Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya Lengkap

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Niat puasa senin kamis. Ketika menjalani hidup di dunia, Rasulullah SAW sangat hobi menjalankan ibadah puasa sunnah. Salah satu yang kerap ia kerjakan adalah puasa Senin Kamis yang telah kita kenal tentunya.

niat puasa senin kamis

Sesuai namanya, puasa Senin Kamis ditunaikan di hari Senin dan hari Kamis saja. Ibadah puasa sunnah ini dikerjakan seperti puasa pada umumnya. Yakni dimulai dengan sahur, membaca niat, berpuasa seharian, lalu berbuka pada saat adzan maghrib berkumandang.

Karena Rasulullah SAW langsung yang mencontohkannya, tentu saja ada banyak manfaat dan keutamaan yang bisa diperoleh dari mengerjakan ibadah puasa sunnah ini. Salah satunya adalah karena pintu surga dibuka untuk umat muslim pada hari Senin dan hari Kamis.

Ketika menunaikannya, kita juga harus memanjatkan niat dengan baik dan benar. Lalu bagaimana bacaan lafadz niat puasa senin kamis sesuai sunnah? Bagi yang belum tahu Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan berikut ini.

Bacaan Doa Niat Puasa Senin Kamis Sesuai Sunnah

Berikut teks lafadz bacaan lengkap bacaan doa niat puasa senin kamis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia. Anda bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya di bawah berikut ini.

1. Niat Puasa Senin

niat puasa senin

Saat berpuasa hari senin, doa yang diucapkan adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْإِثْنَيْنِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Ta’ala."

Niat puasa pada hari senin diucapkan dimulai setelah sholat isya pada hari minggu hingga sesaat jelang masuk waktu imsak. Bila takut tidak bangun sahur, maka sebaiknya niat puasa ini dilafalkan pada saat hendak tidur.

2. Niat Puasa Kamis

niat puasa kamis

Sementara di saat berpuasa pada hari kamis, inilah bacaan lafadz doa yang dipanjatkan.

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatan lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Ta’ala."

Niat puasa ini boleh dibaca mulai semenjak usai sholat isya pada hari rabu sampai sebelum masuk waktu imsak pada dinihari hari kamis. Waktu musajab untuk melafalaknnya adalah sebelum tidur sehingga kita tidak perlu takut jika tidak bangun untuk makan sahur.

Doa Berbuka Puasa

doa berbuka puasa

Selesai menunaikan ibadah puasa senin kamis, tepatnya ketika matahari terbenam dan ditandai dengan berkumandangnya adzan maghrib, umat muslim diwajibkan membatalkan puasanya dengan mengawali doa sebagai berikut.

Kesimpulan
Sekian pembahasan singkat mengenai niat puasa senin kamis, niat puasa senin kamis dan doa berbukanya, niat buka puasa senin kamis, niat puasa ganti dan senin kamis, niat puasa senin kamis untuk jodoh, pahala puasa senin kamis, niat puasa senin kamis latin, niat puasa senin kamis untuk meminta sesuatu, niat puasa senin kamis untuk kesuksesan.

Baca: