Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Selamatan Hajatan Arab Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa selamatan. Selamatan sampai sekarang masih banyak dilaksanakan oleh umat muslim. Terutama mereka yang tinggal di Jawa dan Sumatera dan selamatan ini dilaksanakan dalam berbagai acara.

doa selamatan

Mulai dari selamatan bayi lahir, sunatan, ulang tahun, syukuran, motor baru, rumah anyar, tunangan, wisdua, berangkat haji dan umroh, serta masih banyak lagi. Tujuannya adalah untuk mendoakan agar mendapat berkah dan kebaikan dari Allah SWT.

Biasanya selamatan dilaksanakan dengan mengundang orang terdekat, tetangga, kerabat, teman, rekan kerja, dan sebagainya ke rumah untuk berdoa bersama. Kemudian mereka juga disuguhkan makanan dan minuman sebagai camilan untuk penutup doa atau setelah doa selesai.

Adapun dalam doa selamatan, sebenarnya tidak ada ketentuan khusus lafadz apa yang harus dipanjatkan, apa saja urutan doanya, dan sebagainya. Namun ada satu doa, wirid, atau dzikir yang rutin dipanjatkan dan di sini kami akan menjelaskan bacaan lafadznya secara lengkap.

Bacaan Doa Selamatan Arab Latin dan Artinya

Ini dia doa selamatan dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap. Mulai dari doa selamatan rumah, syukuran, motor baru, bayi, sunatan, ulang tahun, dan lainnya secara lengkap, sesuai sunnah, dan menurut hadits shahih lengkap.

1. Dzikir Selamatan Pertama

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِى مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُكَمَا يَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ.

Artinya:
"Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Dengan pujian yang sesuai (sebanding) dengan nikmatnya dan menjamin ditambah nikmatnya. Ya Tuhan kami,  bagi-Mu  segala  puji  dan  segala apa yang patut atas keluhuran Dzat-Mu dan kemulyaan serta keagungan  kekuasaan-Mu."

اَللهم صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىٰ آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللهم إِنَّا نَسْئَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلىٰ رَبِّنِا تَوَكَّلْنَا. اَللهم اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَوَسِّعْ لَنَا فِى دَارِنَا هٰذَا

Artinya:
"Ya Allah limpahkanlah rahmat ta’dhim atas junjungan kami, yaitu Nabi Muhammad dan juga keluarga junjungan kami, yaitu Nabi Muhammad. Ya Allah sesungguhnya  kami memohon kepada-Mu sebaik-baik tempat masuk dan sebaik-baik tempat keluar,dengan nama Allah kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan kepada Tuhan kami, kami bersesah diri. Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami dan lapangkanlah bagi kami di rumah-rumah kami ini."

اَللهم بَارِكْ لَنَا فِى أَرْزَقِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى مَعِيْشَتِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى بُيُوْتِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى عُمْرِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى أُمُوْرِنَا.

Artinya:
"Ya Allah berkahilah rizki-rizki kami, berkahilah kehidupan kami, berkahilah rumah-rumah kami, berkahilah umur kami, dan berkahilah urusan-urusan kami."

2. Dzikir Selamatan Kedua

اَللهم سَلِّمْنَا وَسَلِّمْ دِيْنَنَا وَسَلِّمْ أَجْسَادَنَا وَسَلِّمْ أَمْوَالَنَا مِنْ بَلآءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الْآخِرَةِ. رَبَّنَا أَدْخِلْنَا مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنَا مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا

Artinya:
"Ya Allah selamatkanlah kami, agama kami, fisik-fisik kami, harta benda kami dari bencana dunia dan siksa akhirat. Ta Tuhan kami,masukkanlah kami dengan cara yang benar dan keluarkanlah kami dengan cara yang benar dan berikanlah kepada kami dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong."

وَصَلىَّ اللهُ عَلىٰ سَـيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلىٰ اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya:
"Semoga rahmat ta’dhim Allah selalu dilimpah-kan kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan kepada keluarganya serta para sahabatnya dan semoga Allah memberi keselamatan."

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ اْلعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ .. اَلْفَاتِحَهْ ....                         

Maha Suci Tuhanmu yang mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan, Dan kesejahteraan dilimpahkan atas para rasul, dan segala puji bagi allah Tuhan semesta alam.

Kesimpulan
Mungkin cukup sekian pembahasan lengkap dari kami mengenai bacaan doa selamatan, bacaan doa selamatan kenduri, doa hajatan selamatan, doa untuk selamatan, doa acara selamatan, doa kenduri selamatan jawa, doa kenduri selamatan, doa hajatan selamatan pdf, doa untuk selamatan rumah.

Baca: