Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Ikhtiar dan Tawakal Bisa Merubah Takdir

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa ikhtiar. Ketika melakukan usaha untuk mencapai sesuatu, kita tidak boleh lupa bahwa apa yang kita kerjakan, hasilnya ditentukan oleh Allah SWT. Maka dari itu kita tidak boleh lupa berikhtiar dan bertawakal setelah berusaha.

doa ikhtiar

Ikhtiar adalah kebebasan dan kemerdekaan manusia dalam menentukan perbuatannya. Ikhtiar juga bisa diartikan sebagai tindakan berusaha karena pada hakikatnya orang yang berusaha berarti memilih, maka secara umum ikhtiar berarti usaha.

Sedangkan tawakal memiliki arti menyerahkan, mempercayakan, dan mewakilkan hasilnya hanya kepada Allah SWT. Seseorang yang bertawakal adalah orang yang menyerahkan, mempercayakan segala urusan, hanya kepada Allah SWT semata.

Pada saat berikhtiar dan bertawakal kita harus optimis bahwa apa yang diberikan Allah SWT atas usaha kita nantinya adalah yang terbaik serta bisa merubah takdir. Maka dari itu kita tidak boleh lupa untuk berdoa memohon kebaikan hanya kepada-Nya.

Bacaan Doa Ikhtiar dan Artinya

doa ikhtiar

Silahkan simak bacaan doa ikhtiar, tawakal, dan optimis menyerahkan segala perkara dan urusan kepada Allah SWT dan bisa merubah takdir. Berikut doanya dalam bahasa Arab, latin, dan artinya atau terjemahan Indonesia sesuai sunnah dan hadits shahih.

اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ، اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِعِزَّتِكَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَنْ تُضِلَّنِى، أَنْتَ الْحَىُّ الَّذِى لاَ يَمُوتُ وَالْجِنُّ وَالإِنْسُ يَمُوتُونَ

Allohumma laka aslamtu wa bika amantu wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khoshomtu. Allohumma inni a’udzu bi ‘izzatika laa ilaha illa anta an tudhillani. Antal hayyu alladzi laa yamuut wal jinnu wal insu yamuutun.

Artinya:
"Ya Allah, aku berserah diri kepada-Mu, aku beriman kepada-Mu, aku bertawakal kepada-Mu, aku bertaubat kepada-Mu, dan aku mengadukan urusanku kepada-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan kemuliaan-Mu. tidak ada ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Engkau dari segala hal yang bisa menyesatkanku. Engkau Mahahidup dan tidak mati, sedangkan jin dan manusia pasti mati."

Keutamaan Berikhtiar dan Tawakal kepada Allah SWT

Berikhtiar dan bertawakal, salah satunya ditekankan melalui pemanjatan doa di atas bsia membuat banyak kebaikan bagi kita. Bertawakal akan mendatangkan ketenangan dan rasa, serta hikmah-hikmah seperti di bawah ini.

1. Orang yang bertawakal kepada Allah SWT akan senantiasa mendapatkan perlindungan, pertolongan, dan anugerah dari Allah SWT sebagaimana ditegaskan dalam Surah Al-Anfal ayat 49 yang berbunyi sebagai berikut.

Artinya:
"Barangsiapa yang tawakkal kepada Allah, maka sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."

2. Orang yang bertawakal kepada Allah SWT akan mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat sebagaimana ditegaskan dalam Surah An-Nahl, ayat 41-42 di bawah ini.

Artinya:
"Dan orang-orang yang berhijrah karena Allah sesudah mereka dianiaya, pasti Kami akan memberikan tempat yang bagus kepada mereka di dunia. Dan sesungguhnya pahala di akhirat adalah lebih besar, kalau mereka mengetahui, (yaitu) orang-orang yang sabar dan hanya kepada Allah saja mereka bertawakkal."

3. Orang yang bertawakal hidupnya akan dicukupi oleh berkah dari Allah SWT sebagaimana ditegaskan dalam Surah Ath-Thalaaq ayat 3 berikut ini.

Artinya:
"Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya."

Kesimpulan
Demikian pembahasan singkat mengenai doa ikhtiar, bacaan doa ikhtiar, hubungan doa ikhtiar dan tawakal, pengertian doa ikhtiar dan usaha, doa usaha ikhtiar tawakal, doa untuk ikhtiar hamil, doa tanpa ikhtiar, doa dulu atau ikhtiar dulu, doa sholat ikhtiar, doa dan ikhtiar bisa merubah takdir.

Baca: