Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Teks Doa Ketika Memberi Santunan Anak Yatim

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa santunan anak yatim. Anak yatim adalah anak yang istimewa, mereka telah ditinggalkan orang ayahnya sehingga membutuhkan perhatian lebih dari orang-orang di sekitarnya. Sebab mungkin ibunya sendiri kewalahan memenuhi kebutuhan si anak.

doa santunan anak yatim

Maka dari itu ada anjuran bagi umat muslim untuk menyantuni anak yatim. Bentuk santunan kepada anak yatim pun bermacam-macam. Seperti memberikan bantuan fisik berupa aket sembako, uang tunai, pakaian, atau sumbangan hari raya.

Namun selain itu, dukungan semangat juga merupakan santunan anak yatim yang baik pula. Bahkan mengusap anak yatim pun merupakan tindakan yang sangat dianjurkan karena hal tersebut akan memberi tambahan semangat kepada si anak.

Nah pada saat memberikan santunan kepada anak yatim, kita juga harus berdoa kepada Allah SWT. Sebenarnya doa ini tidak wajib, tapi sangat dianjurkan terutama karena keutamaan dan manfaatnya yang luar biasa bagi anak yatim tersebut.

Lafadz Bacaan Doa Santunan Menyantuni Anak Yatim

doa santunan anak yatim

Ketika menyantuni anak yatim, dalam bentuk wujud barang atau dukungan perasaan, bacalah doa menyantuni anak yatim di bawah ini supaya makin diberkahi Allah SWT. Simak secara lengkap bacaan lafadz doanya dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia berikut.

اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي فِيهِ رَحْمَةَ الْأَيْتَامِ وَ إِطْعَامَ الطَّعَامِ وَ إِفْشَاءَ السَّلامِ وَ صُحْبَةَ الْكِرَامِ بِطَوْلِكَ يَا مَلْجَأَ الْآمِلِينَ

Allahummar Zuqni Fiihi Rahmatal Aytaam wa Ith'aamat Tha'aam wa Ifsyaas Salaam wa Shuhbatal Kiraam Bithoulika Yaa Maljal Aamiliin.

Artinya:
"Ya Allah, berilah aku rezeki berupa kasih sayang terhadap anak yatim dan pemberian makan dan penyebaran salam dan pergaulan dengan orang-orang mulia, dengan kemuliaan-Mu. Wahai tempat berlindung bagi orang-orang yang berharap."

Adab Menyantuni Anak Yatim

Bagaimana manfaat, keutamaan dan adab menyantuni anak yatim dalam agama Islam? Menjawab hal itu, Anda bisa menyimak kisah berikut.

Suatu ketika istrti Ibnu Mas'ud, Zainab hendak menemui Rasulullah SAW. Namun di depan pintu rumah Nabi, ada seorang perempuan dari golongan Anshar yang juga ingin menemui Rasulullah SAW.

Zainab kemudian berkata padanya dan memohon kepada Bilal menyampaikan kepada Rasulullah SAW ada dua perempuan yang tengah menunggu di depan pintu rumah beliau. Zainab ingin bertanya tentang sedekah kepada suami dan anak yatim di rumah mereka, apakah mereka akan mendapatkan balasan pahala?

Bilal pun masuk dan menyampaikan pertanyaan tersebut. Rasulullah SAW bertanya, "Siapa mereka berdua?"

Bilal menjawab, "Seorang wanita Anshar dan Zainab."

Nabi SAW bertanya, "Zainab yang mana?"

"Zainab istri Abdullah (Ibnu Mas'ud)."

Kemudian, Rasulullah SAW bersabda kepada Bilal, "Mereka berdua mendapatkan dua pahala, yakni pahala menjaga kekerabatan dan pahala sedekah" (HR Bukhari dan Muslim).

Dari keterangan di atas, hakikatnya menyantuni anak yatim itu adalah dengan cara membawa anak yatim ke dalam keluarga. Keluarga Muslimin mencukupi kebutuhannya, mengajari dan mendidiknya sampai akil balig. Itulah bentuk santunan kepada anak yatim yang paling utama.

Kesimpulan
Mungkin demikian saja pembahasan singkat mengenai doa santunan anak yatim, doa santunan anak yatim 10 muharram, doa santunan anak yatim piatu, teks doa santunan anak yatim, bacaan doa santunan anak yatim, contoh teks doa santunan anak yatim, contoh doa santunan anak yatim, doa untuk donatur santunan anak yatim, contoh doa acara santunan anak yatim.

Baca: