Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

8 Kalimat Thayyibah Beserta Penjelasan Arab Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Kalimat thaiyyibah. Kalimat thayyibah adalah kalimat-kalimat kebaikan yang bila diucapkan akan mendapatkan pahala dari Allah sWT. Kalimat ini merupakan kalimat yang baik tentang Allah SWT.

kalimat thayyibah

Ada berbagai macam kalimat thayyibah, mulai dari tauhid, basmallah, salam, hauqalah, tasbih, istirja, istighfar, tahmid. Masing-masing dibaca sesuai kondisi dan keadaan tertentu berdasrkan kejadian dan ditujukan hanya kepada Allah Ta'ala semata.

Pada saat masih kecil kalimat ini sangat sering diajarkan oleh guru kepada kita. Tujuannya tak lain supaya dalam keseharian kita, bisa mengamalkan dan memanjatkan kalimat yang baik ini. Tapi mungkin sebagian dari kita sudah melupakannya.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan menjelaskan bacaan lafadz doa kalimat thayyibah yang benar, sesuai sunnah, dalam bahasa Arab, latin, dan artinya atau terjemahan Indonesia sesuai sunnah. Silahkan simak pada pembahasan di bawah ini.

Bacaan Doa Kalimat Thayyibah yang Benar

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja berikut adalah lafadz kumpulan bacaan doa kalimat thayyibah atau kalimat baik kepada Allah SWT. Simak ulasannya pada pembahasan bahasa Arab, latin, dan artinya.

1. Kalimat Tauhid

Kalimat tauhid dibaca untuk mengungkapkan bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah SWT. Berikut bacaannya dalam bahasa Arab, latin, dan artinya lengkap.

آإِلَهَ إِلاَّ الله

Laa ilaaha illallah.

Artinya:
"Tidak ada Tuhan selain Allah."

2. Kalimat Basmallah

Kalimat basmallah untuk mengungkapkan bahwa Allah SWT maha pemurah lagi maha penyayang. Kalimat ini dibaca untuk mengawali doa-doa lain yang biasa diapanjatkan sehari-hari.
بسم الله الرحمن الرحيم

Bismi-llaahi ar-raḥmaani ar-raḥiimi.

Artinya:
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."

3. Kalimat Salam

Kalimat salam dibaca pada saat menyelesaikan sesuatu, entah itu tugas, sholat, berpisah dari orang lain, selesai mengerjakan sesuatu, dan masih banyak lagi.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Artinya:
"Salam damai untukmu dan semoga Rahmat serta Keberkahan Allah menyertaimu."

4. Kalimat Hauqalah

Kalimat ini dipanjatkan sebagai dzikir dan wirid untuk mengingat Allah SWT yang telah memberi kita pertolongan dan kekuatan.

لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Laa Hawla wala quwwata illa billah.

Artinya:
"Tidak ada daya dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

5. Kalimat Tasbih

Kalimat tasbih untuk memuji ciptaan Allah SWT. Berikut lafadz bacaan doanya dalam bahasa Arab, latin, dan teks bahasa Indonesia yang lengkap.

سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى

Subhaanahuu wa ta’aalaa.

Artinya:
"Maha Suci Dia dan Maha Tinggi."

6. Kalimat Istirja

Kalimat ini dibaca pada saat mendengar kabar duka atau orang yang telah meninggal dunia. Berikut adalah lafadz teks bacaan doa lengkapnya.

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un.

Artinya:
"Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali."

7. Kalimat Istighfar

Bacaan kalimat istighfar ditujukan untuk memohon ampun atas dosa dan kesalahan yang pernah dibuat. Berikut adalah lafadz bacaan doanya dalam bahasa Arab, latin, dan teks terjemahan Indonesia yang benar secara lengkap.

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

Astaghfirullahal Adzim.

Artinya:
"Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung."

8. Kalimat Tahmid

Kalimat tahmid ditujukan untuk mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Allah SWT atas berkah dan kebaikan yang Dia berikan kepada seluruh alam di dunia ini.

الحمد لله رب العالمين 

Alhamdulillahirabbil aalamiin.

Artinya:
"Segala puji bagi Allah Ta’ala Pemelihara seluruh alam."

Kesimpulan
Demikian singkat dan jelas pembahasan dari kami mengenai doa kalimat thayyibah, kaligrafi kalimat thayyibah, mengucapkan kalimat thayyibah termasuk perbuatan, sebutkan contoh kalimat kalimat thayyibah, jelaskan hikmah membaca kalimat thayyibah alhamdulillah, contoh kalimat thayyibah beserta artinya, lawan dari kalimat thayyibah adalah.

Baca: