Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Beserta Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Niat puasa arafah. Di bulan Dzulhijjah, yakni bulan terakhir di penanggalan Hijriyah agama Islam, merupakan bulan yang sangat mulia di mata Islam, Nabi Muhammad SAW, dan Allah SWT. Tak heran bila umat Islam dianjurkan memperbanyak ibadah pada bulan ini.

niat puasa arafah

Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan adalah ibadah puasa tarwiyah dan arafah. Puasa keduanya dilaksanakan pada tanggal 8-9 dzulhijjah berturut-turut. Puasa ini bertepatan sebelum puncak perayaan ibadah haji atau Hari Raya Idul Fitri.

Ada banyak sekali makna dan keutamaan dari puasa tarwiyah serta arafah. Di antaranya adalah pahala yang didapatkan bagi yang melaksanakannya bisa setara dengan pahala orang yang berangkat haji ke Tanah Suci Mekkah.

Maka tak heran bila banyak umat muslim berbondon-bondong menunaikan ibadah puasa sunah ini. Namun jangan lupa, dalam menunaikannya kita harus membaca doa niat puasa tarwiyah dan arafah yang benar, jangan sampai tertukar.

Bacaan Doa Niat Puasa Tarwiyah Sesuai Sunnah

niat puasa tarwiyah

Puasa tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 dzuljijjah. Adapun untuk menunaikannya, umat muslim bisa membaca lafadz bacaan doa niat puasa arafah di bawah berikut ini dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia.

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shaumat Tarwiyata Sunnatan lillahita’aala.

Artinya:
"Saya niat berpuasa Tarwiah Sunnah karena Allah Ta’ala."

Puasa dilakukan dengan membaca niat terlebih dahulu kemudian berpuasa dengan menahan hawa nafsu, makan dan minum sampai matahari terbenam dan adzan maghrib berkumandang pertanda puasa boleh dibatalkan dengan cara berbuka.

Bacaan Doa Niat Puasa Arafah Sesuai Sunnah

niat puasa arafah

Langsung saja silahkan simak ulasan lengkap tentang bacaan lafadz doa niat puasa arafah pada 9 dzulhijjah dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah. Simak ulasannya pada pembahasan di bawah berikut ini.

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ‘arofata sunnatan lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah Ta’ala."

Kesimpulan
Sekian pembahasan singkat mengenai niat puasa arafah, niat puasa arafah dan artinya, manfaat puasa arafah, hukum puasa arafah, niat puasa tarwiyah, puasa arafah dilakukan pada tanggal, hikmah puasa arafah.

Baca: