Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Lulus Ujian Sekolah, Tes CPNS, Skripsi, Kerja

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa lulus ujian. Dalam kehidupan ini kita sering menemui ujian, contohnya di sekolah ada ujian masuk sekolah, perguruan tinggi, tes tengah semester, ujian akhir, UAS, UN, dan sebagainya. Sementara setelah lulus ada ujian masuk kerja, tes CPNS, dan masih banyak lagi.

doa lulus ujian

Sebagai umat Islam kita juga sudah paham bahwa Allah SWT harus kita libatkan dalam setiap kehidupan kita. Sebab, hanya dari Allah SWT saja seluruh apa yang kita kerjakan di dunia ini mendapatkan hasil yang baik dan maksimal.

Tak terkecuali dalam mengikuti ujian, bila ingin lulus maka kita harus berdoa kepada-Nya. Doa ini dimaksudkan untuk memohon kepada-Nya agar memudahkan kita diluluskan ujian, dilancarkan pada saat mengerjakan soal, belajar untuk persiapan, dan sebagainya.

Ada berbagai macam doa berbeda yang bisa kita panjatkan, dan mungkin di sini banyak siswa, murid, pelajar, atau mahasiswa yang membutuhkannya. Maka dari itu pada kesempatan ini kami ingin membagikan bacaan doa untuk memohon supaya lulus ujian.

Bacaan Lafadz Doa Lulus Ujian

Simak bacaan lengkap doa lafadz lulus ujian CPNS, masuk perguruan tinggi, sekolah, kerja, tes, JPH, skripsi, dan sebagainya. Doa ini ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan artinya atau terjemahan Indonesia sesuai sunnah berdasaarkan hadits shahih.

1. Doa Minta Kemudahan Mengikuti Ujian

doa mohon kemudahan ujian

Di bawah ini ada bacaan doa untuk memohon kemudahan dalam mengikuti ujian. Bacaan doa ini bisa dipanjatkan pada saat jauh-jauh hari sebelum melaksanakan ujian atau hari H.

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allaahumma laa sahla illaa maa ja'altahu sahlan wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlan.

Artinya:
"Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya." - (Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106)

2. Doa Nabi Musa untuk Kelancaran Ujian Lisan

doa kelancaran lisan

Berikut merupakan bacaan doa dari Nabi Musa AS untuk memohon kelancaran ujian lisan. Doa ini bisa dipanjatkan khusus dalam mengikuti ujian tak tertulis atau berbasis wawancara dan interview.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisy-rohlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam millisaanii, yafqahu qaulii.

Artinya:
"Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku." - (QS Thaahaa : 25-28)

3. Doa Mendapat Ilmu Pengetahuan

doa ilmu pengetahuan

Berikut ini merupakan bacaan doa mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan, doa yang cocok dibaca pada saat belajar untuk persiapan mengikuti ujian.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Rabbi zidnii 'ilmaa.

Artinya:
"Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan." - (QS Thaahaa : 114)

Kesimpulan
Sampai di sini pembahasan dari kami mengenai doa lulus ujian, doa untuk lulus ujian, doa untuk lulus ujian jpj, doa semoga lulus ujian, doa untuk lulus ujian komputer, doa agar anak lulus ujian, doa agar lulus ujian cpns, doa agar anak lulus ujian dengan nilai bagus, doa untuk anak agar lulus ujian, doa agar lulus ujian masuk kuliah.

Baca: