Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Sebelum Melaksanakan Akad Nikah

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa sebelum akad nikah. Akad nikah merupakan acara inti dari seluruh rangkaian proses pernikahan. Akad nikah ini dimaknai dengan perjanjian antara wali mempelai perempuan dan mempelai laki-laki.

doa sebelum akad nikah

Di kesempatan yang lalu kami telah membagikan teks bacaan doa pengantin baru yang dipanjatkan selesai ijab kabul. Sementara itu pada saat kegiatan akad nikah atau ijab kabul, ada doa khusus lain yang bisa dipanjatkan atau diamalkan.

Dalam doa ini kita memohon kepada Allah SWT untuk dilancarkan kegiatan pernikahannya, diberi kebaikan baik pada saat acara berlangsung, selesai acara, bahkan sampai kita berumah tangga dengan orang yang kita cintai tersebut.

Dis ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai teks lafadz bacaan doa sebelum akad nikah. Doa ini ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah dan Anda bisa menyimak selengkapnya pada ulasan berikut.

Bacaan Doa Sebelum Akad Nikah

Berikut di bawah ini adalah bacaan doa selamat sebelum melaksanakan akad nikah, menurut NU dan Muhammadiyah dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia yang singkat beserta maknanya secara lengkap.

1. Bahasa Arab

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِىَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ( اتَّقُوا اللَّهَ الَّذِى تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا) (يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ) ( يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

2. Teks Latin

'iina alhamd lilah nastaeinuh wanastaghfiruh wanaeudh bih min shurur 'anfusina man yahd allah fala mudila lah waman yudlil fala hadia lah wa'ashhad 'an la 'iilah 'iilaa allah wa'ashhad 'ana muhamadana eabduh warasuluh ya 'ayuha aladhin amanuu ( ataquu allah aladhia tasa'alun bih wal'arham 'iina allah kan ealaykum raqibana) (ya 'ayuha aladhin amanuu ataquu allah haqa tuqatih wala tamutuna 'iilaa wa'antum muslimuna) (ya 'ayuha aladhin amanuu ataquu allah waquluu qawlaan sadidana yuslih lakum 'aemalakum wayaghfir lakum dhunubakum waman yutie allah warasulah faqad faz fawzana eazimana.

3. Artinya Terjemahan Indonesia

Artinya:
"Segala puji hanya bagi Allah, kami memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya, kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diri-diri kami dan kejelekan amal perbuatan kami. Barangsiapa yang Allah beri petunjuk, maka tidak ada yang dapat menye-satkannya, dan barangsiapa yang Allah sesatkan, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah saja, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya."

Kesimpulan
Mungkin cukup sekian pembahasan lengkap dari kami mengenai bacaan doa sebelum akad nikah, doa istighfar sebelum akad nikah, doa yang dibaca sebelum akad nikah, doa taubat sebelum akad nikah, doa istighfar dan syahadat sebelum akad nikah, doa selamatan sebelum akad nikah, doa mandi sebelum akad nikah, doa penghulu sebelum akad nikah.

Baca: