Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Almarhum Almarhumah Laki-laki dan Wanita

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa almarhum. Orang yang sudah meninggal dunia tidak bisa lagi melakukan ibadah seperti semasa ia hidup di dunia. Maka dari itu kita sebagai orang yang masih hidup, terutama kerabatnya harus mendoakannya selalu.

doa almarhum

Doa untuk orang meninggal dunia tersebut ditujukan untuk memohon kepada Allah SWT supaya dosa-dosa orang tersebut dihapuskan. Selain itu kita juga meminta kepada-Nya agar menempatkan almarhum di tempat terbaik-Nya.

Khusus dalam peringatan 40 hari meninggal dunia, ada doa yang bisa dipanjatkan yaitu doa 40 hari orang meninggal dunia. Lalu apa doa yang bisa kita panjatkan pada saat-saat lainnya, misalnya setelah sholat jenazah, di waktu luang, dan sebagainya?

Tentu saja ada berbagai macam doa yang bisa dipanjatkan, asal sesuai dengan tujuannya yakni memohon pengampunan dosa dan menempatkan almarhum di surga terbaik-Nya. Seperti doa almarhum sesuai sunnah yang ada di bawah ini.

Lafadz Bacaan Doa Almarhum

doa almarhum

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saka silahkan simak bacaan doa almarhum untuk ditujukan kepada Allah SWT, memohon kebaikan kepada orang yang sudah meninggal dunia, dalam bahasa Arab, latin, serta artinya secara lengkap.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfirla-hu warham-hu wa 'aafi-hi wa'fu 'an-hu wa akrim nuzula-hu, wa wassi' madkhola-hu, waghsil-hu bil maa-i wats tsalji wal barod wa naqqi-hi minal khothoyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danaas, wa abdil-hu daaron khoirom min daari-hi, wa ahlan khoirom min ahli-hi, wa zawjan khoirom min zawji-hi, wa ad-khilkul jannata, wa a'idz-hu min 'adzabil qobri wa 'adzabin naar.

Artinya:
"Ya Allah, ampunilah ia, kasihilah ia, berilah ia kekuatan, maafkanlah ia, dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkan ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran, berilah ganti rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah ganti keluarga (atau istri di surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan ia ke surga, jagalah ia dari siksa kubur dan neraka." (HR. Muslim).

Manfaat dan Fadhilah Doa untuk Almarhum

Bacaan doa tesebut memiliki keutamaan atau manfaat memohon ampunan, kasih, dan kekuatan kepada orang yang sudah meninggal dunia. Selain itu kita juga meminta-Nya untuk meluaskan atau melapangkan kuburnya di dalam.

Tidak hanya itu dalam doa tersebut kita juga meminta supaya Allah SWT memerintahkan para malaikat-Nya untuk memandikan almarhum degan air salju dan es, supaya ia tetap merasa sejuk dan tidak kepanasan dari dosa yang menyisanya.

Terakhir kita juga memohon kepada Allah SWT untuk memberikannya kebaikan di akhirat, memberikan tempat terbaik baginya yagn sudah meninggal, dan dijauhkan dari siksa kubur serta neraka. Kita memohon supaya doa itu dikabulkan oleh-Nya.

Kesimpulan
Mungkin demikian saja pembahasan singkat mengenai doa almarhum, doa untuk almarhum, doa untuk almarhum ayah tercinta, doa untuk almarhum ayah, doa untuk almarhum ibu, doa untuk almarhum laki laki, doa untuk almarhum orang tua, doa buat almarhum, doa untuk almarhum perempuan, doa buat almarhum ayah, doa untuk almarhum bapak.

Baca: