Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dua Kalimat Syahadat dan Artinya dalam Al-Quran

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa kalimat syahadat. Syahadat adalah dua kalimat yang dibaca pada saat seseorang baru pertama masuk Islam, menyatakan diri sebagai mualaf, dan sebagai permohonan bahwa kita yakin Allah SWT sebagai Tuhan dan Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul-Nya.

kalimat syahadat

Tentu saja akan banyak keutamaan dan manfaat dari memanjatkan doa ini. Sebab dengan melafadzkannya kita menyatakan siap memenuhi segala kewajiban sebagai umat Islam dan siap menjauhi larangan-Nya untuk menghindari dosa.

Nah pada kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang kalimat syahadat. Kami akan menjelaskannya secara lengkap dalam bacaan lafadz yang benar, tulisan bahasa Arab, latin, dan teks bahasa Indonesia sesuai sunnah.

Tap sebelum masuk ke pembahasan inti, alangkah baiknya kita simak pembahasan mengenai pengertian kalimat syahadat dan keutamaan terlebih dahulu. Silahkan simak pada pembahasan lengkap di bawah ini terlebih dahulu.

Pengertian Kalimat Syahadat

Syahadat merupakan asas dan dasar dari lima rukun Islam. Ia juga dikenal sebagai ruh, inti, dan landasan seluruh ajaran Islam. Kalimat ini berasal dari bahasa Arab yang artinya ia telah menyaksikan.

Syahadat juga dinamakan dengan syahadatain karena terdiri dari 2 kalimat. Kalimat pertama dinamakan syahadah at tauhid dan kalimat kedua merupakan syahadah ar-rasul. Artinya ia telah menyaksikan tauhid dan rasul alias mempercayainya.

Ddalam pengakuan ketahuidan, dengan membaca syahadat seorang muslim hanya mempercayai Allah sebagai satu-satunya Tuhan dan tiada Tuhan yang lain selain Allah. Allah merupakan Tuhan dalam arti sesuatu yang menjadi tujuan atau motivasi dalam menjalani kehidupan.

Sementara dalam pengakuan kerasulan, maka seorang muslim memantapkan dirinya untuk meyakini ajaran Allah. Ajaran yang dimaksud adalah yang disampaikan oleh Rasul Allah SWT, yakni Muhammad SAW.

Bacaan Doa Kalimat Syahadat

kalimat syahadat

Langsung saja silahkan simak bacaan doa dua kalimat syahadat masuk Islam bagi muslim dan muslimah. Dua kalimat syahadat asli, benar, dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia atau artinya bisa dilihat pada bacaan di bawah ini.

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ
وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ

Ašhadu 'al lā ilāha illa l-Lāh wa ʾašhadu ʾanna muḥammadar rasūlu l-Lāh.

Artinya:
"Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah."

Kesimpulan
Demikian singkat dan jelas pembahasan dari kami mengenai doa kalimat syahadat, melafalkan dua kalimat syahadat termasuk, tuliskan dua kalimat syahadat, kalimat dua syahadat, kalimat 2 syahadat arab, kalimat syahadat ada dua yaitu, kalimat syahadat saat salat dibaca ketika, kalimat syahadat kaligrafi.

Baca: