumi”. (HR. Abu Daud).

Kesimpulan
Untuk kesempatan kali ini, cukup sekian pembahasan mengenai doa setelah sholat fardhu ustaz abdul somad, mari sama-sama panjatkan doa ini ketika selesai sholat, bisa juga dipanjatkan bersamaan dengan doa usai sholat 5 waktu yang lainnya.

Baca: