Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Amalan Setelah Surat Al Fatihah Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa setelah Al-Fatihah. Alfatihah merupakan surat pertama yang ada dalam al-Quran. Jumlah total ayat dalam surat ini ada 7, dan karena surat ini merupakan yang pertama, tentu saja ada banyak keutamaan bila membacanya.

doa setelah surat al fatihah

Bahkan dalam sholat sunnah dan sholat wajib, Al-Fatihah menjadi surat yang wajib dibaca selain surat pendek. Dalam sehari minimal kita membaca 17 kali Al-Fatihah sesuai dengan jumlah rakaat sholat. Di luar itu, kita juga bias membaca surat yang tergolong dalam surat Makiyyah tersebut.

Tapi kadang ada hal yang kerap dilupakan umat muslim, bahwa ketika kita membaca surat Al-Fatihah, kita juga dianjurkan untuk membaca doa setelah Al-Fatihah. Mungkin juga tak banyak yang mengetahui bacaan lafadz doa ini.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami ingin menjelaskan kepada Anda mengenai lafadz bacaan doa setelah Al Fatihah. Anda bisa langsung melihat ulasannya pada pembahasan di bawah ini. Simak dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia berikut.

Lafadz Bacaan Doa Setelah Al Fatihah

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak bacaan lafadz doa setelah Al Fatihah di bawah ini. Doa ini kami tulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia yang benar sesuai sunnah dan hadits shahih.

اللَّهُمَّ بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ وَبِسِرِّ الْفَاتِحَةِ وَبِبَرَكَةِ الْفَاتِحَةِ وَبِكَرَامَةَ الْفَاتِحَةِ أَنْ تَفْتَحَ لَنَا أَبْوَابَ الْخَيْرِ , وَأَنْ تَتَفَضَّلَ عَلَيْنَا بِكُلِّ الْخَيْرِ, وَأَنْ تَجْعَلَنَا مِنْ أَهْلِ الْخَيْرِ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيْهَا سَلَامٌ وآخِرُ دَعْوَاهُمْ عَنِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ

Allohumma bi haqqil fatihahati wa bi sirril fatihati wa bi karomatil fatihati an taftaha lana kulla khoirin wa tatafadhdhola ‘alaina bi kullil khoiri wa an taj’alana min ahlil khoiri subhanakallohumma wa tahiyyatuhum fiha salam wa akhiru da’wahum anilhamdulillahi robbil ‘alamina.

Artinya:
Ya Allah, dengan kebenaran Al-Fatihah, dengan rahasia Al-Fatihah, dengan kemuliaan Al-Fatihah, Engkau bukakanlah kepada kami pintu-pintu kebaikan, dan karuniakanlah kepada atas kami semua kebaikan, dan jadikanlah kami bagian dari ahli kebaikan. Maha Suci Engkau Ya Allah, dan penghormatan mereka di surga adalah salam, dan akhir doa mereka adalah alhamdulillahi robbil ‘alamin.

Manfaat dan Fadhilah Doa Sesudah Al-Fatihah

Dalam doa tersebut kita memohon kepada Allah membukakan pintu-pintu kebaikan kepada kita. Dengan pintu kebaikan tersebut, kita akan dihindarkan dari marabahaya, bisikan syaitan yang terkutuk, bahkan hingga hal-hal yang membuat kita rugi di dunia dan akhirat.

Selain itu kita juga memohon kepada-Nya supaya menjadikan kita ahli dalam kebaikan. Artinya, kita meminta Allah SWT menjadikan kita orang yang senantiasa berbuat baik, memberi contoh yang baik kepada orang lain, serta meninggalkan kejahatan.

Terakhir kita memohon kepada-Nya untuk menyelamatkan mereka yang ada di alma kubur sehingga berada di surga terbaik-Nya. Ini juga berlaku kepada kita sebagai calon ahli kubur yang suatu saat juga akan meninggal dunia.

Kesimpulan
Mungkin demikian saja pembahasan singkat mengenai doa setelah al fatihah, doa setelah membaca al fatihah 41 kali, surat al fatihah dibaca setelah membaca doa, bacaan doa setelah al fatihah, doa kedua setelah al fatihah, doa sholat setelah al fatihah, doa tolak bala setelah al fatihah, doa setelah surat al fatihah.

Baca: