Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Puasa Ramadhan 1 Bulan Full yang Benar

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Niat puasa Ramadhan. Salah satu ibadah yang paling ditunggu-tunggu dalam agama Islam adalah ibadah puasa Ramadhan. Sesuai namanya, ibadah ini khusus ditunaikan selama 30 hari di bulan suci Ramadhan saja.

niat puasa ramadhan

Saat menunaikannya kita tidak boleh lupa bahwa ada bacaan doa niat dan doa berbuka puasa yang perlu dipanjatkan, sehingga puasa kita menjadi sah di mata Allah SWT dan tidak perlu menggantinya dengan puasa qadha Ramadhan.

Bagi umat muslim bacaan lafadz doa niat puasa Ramadhan bukanlah hal yang sulit untuk dihafalkan. Namun bagaimana dengan anak-anak atau mualaf? Mungkin masih ada yang kesulitan melafadzkannya dengan baik dan benar.

Oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin memberikan ulasan lengkap tentang bacaan doa niat puasa Ramadhan dan doa berbuka puasa sesuai sunnah yang benar dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia. Simak di bawah ini.

Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah

niat puasa ramadhan

Langsung saja, berikut adalah ulasan lengkap tentang bacaan doa niat puasa Ramadhan yang benar, lengkap, sesuai sunnah, berdasarkan hadits shahih dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia atau artinya.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhona haadzihis sanati lillahi ta'ala.

Artinya:
"Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Doa Ketika Berbuka Puasa

doa berbuka puasa

Setelah adza maghrib berkumandang, umat muslim diperbolehkan membatalkan puasanya. Caranya dengan mengawali buka puasa melalui bacaan lafadz doa berikut ini dalam bahasa Arab, latin, dan artinya.

َللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya:
"Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih."

Kesimpulan
Sekian pembahasan singkat mengenai niat puasa ramadhan, lafaz niat puasa ramadhan, niat puasa ramadhan yang benar, niat berbuka puasa ramadhan, niat puasa ramadhan dan artinya, niat puasa ramadhan pertama, niat puasa ramadhan 1 bulan full, doa niat puasa, niat puasa ramadhan 1 bulan penuh.

Baca: