Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa untuk Anak Sakit Panas dan Demam Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa untuk anak sakit panas. Merawat anak adalah tanggung jawab orangtua, maka dari itu sebagai ayah atau ibu kita harus memperhatikan kesehatan anak jangan sampai mereka sakit atau terjerumus ke dalam penderitaan demam dan panas.

doa untuk anak sakit panas

Ketika anak sakit panas, hal pertama yang kita harus lakukan adalah memberinya obat penurun panas atau yang lebih dikenal dengan paracetamol. Kemudian bila panas tak kunjung turun, kita bisa membawanya ke rumah sakit untuk ditangani lebih lanjut oleh dokter.

Selain itu kita juga tidak boleh lupa bahwa kesembuhan datangnya hanya dari Allah SWT semata. Ini juga telah kita bahas pada artikel sebelumnya yang menjelaskan tentang penyakit juga, yakni dalam doa minta kesembuhan penyakit.

Apabila anak mengalami sakit panas, maka ada doa khusus yang bisa dijadikan wirid atau dzikir. Doa tersebut terdiri dari bacaan basmallah, surat pendek, sholawat, dan doa syifa. Adapun untuk urutan bacaan doanya bisa disaksikan pada pembahasan di bawah ini.

Lafadz Bacaan Doa untuk Anak yang Sakit Panas

Tanpa banyak basa basi kembali, berikut adalah bacaan doa untuk anak yang sakit panas, memohon doa supaya sakit demam dan pusing anak segera sembuh. Doa ini ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap.

1. Membaca Basmallah

Bismillahil kabiir, na'udzu billahil 'adlimm min fyarri 'irqin na'aarr, wa min fyarri harrin naar.

Artinya:
"Dengan menyebut nama allah yg maha agung, kami memohon kepada allah yg maha agung dari kejahatan keringat yg bercucuran dan dari kejahatan panasnya api neraka. (hr. Ibn as- sunni).

2. Membaca Surat Pendek

Setelah membaca doa tersebut, dapat diteruskan dengan membaca surat Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq, dan An-Nas sebanyak masing-masing satu kali. Kemudian diteruskan dengan meniupkan kedua tangan lalu usapkan ke seluruh tubuh si kecil.

3. Bacaan Sholawat Thibbiyyah

Allahumma sholli 'alaa sayyidinaa muhammadin thibil quluubi wa dawaaihaa, wa 'aafiyatil abdaani wa syifaaihaa, wa nuuril abshoori wa dhiyaaihaa, wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa sallim fi kulli lamhatin wa nafasi 'adadi maa wasi'ahu 'ilmullooh.

Artinya:
"Ya allah, semoga engkau tetap memberikan shalawat dan salam kepada nabi muhammad saw, yang merupakan penyejuk hati sekaligus obatnya, penyembuh anggota badan sekaligus obatnya, cahaya mata hati sekaligus yang menyinari, juga kepada keluarga dan sahabatnya, dalam setiap saat dan setiap nafas, dengan sebanyak mungkin ilmu allah."

4. Membaca Bismillah Lagi

Bismillah(3x), a 'udzu bi 'izzatillaahi wa qudrotihii min syarri maa ajidu wa uhaadziru.

Artinya:
"Dengan menyebut nama allah (3 x), aku berlindung dg kegagahan dan kekuasaannya dari segala kejahatan yang saya dapati dan saya takuti." (H.R. Muslim)

5. Bacaan Doa Syifa

Allohumma robbannaasi mudzhibal ba'si, isyfi antas syaafii, laa syaafiya illaa anta, syifaa'an laa yughoodiru saqamaa.

Artinya:
"Ya allah, tuhan pemelihara manusia, tuhan penghilang segala penyakit, sembuhkanlah karna engkau maha penyembuh, tidak ada yg dapat menyembuhkan selain engkau, (sembuhkanlah ya allah) dg kesembuhan yg tidak meninggalkan rasa sakit." (HR. Bukhari).

Kesimpulan
Mungkin demikian saja pembahasan singkat mengenai doa untuk anak sakit panas, doa untuk anak sakit panas agar cepat sembuh, doa untuk anak sakit panas sesuai sunnah, doa untuk anak sakit panas dan muntah, doa untuk anak sakit panas dan batuk, doa untuk anak sakit panas batuk pilek.

Baca: