Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu yang Pendek Lengkap

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa sebelum wudhu. Bila kita ingin menunaikan ibadah sholat wajib, sunnah, atau memasuki masjid, maka kita harus menyucikan diri terlebih dahulu. Caranya adalah dengan berwudhu menggunakan air bersih yang mengalir.

doa sebelum dan sesudah wudhu

Ada bacaan doa wudhu membasuh seluruh anggota badan, tapi selepas dari itu kita juga bisa mengamalkan bacaan lafadz doa sebelum dan sesudah wudhu. Doa ini tentu saja memiliki keutamaan sehingga banyak muslim dan muslimah yang mengamalkannya.

Doa ini berbeda dari doa wudhu yang dibaca sambil membasuh anggota tubuh, melainkan sama seperti tata cara berdoa, yakni dibaca dengan menadahkan kedua tangan, berdoa secara khusyuk dan tulus, serta berharap ridho Allah SWT semata.

Bagi yang belum mengetahuinya, maka di bawah ini kami akan menjelaskannya kepada Anda tentang bacaan doa sebelum berwudhu. Anda bisa menyimak selengkapnya pembahasannya pada lafadz, bacaan, doa di bawah berikut ini secara lengkap.

Bacaan Doa Sebelum Wudhu dan Artinya

doa sebelum wudhu

Berikut adalah bacaan lafadz doa sebelum wudhu yang bisa dipanjatkan pada saat kita akan melaksanakan wudhu untuk menyucikan diri. Doa ini dipanjatkan dalam bahasa Arab, latin, dan artinya atau terjemahan sesuai sunnah.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي جَعَلَ اْلمَاءَ طَهُوْرًا

Al-hamdu lillahilladzi ja’alal-ma’a tahuran.

Artinya:
"Segala puji hanyalah bagi Allah yang telah menjadikan Air suci lagi menyucikan."

Bacaan Doa Sesudah Wudhu dan Artinya

doa sesudah wudhu

Sementara itu jika sudah selesai wudhu, kita bisa membaca doa yang berbeda. Di bawah ini merupakan lafadz abcaan doa sesudah wudhu lengkap dalam bahasa Arab, latin, dan artinya yang benar atau sesuai sunnah lengkap.

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj’alnii min ‘ibadikash shaalihiina.

Artinya:
"Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh."

Kesimpulan
Sekian dulu pembahasan mengenai bacaan doa sebelum wudhu, tuliskan doa sebelum wudhu dan sesudah wudhu, doa setelah dan sebelum wudhu, doa melihat air sebelum wudhu, doa sesudah sebelum wudhu, doa bersuci sebelum wudhu, doa cuci tangan sebelum wudhu, doa mencuci tangan sebelum wudhu.

Baca: