Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Ziarah Kubur Lengkap dan Singkat Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa ziarah kubur. Kegiatan berkunjung ke makam atau kuburan kerabat dan keluarga dalam agama Islam merupakan sebuah kebiasaan yang sering dilakukan, terutama menjelang bulan Ramadhan dan saat Hari Raya Idul Fitri.

doa ziarah kubur

Saat berziarah, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan umat muslim, di antaranya adalah membersihkan makam dari rumput atau tanaman yang mengganggu, mendoakan ahli kubur, serta mengingatkan kita akan kematian yang akan datang.

Khusus saat mendoakan ahli kubur, ada berbagai rangkaian doa yang bisa dipanjatkan. Baik doa yang pendek ataupun panjang semuanya sah-sah saja, asalkan dilafadzkan secara khusyu, sungguh-sungguh dari hati yang paling dalam.

Mungkin di sini juga masih ada yang belum mengetahui bagaimana bacaan doa ziarah kubur dalam bahasa Arab dan latin yang benar. Maka dari itu kami akan menulisnya secara lengkap, Anda bisa menyimaknya di bawah ini.

Doa Ziarah Kubur Arab Latin dan Artinya

doa ziarah kubur

Berikut beberapa daftar bacaan lafadz doa ziarah kubur yang shahih, sesuai sunnah, dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia atau artinya. Simak langsung dalam ulasan di bawah ini.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Alloohummaghfir lahu Warhamhu Wa 'Aafihi Wa'fu 'ahu, Wa Akrim Nuzulahu, Wa Wassi' Madkholahu, Waghsilhu Bil Maa'i WatsTsalji Wal Barodi, Wa Naqqihi Minal Khothooyaa Kamaa Naqqaitats Tsaubal Abyadho Minad Danasi, Wa Abdilhu Daaron Khoiron Min Daarihi, Wa Ahlan Khoiron Min Ahlihi, Wa Zaujan Khoiron Min Zaijihi, Wa Adkhilhul Jannata, Wa A'idhu Min 'Adzaabil Qabri.

Artinya:
"Ya Allah, Ampunilah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempat-kanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka."

Rangkaian Doa Saat Berziarah ke Pemakaman

Ketika berziarah ke pemakaman atau kuburan, tidak hanya doa ziarah kubur seperti yang telah disebutkan di atas saja yang bisa dibaca. Melainkan, ada berbagai rangkaian doa yang bisa menjadi satu kesatuan dzikir atau wirid.

Mulai dari Al-Fatihah, beberapa surat pendek di dalam Al-Quran, ayat kursi, hingga tidak lupa membaca surat yasin. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah rangkaian doa ziarah kubur yang shahih dan sesuai sunnah.
  • Pertama, membaca surat Al-Ikhlas tiga kali.
  • Kedua, membaca Al-Falaq satu kali.
  • Lalu, membaca surat An-Naas satu kali.
  • Kemudian membaca surat Al-Fatihah satu kali.
  • Diteruskan dengan membaca awal surat Al-Baqarah satu kali.
  • Dilanjutkan dengan membaca ayat kursi.
  • Setelah itu, dilanjutkan dengan membaca doa ziarah kubur seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Boleh juga menambahkan surat yasin, kebanyakan masyarakat Indonesia menambahkannya, maka dari itu ada banyak orang yang menyebut yasinan ketika membaca doa berziarah kubur.

Kesimpulan
Demikian pembahasan tentang bacaan lafadz doa ziarah kubur, bacaan doa ziarah kubur singkat, bacaan doa ziarah kubur, urutan doa ziarah kubur, cara doa ziarah kubur ke makam orang tua, doa ziarah kubur orang tua, doa ketika ziarah kubur, doa saat ziarah kubur, doa tahlil ziarah kubur.

Baca: