Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa di Antara Dua Sujud Akhir Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa di antara dua sujud. Dalam sholat wajib maupun sunnah, pada setiap rakaatnya kita tentu melaksakanan gerakan yang dinamakan iftirasy atau duduk di antara dua sujud. Pada saat itu ada doa khusus yang kita panjatkan.

doa duduk di antara dua sujud

Tahukah Anda bahwa doa itu memiliki keutamaan dan manfaat yang luar biasa? Doa itu sangat mustajab untuk memohon kepada Allah SWT kebaikan bagi kita dan umat muslim secara umum di dunia maupun di akhirat kelak.

Kita yang rajin sholat pasti sudah hafal bagaimana bacaan lafadz doanya, tapi mungkin jarang yang mengetahui makna serta fadhilahnya. Oleh karena itu di kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai keutamaan doa tersebut.

Tapi sebelum itu alangkah baiknya kita mengetahui bacaan lafadz doa duduk di antara dua sujud yang lengkap. Anda bisa menyimak ulasannya pada pembahasan bahasa Arab, latin, serta artinya di bawah berikut ini.

Bacaan Doa di Antara Dua Sujud

doa duduk di antara dua sujud

Doa ketika duduk di antara dua sujud dalam sholat ini merupakan bagian dari sholat, doa ini memiliki keutamaan yang luar biasa sehingga harus dipanjatkan dengan khusyuk. Berikut bacaan lafadz teks doanya dalam bahasa Arab, latin, dan artinya atau terjemahan Indonesia.

رَبِّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاجْبُرْنِي ، وَارْفَعْنِي ، وَارْزُقْنِي ، وَاهْدِنِي

Robbighfirlii Warhamnii Wajburnii Warfa'nii Warzuqni Wahdinii

Artinya:
"Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, perbaikilah keadaanku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku."

Keutamaan Makna Doa Antara 2 Sujud

Doa duduk di antara dua sujud dalam sholat atau doa iftirasy ini memiliki delapan keutamaan utama yang masing-masing terdapat pada lafadz bacaan doanya. Masing-masing dijelaskan dalam pembahasan berikut di bawah ini.
  • Robbighfirli: untuk memohon ampunan dosa kepada Allah SWT yang membuat hari kita kelam dan merasa berat untuk berbuat kebaikan.
  • Warhamnii: untuk memohon agar kita disayangi Allah SWT sehingga kita merasa nyaman dan bisa menggapai keinginan sesuai bimbingan-Nya.
  • Wajburnii: untuk memohon segala kekurangan seperti kurang bersyukur, kurang sabar, dan kurang bisa menerima kenyataan.
  • Warfa'ni: untuk meminta derajat yang tinggi sehingga tidak ada manusia yang menghina kita.
  • Warzuqni: untuk memohon rezeki sebagai hamba Allah, termasuk rezeki yang datang dari arah tak terduga.
  • Wahdini: untuk memohon petunjuk dan bimbingan soal kebenaran yang berkaitan dengan agama dan hidayah.
  • Wa'aafinii: untuk memohon kesehatan sehingga kita bisa melaksanakan kebaikan dan mendapat manfaat serta tak menjadi beban bagi orang lain.
  • Wa'fuanni: untuk memohon supaya kesalahan dan dosa kita dihapus dari amal keburukan.

Kesimpulan
Demikian pembahasan singkat mengenai doa di antara dua sujud, doa duduk di antara dua sujud akhir, doa duduk di antara dua sujud beserta artinya, doa solat duduk di antara dua sujud, doa duduk di antara dua sujud muhammadiyah, doa duduk di antara dua sujud, doa diantara dua sujud pendek.

Baca: