Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Menyembelih Ayam Jantan dan Betina

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa menyembelih ayam. Ketika kita hendak menyembelih ayam kampung atau ayam broiler, kita harus mengawalinya dengan niat dan doa terlebih dahulu. Pasalnya dalam agama Islam tidak sah jika kita mengonsumsi hewan yang disembelih bukan atas nama Allah SWT.

doa menyembelih ayam

Di kesempatan sebelumnya kami juga sudah membahas mengenai doa menyembelih aqiqah dan doa menyembelih hewan quban. Perlu diketahui bahwa doa menyembelih ayam ini berbeda dengan kedua doa yang pernah dibahas pada kesempatan yang lalu.

Pasalnya baik doa qurban atau aqiqah, dilakukan penyembelihan untuk tujuan tertentu berkaitan dengan agama Islam. Sementara ketika kita menyembelih ayam jantan dan betina, tujuannya adalah untuk dikonsumsi sehari-hari, maka jelas niat atau doanya berbeda.

Doa ini juga bisa diterapkan ketika menyembelih sapi, kambing, kerbau, domba, unta, bebek, entok, angsa, atau burung untuk dikonsumsi. Bagaimana doanya? Bila belum tahu silahkan simak pembahasan doanya di bawah ini.

Lafadz Bacaan Doa Menyembelih Ayam

doa menyembelih ayam

Pada saat menyembelih ayam kampung atau suntikan ternak, jantan dan betina, maka jangan lupa baca lafadz doa dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan bahasa Indonesia yang lengkap di bawah ini. Simak pembahasannya di bawah berikut ini.

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Artinya:
"Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrub-ku.

Tata Cara Menyembelih Ayam dalam Islam

Sebelum menyembelih ayam, penyembelih harus memenuhi syarat antara lain beragama Islam, baligh, dan berakal sehat. Setelah itu, berikut tata cara menyembelih ayam yang benar dalam agama Islam.
  • Penyembelih ayam tidak boleh menyembelih sambil makan, minum, atau aktivitas lain yang menyebabkan lalai dalam mengucapkan basmalah atau doa menyembelih ayam di atas.
  • Penyembelihan ayam dilakukan pada pangkal leher ayam dengan memutuskan saluran pernafasan, saluran makan, dan urat lehernya dengan sekali sayatan tanpa mengangkat pisau.
  • Proses penyembelihan dilakukan dari leher bagian depan di antara ruas tulang leher kedua dan ketiga serta tidak memutus tulang leher.
  • Pisau yang digunakan harus setajam mungkin dan dalam keadaan bersih.
  • Memastikan bahwa matinya ayam disebabkan oleh penyembelihan tersebut, bukan karena hal lain seperti penyakit atau tertembak.
  • Darah ayam dibiarkan keluar dengan waktu minimal 3 menit sebelum proses berikutnya (lebih baik dalam posisi digantung untuk memaksimalkan pengeluaran darah berjalan lancar).
  • Ayam yang akan masuk ke dalam proses perendaman air panas harus dipastikan sudah mati.
  • Proses penanganan selanjutnya dilakukan dengan kondisi yang bersih agar tidak terjadi kontaminasi bakteri, najis atau bahan haram.

Kesimpulan
Mungkin demikian saja pembahasan singkat mengenai doa menyembelih ayam, tata cara dan doa menyembelih ayam menurut islam, bacaan doa menyembelih ayam, niat doa menyembelih ayam, lafadz doa menyembelih ayam, baca doa menyembelih ayam, cara doa menyembelih ayam, tata cara dan doa menyembelih ayam, bacaan doa menyembelih ayam jantan dan betina.

Baca: