Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Niat Puasa Hajat dan Tata Caranya Lengkap

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa niat puasa hajat. Sama seperti puasa pada umumnya, puasa hajat juga dilakukan dengan diawali niat terlebih dahulu. Bacaan niat puasa sunnah ini sama dengan bacaan niat puasa pada umumnya, yang berbeda hanyalah nama puasanya saja.

puasa hajat

Meski demikian mungkin masih ada yang belum tahu mengenai bacaan lafadz niat puasa hajat. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan mengulasnya secara lengkap untuk Anda, termasuk dalam bahasa Arab, latin, dan artinya.

Namun sebelum masuk ke pembahasan inti, alangkah lebih baiknya kita memahami pengertian dan tata cara puasa hajat terlebih dahulu. Untuk itu Anda bisa membaca beberapa ulasan berikut ini terlebih dahulu, silahkan disimak.

Puasa Hajat Adalah

Puasa hajat adalah salah satu amalan untuk memohon kepada Allah SWT tentang apa yang kita inginkan (hajat). Puasa sunnah ini dikerjakan sebagai wujud syukur apabila Allah SWT memberikan apa yang kita inginkan.

Puasa ini juga dikenal dengan nama puasa nazar, biasanya dikerjakan selama 3, 7, atau 40 hari sesuai dengan hajatnya. Misalnya kita berhajat akan puasa jika mendapat ranking 1, maka jika kita benar-benar berhasil menjadi ranking 1 puasa tersebut harus dilaksanakan.

Jadi, puasa ini tidak ada ketetntuan berapa hari lamanya seperti pada puasa sunnah lainnya. Misalnya puasa Ramadhan yang dikerjakan selama 30 hari bulan Ramadhan, atau puasa tarwiyah dan arafah yang dilaksanakan mendekati bulan ibadah haji.

Tata Cara Puasa Hajat

Meski tidak ada aturan khusus dalam penentuan waktu puasa hajat, namun untuk tata caranya sama dengan puasa pada umumnya. Puasa ini dilakukan terdiri dari 4 tahapan berbeda, yakni sahur, membaca niat, puasa, dan berbuka.

  • Sahur adalah kegiatan makan di pagi buta sebelum waktu imsak atau sekitar 10 menit sebelum adzan sholat Subuh berkumandang.
  • Niat puasa hajat dipanjatkan pada saat selesai sahur sebagai waktu utamanya, namun selain itu juga bisa dipanjatkan ketika hendak tidur jika tidak yakin bisa bangun sahur pada pukul 3 atau 4 pagi.
  • Berpuasa adalah kegiatan menahan diri dari lapar, haus, dan dahaga dimulai sejak terbitya matahari hingga terbenamnya matahari pada waktu sholat Maghrib.
  • Buka puasa adalah kegiatan membatalkan puasa diawali dengan doa buka puasa yang dilaksanakan pada saat matahari benar-benar terbenam ditandai dengan adzan Maghrib berkumandang.

Bacaan Niat Puasa Hajat Arab Latin Artinya

niat puasa hajat

Niat puasa hajat dibaca pada saat sebelum sahur, bisa juga sebelum tidur. Namun alangkah baiknya mendekati waktu imsak tapi jika Anda tak yakin akan bangun untuk sahur, sebagai antisipasi bisa membacanya pada malam sebelum tidur.

Selengkapnya, silahkan simak ulasan lengkap mengenai bacaan lafadz doa niat puasa hajat yang benar sesuai sunnah dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia. Simak doanya pada pembahasan di bawah berikut ini.

نَوَيْتُ صَوْمَ النَّذَرِ لِلَّهِ تَعَالىَ

Nawaitu shauman nadzari lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Aku niat puasa nazar alasannya yaitu Tuhan Ta’ala."

Kesimpulan
Untuk kesempatan kali ini, cukup sekian pembahasan mengenai niat puasa hajat, bacaan doa niat puasa hajat, tata cara niat puasa hajat, lafaz niat puasa hajat, bacaan niat puasa hajat 7 hari, lafadz niat puasa hajat, bacaan niat puasa hajat 3 hari, niat buka puasa hajat, niat dan tata cara puasa hajat, niat berbuka puasa hajat.

Baca: