Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Lafadz Doa Mengusap Kepala Anak Yatim

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa mengusap kepala anak yatim. Memberi kebaikan dan perhatian kepada anak yatim adalah kegiatan yang amat baik, bahkan sangat diutamakan dan dianjutkan oleh Nabi Muhammad SAW serta Al-Quran.
doa mengusap kepala anak yatim

Tidak heran bahwa ketika kita memberinya santunan, berupa bantuan fisik atau dukungan moral kita dianjurkan membaca doa memberi santunan anak yatim. Tujuannya tak lain adalah supaya apa yang kita berikan bisa bermanfaat kepada anak yatim tersebut.

Selain itu tak kalah penting adalah mengusap kepala anak yatim, ini juga sangat dianjurkan dalam agama Islam karena bisa menjadi bentuk dukungan moral kepada mereka yang ditinggalkan ayah. Ada banyak sekali keutamaan mengusap kepala mereka.

Ketika mengusap kepala anak yatim kita juga dianjurkan untuk memanjatkan doa. Bagi yang belum tahu doa, dzikir, atau wirid yang dimaksud, di kesempatan ini kami akan menjelaskannya secara lengkap kepada Anda, silahkan disimak.

Bacaan Doa Ketika Mengusap Kepala Anak Yatim

doa mengusap kepala anak yatim

Doa pada saat mengusap anak yatim bisa dipanjatkan pada saat kita mengelus-elus kepala anak yatim, doa ini bisa dipanjatkan dengan lafadz bacaan doa dalam bahasa Arab, latin, dan artinya atau terjemahan Indonesia sesuai sunnah di bawah ini.

جَبَرَ اللهُ يَتْمَك وَجَعَلَك خَلَفًا مِنْ أَبِيْك

Jabarallahu yatmaka wa ja'alaka khalafammin abiika.

Artinya:
"Semoga Allah menutupi kesedihanmu [karna menjadi yatim], dan menjadikanmu sebagai pengganti yang baik atas ayahmu."

Keutamaan Mengusap Kepala Anak Yatim

Mengusap setiap helai rambut anak yatim akan memberikan satu kebaikan dan pahala. Ini didasarkan pada hadits Imam Ahmad dan Imam Al-Thabrani, dari Abu Umamah, bahwa Nabi Saw bersabda.

من مسح رأس يتيم لا يمسحه الا لله كان له بكل شعرة تمر يده عليها حسنة

Artinya:
Barangsiapa mengusap kepala anak yatim semata-mata karena Allah, maka setiap rambut yang ia usap memperoleh satu kebaikan.

Mengusap kepala anak yatim juga bisa menghilangkan kegundahan dan kerasnya hati. Ini sesuai dengan hadits Imam Ahmad dari Abu Hurairah, dia berkisah.

ان رجلا شكى إلى النبي صلى الله عليه و سلم قسوة قلبه فقال اطعم المسكين وامسح رأس اليتيم

Artinya:
Sesungguhnya seorang lelaki mengadu pada Nabi Saw tentang hatinya yang keras, maka Nabi Saw bersabda; Berilah makanan kepada orang miskin  dan usaplah kepala anak yatim.

Lalu, setiap helai rambut anak yatim yang kita usap dengan tangan bisa mengangkat derajat kita di sisi Allah SWT. Hadits riwayat yang disebutkan dalam kitab Tanbihul Ghafilin menjelaskan sebagai berikut.

وَمَنْ مَسَحَ يَدَهُ عَلَى رَأْسِ يَتِيمٍ يَوْمَ عَاشُورَاءَ رَفَعَ اللَّهُ تَعَالَى لَهُ بِكُلِّ شَعْرَةٍ دَرَجَةً

Artinya:
Barangsiapa yang mengusap kepala anak yatim dengan tangannya  di hari Asyura, maka Allah akan mengangkat derajatnya dengan setiap rambut yang diusap.

Terakhir, mengusap kepala anak yatim juga bisa melembutkan hati dan mengabulkan hajat. Ini didasarkan pada hadits riwayat Imam Al-Thabrani dari Abu Al-Darda’, dia berkata.

أتحبُّ أن يلينَ قلبُكَ ، وتدركَ حاجتَك ؟ ارحَمِ اليتيمَ ، وامسَح رأسَه ، أطعِمْهُ من طَعامِك ؛ يَلِنْ قلبُك ، وتُدركْ حاجتَكَ

Artinya:
Apakah kamu ingin hatimu lembut dan hajatmu terkabul? Sayangilah anak yatim, usaplah kepalanya, berilah ia makan dari makananmu, maka hatimu akan lembut dan hajatmu akan terkabul.

Kesimpulan
Demikian pembahasan singkat mengenai doa mengusap kepala anak yatim, doa mengusap kepala anak yatim 10 muharram, bacaan doa mengusap kepala anak yatim, doa ketika mengusap kepala anak yatim, bacaan doa saat mengusap kepala anak yatim, lafadz doa mengusap kepala anak yatim.

Baca: