Doa Penutup Acara Rapat, Formal, Seminar, Resmi, Majelis

Ubai.web.id – Doa penutup acara. Manusia adalah makhluk sosial dan itu menjadikan sebuah pertemuan atau acara yang dihadiri sekumpulan orang bukan merupakan hal yang aneh. Mulai dari acara formal hingga nonformal berbentuk keagamaan atau majelis.

Ada banyak jenis acara yang biasa dilakukan manusia. Mulai dari rapat, seminar, lamaran pernikahan, buka bersama, puasa, dan masih banyak lagi. Pada saat mengawali acara kita harusnya membaca doa, begitupun pada saat menutupnya.

Ketika acara telah selesai, kita bisa berdoa kepada Allah SWT agar Allah SWT memberkati seluruh peserta acara supaya diberi kebaikan, kesehatan, keselamatan di jalan pulang. Selain itu juga agar jika ada keputusan yang dicapai dalam acara tersebut bisa menjadi pembawa berkah bagi berbagai pihak.

Di sini kami akan menjelaskan dan membagikan kumpulan bacaan doa penutup acara dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah. Simak ulasannya yang lengkap sesuai sunnah dan berdasarkan hadits shahih di bawah ini.

Bacaan Doa Penutup Acara

doa penutup acara

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja berikut simak bacaan lafadz doa penutup acara formal, informal, rapat, seminar, lamaran, nikahan, buka bersama, dan lainnya dalam bahasa Arab, latin, dan artinya sesuai sunnah.

1. Doa Penutup Acara Rapat Kerja

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.

Artinya:
“Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah SWT, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku memohon ampunan dan bertaubat hanya pada-Mu.”

2. Doa Penutup Acara Formal

الْحَمْدُ لِلّه رَبّ الْعلمِيْن وَلصَّلاَةُ وَالسّلاَم عَلى اَشْرَفِ اْلاَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْن وَعَلى الِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْن اَمّا بَعْد

Artinya:
“Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang, hanya rahmat dan kasih sayang-Mu lah sehingga segala aktifitas kami dalam acara ini berjalan dengan lancar walaupun menguras waktu, tenaga dan pikiran. Dan hari ini Ya Allah kami berkumpul ditempat ini memanjatkan puji syukur kepada-Mu sekaligus menutup kegiatan kami. Ya Allah berkahilah segala aktifitas kami selama dalam mengikuti rangkain acara kami, dan jadikanlah sebagai amal ibadah di sisi-Mu. Untuk itu Ya Allah tetapkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada kami dan jadikanlah pertemuan ini sebagai pertemuan yang Engkau ridhoi.”

3. Doa Penutup Acara Seminar

 اَلّلهـمّ لاَسَـهْــلَ اِلاّ مَا جَعَـلَـهُ سَـهْـلاً

Artinya:
“Ya Allah, mudahkanlah segala urusan kami. Karena tidak ada yang mudah kecuali Engkau jadikan mudah.”

4. Doa Penutup Acara Halal Bi Halal

اَلّلهـمّ فْتَحَ عَلَيْنا اَبْوَابَ الْخـيْروَاَبْوابَ الْبَركَاة وَاَبْوابَ لنّعْمَه وَاَبْوابَ الرّزْقِ وَاَبْوابَ الْقُوة وَاَبْوابَ الصّحَةِ وَاَبْوابَ السّلامَة بِرَحْمَتِكَ ياَ اَرْحَمَ الرّحِمِـيْن

Artinya:
“Ya Allah, bukakanlah atas kami pintu kebajikan, pintu berkah, pintu rahmat, pintu kekuatan, pintu reski, pintu kesehatan, pintu keselamatan. Karena hanya Engkaulah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.”

5. Doa Penutup Acara Islam Resmi

اَلّلهـمّ اِنّاَ اَعُـوْذُ بِكَ مِنَ الهَـمِ وَالْحُزْنِ و َاَعُـوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجَـزِوَالْكَسْلِ

Artinya:
“Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari keragu-raguan hati dan duka cita. Dan kami berlindung kepada-Mu dari sifat lemah dan malas.”

6. Doa Penutup Acara Syukuran

رَبّنَا اَفْرغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبّتْ اَقْـدَامَنَا رَبّنَا آتِنَا فِى لدّنْيا حَسَنَة وَفِى الاَخِرَة حَسَنة وَقِنأ عَذَابً النّار سُبحَان رَبّكَ رَبّ العِزّةِ عَمّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ على الْمُرْسَليْن والْحَمْدُ لِلهِ رَبّ الْعَالَمِيْن

Artinya:
“Ya Allah, curahkanlah kesabaran atas kami, dan teguhkanlah pendirian kami terhadap cobaan dan kebenaran. Ya Allah, berkahilah semua ilmu yang kami dapat selama kegiatan ini, sehingga kami dapat mengamalkan setelah kami bubar dan kerumah masing-masing. Sehingga kami bisa menjadi suri tauladan dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.”

Bacaan Doa Penutup Majelis

Selain doa penutup acara di atas, kami juga memiliki doa, dzikir, dan wirid penutup majelis yang bisa Anda amalkan. Silahkan simak bacaan doa pentup majelis yang shahih, dalam bahasa Arab, latin, dan artinya berikut ini lengkap.

اللَّهُمَّ اقْسِمْ لَنَا مِنْ خَشْيَتِكَ مَا تَحُولُ بِهِ بَيْنَنَا وَبَيْنَ مَعَاصِيكَ ، وَمِنْ طَاعَتِكَ مَا تُبَلِّغُنَا بِهِ جَنَّتَكَ ، وَمِنَ الْيَقِينِ مَا تُهَوِّنُ عَلَيْنَا مَصَائِبَ الدُّنْيَا ، اللَّهُمَّ مَتِّعْنَا بأسْمَاعِنا ، وَأَبْصَارِنَا ، وقُوَّتِنَا مَا أحْيَيْتَنَا ، وَاجْعَلْهُ الوارثَ مِنَّا ، وَاجْعَلْ ثَأرَنَا عَلَى مَنْ ظَلَمَنَا ، وَانْصُرْنَا عَلَى مَنْ عَادَانَا ، وَلاَ تَجْعَلْ مُصيبَتَنَا فِي دِينِنَا ، وَلاَ تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا ، وَلاَ مَبْلَغَ عِلْمِنَا ، وَلاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لاَ يَرْحَمُنَا

Allahummaqsim lanaa min khosyyatika maa tahuulu bihi baynanaa wa bayna ma’aashik. Wa min thoo ’atika maa tubalighunaa bihi jannatak. Wa minal yaqiini maa tuhawwinu ‘alaynaa mashooibad dunya. Allahumma matti’na bi asmaa’inaa wa abshorina, wa quwwatinaa maa ahyyaytanaa, waj’alhul waaritsa minnaa, waj’al tsa’rona ‘ala man zholamanaa, wan-shurnaa ‘alaa man ‘aadaanaa, wa laa taj’al mushibatanaa fii diininaa wa laa taj’alid dunyaa akbara hamminaa, wa laa mablagho ‘ilminaa, wa laa tusallith ‘alaynaa mallaa yarhamunaa.

 
Kesimpulan
Mungkin cukup sekian pembahasan lengkap dari kami mengenai bacaan doa penutup acara, contoh doa penutup acara syukuran, teks doa penutup acara pengajian, teks doa penutup acara, teks doa penutup acara resmi, bacaan doa penutup acara, contoh doa penutup acara organisasi, doa pembuka dan penutup acara, doa untuk penutup acara.
 
Baca:

Tinggalkan komentar