Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mustajabnya Bacaan Doa Antara Adzan dan Iqomah

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa antara adzan dan iqomah. Adzan adalah doa panggilan agar umat muslim melaksanakan sholat wajib lima waktu, sedangkan iqomah adalah panggilan agar umat muslim yang berada di masjid berdiri, menata shaf, kemudian menunaikan ibadah sholat berjamaah.

doa antara adzan dan iqomah

Jeda antara adzan dan iqomah berlangsung sekitar 10 menit, dan di situ umat muslim bisa menunaikan berbagai macam amalan. Seperti salah satunya adalah menunaikan ibadah sholat tahiyatul masjid dan membaca doa setelah sholat tahiyatul masjid.

Namun jika Anda tidak baru datang ke masjid dan telah menunaikan ibadah sholat sunnah tersebut, ada amalan lain yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah membaca dzikir dan wirid bacaan doa antara adzan dan iqomah.

Doa ini sangat mustajab untuk dipanjatkan bagi umat muslim. Terutama jika kita melihat ke terjemahannya, kita bisa mengetahui bahwa doa ini memiliki keutamaan dan makna yang sangat luar biasa. Silahkan simak bacaan doanya secara lengkap di bawah ini.

Lafadz Bacaan Doa Antara Adzan dan Iqomah Mustajab

Silahkan langsung saja simak ulasan lengkap bacaan lafadz doa antara adzan dan iqomah. Doa ini sangat mustajab dipanjatkan untuk memohon berkah dari Allah SWT, ini dia doanya dalam bahasa Arab, latin, dan teks artinya atau terjemahan Indonesia.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

لَا يُرَدُّ الدُّعَاءُ بَيْنَ الْأَذَانِ وَالْإِقَامَة

Artinya:
"Doa di antara adzan dan iqomah tidak akan ditolak." (HR. Abu Dawud dan Al-Tirmidzi, beliau menshahihkannya. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani di Misykah al-Mashabih, no. 671).

Dan pula terdapat tambahan lafadz perintah berdoa dalam riwayat yang dikeluarkan Imam Ahmad sebagai berikut:

إِنَّ الدُّعَاءَ لَا يُرَدُّ بَيْنَ الْأَذَانِ وَالْإِقَامَةِ فَادْعُوا

Artinya:
"Sesungguhnya doa di antara adzan dan iqamah tidak akan ditolak, maka berdoalah kalian." (Syaikh Sy’aib al-Arnauth berkata: isnadnya shahih)

Imam al-Syaukani dalam Nailul Authar berkata.

Artinya:
"Hadits tersebut menunjukkan dikabulkannya doa di antara adzan dan iqomah secara mutlak. Dia diikat dengan keterangan selama doa tersebut tidak berisi dosa dan memutus silaturahim, sebagaimana tertera dalam beberapa hadits shahih."

Hadits dari Abu Umamah Radhiyallahu ‘Anhu menguatkan keterangan di atas, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

إِذَا نَادَى الْمُنَادِي فُتِحَتْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ ، وَاسْتُجِيْبَ الدُّعَاءُ

Artinya:
"Apabila pemanggil memanggil (muadzin mengumandangkan adzan) maka dibukalah pintu-pintu langit dan dikabulkan doa." (HR. Abu Awaanah dalam musnadnya, Imam Al-Hakim dalam Mustadraknya, dan dishahihkan Al-Albani dalam Shahih al-Jaami’ al-Shaghiir, no. 803).

Al-Munawi berkata.

Artinya:
"Apabila pemanggil memanggil, maksudnya: muadzin mengumandangkan adzan untuk shalat, Allah mengabulkan doa orang yang berdoa saat itu, karena ia termasuk waktu ijabah (pengabulan doa)."

Adab Muslim Saat Antara Adzan dan Iqomah

Sebagai umat Islam, sudah tentu kita dianjurkan untuk mengikuti sunnah yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Termasuk adab ketika mendengar adzan dan berada pada saat antara adzan dan iqomah, berikut di antaranya:
  • Mengucapkan seperti apa yang diucapkan oleh muadzin. Sehingga mendapat pahala mendengarkan adzan
  • Bershalawat pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: Allahumma sholli ‘ala Muhammad
  • Minta pada Allah untuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wasilah.
  • Membaca: Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, radhitu billahi robbaa wa bi muhammadin rosulaa wa bil islami diinaa.
  • Memanjatkan doa sesuai yang diinginkan. Sebab terdapat doa mustajab antara adzan dan iqamah.
  • Berdoa agar dosa dosa diampuni.
  • Tidak Berbicara.
  • Menghentikan aktifitas yang dilakukan.
  • Menyegerakan shalat. Agar terhindar dari waktu terlarang untuk shalat
  • Tidak keluar dari majid atau mushala setelah adzan.

Kesimpulan
Mungkin demikian saja pembahasan singkat mengenai doa antara adzan dan iqomah, maksud doa antara adzan dan iqomah, hadits doa antara adzan dan iqomah, doa di antara adzan dan iqomah, doa yg dibaca antara adzan dan iqomah, doa yang dilakukan antara adzan dan iqomah, berdoa antara adzan dan iqomah doanya mudah.

Baca: