Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kalimat Tauhid Diucapkan untuk Apa Beserta Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa kalimat tauhid. Tauhid dalam agama Islam secara bahasa Arab adalah bentuk dasar dari fi'il wahhada-​yuwahhidu (dengan huruf ha di tasydid), yang artinya menjadikan sesuatu satu saja, yang dimaksud di sini adalah Allah SWT.

kalimat tauhid

Tauhid merupakan dasar agama Islam yang diungkapkan dalam frasa “Lā ilāha illallāh”. Dalam artian ini, kita mengungkapkan keyakinan bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT, tiada yang wajib kita sembah selain diri-Nya yang satu dan esa.

Umat muslim tentu saja wajib meyakini kalimat ini sebagai salah satu kalimat thayyibah. Yaitu adalah kalimat kebaikan atau sifat baik yang dimiliki oleh Allah SWT. Dan ini biasanya sudah kita pelajari sejak masih kecil di TK, SD, atau tempat ngaji.

Pada kesempatan ini kami ingin menjelaskan kepada Anda mengenai bacaan doa kalimat tauhid yang benar, lengkap, sesuai sunnah. Bila belum tahu silahkan simak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah.

Bacaan Doa Kalimat Tauhid

tauhid

Langsung saja silahkan simak bacaan doa kalimat tauhid atau yang berarti tidak ada yang berhak disembah selain Allah SWT. Kalimat ini kami tulis dalam bahasa Arab, latin, dan artinya serta bisa disalin atau copy paste.

آإِلَهَ إِلاَّ الله

Laa ilaaha illallah.

Artinya:
"Tidak ada Tuhan selain Allah."

Keutamaan Tauhid dalam Agama Islam

Pada saat membacanya dengan khusyuk, insyaallah kita akan mendapatkan banyak keutamaan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

“Engkau terbebas dari neraka.” (HR. Muslim no. 873).

“Barangsiapa yang akhir perkataannya sebelum meninggal dunia adalah ‘la ilaha illallah’, maka dia akan masuk surga” (HR. Abu Daud. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Misykatul Mashobih no. 1621).

“Katakanlah padaku wahai Rasulullah, ajarilah aku amalan yang dapat mendekatkanku pada surga dan menjauhkanku dari neraka, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,” Kalimat itu (laa ilaha illallah, pen) merupakan kebaikan yang paling utama. Kalimat itu dapat menghapuskan berbagai dosa dan kesalahan.” (Dinilai hasan oleh Syaikh Al Albani dalam tahqiq beliau terhadap Kalimatul Ikhlas, 55).

“Zikir yang paling utama adalah bacaan ‘laa ilaha illallah’.” (Dinilai hasan oleh Syaikh Al Albani dalam tahqiq beliau terhadap Kalimatul Ikhlas, 62).

“Barangsiapa mengucapkan ‘laa il aha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ’ala kulli syay-in qodiir’ maka baginya sama dengan sepuluh budak (yang dimerdekakan, pen), dicatat baginya 100 kebaikan, dihapus darinya 100 kejelekan, dan dia akan terlindung dari setan pada siang hingga sore harinya, serta tidak ada yang lebih utama darinya kecuali orang yang membacanya lebih banyak dari itu.” (HR. Bukhari no. 3293 dan HR. Muslim no. 7018).

“Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” (QS. Al Imran: 18).

“kecuali mereka mengetahui yang hak (tauhid) dan mereka meyakini(nya)” (QS. Az Zukhruf: 86).

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar” (QS. Al Hujurat: 15).

Kesimpulan
Demikian singkat dan jelas pembahasan dari kami mengenai doa kalimat tauhid, makna kalimat tauhid lailahaillallah, tulisan arab kalimat tauhid, arti kalimat tauhid, syarat kalimat tauhid, gambar kalimat tauhid, kalimat syahadat tauhid, kalimat syahadat tauhid yang benar adalah, kalimat syahadat tauhid adalah.

Baca: