Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Dzikir Doa Tafakur dan Tata Cara Bertafakur

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa tafakur. Dalam agama Islam, ada istilah tafakur yang merupakan ibadah atau amalan yang dilakukan dengan cara berpikir, menghayati, serta merenungi berbagai tanda kebesaran Allah SWT di dunia ini.

doa tafakur

Sementara menurut istilah orang Indonesia kebanyakan, tafakur juga bisa diartikan sebgai bertapa atau semedi. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai praktek relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, dan mencemaskan dalam kehidupan kita.

Tafakur juga bisa diartikan sebagai kegiatan untuk membolak-balikkan pikiran untuk membuat otak kita menjadi lebih jernih. Pada saat bertafakur, apa yang harus kita lakukan? Hal utama yang tak boleh dilupakan adalah berdoa kepada Alah SWT.

Nah bagi yang belum tahu bagaimana bacaan doanya, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda apa yang harus dibaca pada saat bertafakur. Anda bisa menyimaknya langsung pada pembahasan di bawah ini.

Lafadz Bacaan Doa Tafakur

doa tafakur

Berikut di bawah ini merupakan bacaan lafadz doa tafakur yang benar sesuai sunnah dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia. Bacalah dzikir dan wirid ini ketika bertafakur hanya kepada Allah SWT, simak doanya id bawah ini.

1. Hadist Ibnu Majah

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya bisa sempurna segala kebajikan." (HR Ibnu Majah).

2. Diambil dari Al-Qur'an

رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanā mā khalaqta hāżā bāṭilā, sub-ḥānaka fa qinā 'ażāban-nār

Artinya:
"Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka."

3. Hadist Ibnu Sunni

مَا شَاءَ اللهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Masya Allah la quwwata illa billah.

Artinya:
"Sesuatu dikehendaki Allah. Tiada kekuatan selain kekuatan Allah." (HR Ibnu Sunni).

Tata Cara Bertafakur dalam Agama Islam

Menurut Syeikh Nawai al Bantani, ada lima hal yang sangat bernilai di mata Allah SWT yang bisa dilakukan dalam tafakur, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Merenungi Ciptaan-Nya

Tafakur melalui ayat-ayat Allah, yaitu merenungi tentang segala ciptaan Allah yang luar biasa. Tak terkecuali manusia sebagai salah satu ciptaaNya yang menakjubkan sehingga akan melahirkan keyakinan kepada Allah.

“Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?” (Adz-Dzariyat : 20-21)

2. Merenungi Pemberian Nikmat Allah SWT

Kedua adalah bertafakur tentang pemberian nikmat-nikmat Allah yang akan mampu melahirkan rasa syukur dan cinta kepada Allah. Barangsiapa yang selalu bersyukur kepada Allah atas nikmatNya pasti akan Allah berikan yang lebih lagi.

3. Merenungi Janji Allah SWT

Kemudian bertafakur mengenai janji yang diberikan Allah dan bisa menumbuhkan rasa cinta kita kepada akhirat. tujuannya adalah agar kita percaya bahwa akhirat itu ada dan perbuatan baik akan dibalas dengan kebaikan. dengan begitu, Allah akan memberikan jalan yang mudah untuknya ke surga.

“Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa,dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga),maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah.” (Al-Lail : 5-7)

4. Merenungi Balasan Dosa

Tidak lupa kita perlu bertafakur akan balasan yang diterima bila berbuat dosa, sehingga kita akan selalu ingat dan tetap waspada jika ingin melakukan perbuatan dosa. Sebab, Allah sudah memberikan ancaman akan pembalasan yang menantinya atas apa yang telah diperbuat.

5. Merenungi Kekurangan Diri

Terakhir adalah bertafakur atau merenungi kekurangan diri sendiri atau biasa kita kenal sebagai introspeksi diri. Dengan begitu, tentu kita akan memiliki rasa malu dengan Sang Pencipta hingga akhirnya terus berusaha untuk menjadi lebih bertakwa.

Kesimpulan
Mungkin demikian saja pembahasan singkat mengenai doa tafakur, keutamaan tafakur, makna tafakur dalam islam, cara tafakur rasulullah, arti tafakur kepada diri sendiri, tafakur dalam al quran, contoh tafakur.

Baca: