Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Dijauhkan dari Sifat Iri, Dengki, Sombong

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa dijauhkan dari sifat iri. Iri merupakan perasaan yang muncul karena kita ingin sesuatu yang dimiliki atau diperlihatkan oleh orang lain. Rasa sakit dalam hati pun muncul hingga menimbulkan dengki, sombong, dan dendam.

doa dijauhkan dari sifat iri

Perbuatan iri paling ringan bisa diganjar dosa, apalagi jika muncul sifat-sifat buruk lainnya. Maka Islam pun melarang setiap muslim untuk berbuat iri kepada orang lain. Jika perasaan tersebut muncul maka kita harus bisa mengendalikannya.

Pertanyaannya sekarang, siapa yang mampu mengendalikan sifat iri, dengki, hasad, dan sombong dalam hati kita? Tentu saja kita sendiri, tapi kita tidak boleh lupa bahwa kita diberi kekuatan untuk menahan rasa iri tersebut dari Allah SWT.

Maka dari itu dalam setiap upaya menjauhkan diri dari sifat iri, kita harus melibatkan-Nya. Caranya adalah dengan memanjatkan doa dijauhkan dari sifat iri, dengki, hasad, sombong, dan sebagainya. Bagaimana bacaan doanya? Simak dalam pembahasan di bawah ini.

Bacaan Doa Dijauhkan dari Sifat Iri dan Artinya

doa agar tidak iri

Berikut di bawah ini merupakan bacaan lafadz doa agar dijauhkan dari sifat iri dan menginginkan berkah atau rezeki yang diterima oleh orang lain. Silahkan simak dalam bahasa Arab, latin, dan artinya sesuai sunnah di bawah ini.

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ

Robbanagh firlanaa wa li ikhwaninaladziinaa sabaquuna bil iimaan wa laa taj’al fii qulubiinaa ghillan lil ladinaa aamanu robbanaa rouufur roohiim.

Artinya:
"Ya Allah, ampunilah dosa‐dosa kami dan dosa‐dosa saudara kami yang telah mendahului kami dengan membawa iman, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang‐orang yang beriman. Ya Allah, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."

Doa Dijauhkan dari Sifat Dengki

Berbeda halnya jika kita ingin memohon agar dijauhkan dari sifat dengki, hasad, atau membenci kebaikan yang diterima orang lain. Bacalah lafadz bacaan doa berikut ini untuk menjauhi salah satu sifat tidak terpuji tersebut.

اَللَّهُمَّ اعْصِمْنَا مِنْ شَرِّ اْلفِتَنِ، وَعَافِنَا مِنْ جَمِيْعِ اْلبَلَايَا وَاْلمِحَنِ، وَأَصْلِحْ مِنَّا مَا ظَهَرَ وَمَا بَطَنَ، وَنَقِّ قُلُوْبَنَا مِنَ اْلغِلِّ وَاْلحِقْدِ وَاْلحَسَدِ، وَلاَ تَجْعَلْ عَلَيْنَا تَبِعَةً لَأَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ يَا اَرْحَمَ اْلرَّاحِمِيْنَ.

Allahumma’shimna min syarril fitani wa ‘afina min jami’il balaya wal mihani wa ashlih minna ma dzaharo wama bathona wa naqqi qulubana minal ghilli wal hiqdi wal hasadi wala taj’al ‘alaina tabi’atan li ahadin min kholqika ya arhamar rohimin.

Artinya:
"Ya Allah, jagalah kami dari kejahatan segala fitnah, selamatkanlah kami dari segala bencana dan cobaan, perbaikilah dari kami apa yang lahir dan yang batin, bersihkanlah hati kami dari iri serta dengki. Dan jangan jadikan kami  pengikut salah satu dari makhluk-Mu, wahai Zat yang Paling Penyayang di antara semua penyayang."

Doa Dijauhkan dari Sifat Sombong

Kemudian bila ingin menjauhkan diri dari sifat sombong, maka kita harus bersikap rendah hati sambil membaca doa yang sesuai sunnah di bawah ini. Langsung saja simak bacaan lafadz doanya secara lengkap dalam bahasa Arab, latin, dan artinya di bawah berikut ini.

اللهم أحيني مسكينا وأمتني مسكينا واحشرني في زمرة المساكين

Allahuma ahyini miskinan, wa amitni miskinan, wahsyurni fi zumratil masakin

Artinya:
"Ya Allah, hidupkanlah aku dalam keadaan khusyu dan rendah hati, dan matikanlah aku dalam keadaan khusyu dan rendah hati, dan kumpulkanlah aku (pada hari kiamat) dalam rombongan orang-orang yang khusyu dan rendah hati."

Kesimpulan
Sekian dulu pembahasan mengenai bacaan doa dijauhkan dari sifat iri, doa mohon dijauhkan dari sifat riya, doa supaya dijauhkan dari sifat malas, doa agar dijauhkan dari sifat sombong, doa agar dijauhkan dari sifat buruk, doa minta dijauhkan dari sifat malas, doa mohon dijauhkan dari sifat malas, doa minta dijauhkan dari sifat sombong,

Baca: