Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Bangun Tidur Bahasa Arab Beserta Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa bangun tidur. Ketika kita baru bangun tidur, kita dianjurkan untuk memanjatkan doa telrebih dahulu. Doa ini dipanjatkan untuk mensyukuri nikmat Allah SWT karena telah diberi tidur nyenyak dan energi yang penuh di pagi hari.

doa bangun tidur

Di kesempatan sebelumnya kami sudah menjelaskan tentang doa sebelum tidur. Doa tersebut juga merupakan satu bagian dari doa yang akan kami bahas ini, bila memanjatkannya tentu saja akan ada banyak kebaikan yang akan diberikan oleh Allah SWT.

Biasanya doa ini diajarkan kepada anak kecil ketika berada di bangku PAUD, TK, SD, dan oleh guru ngaji. Tapi mungkin dewasa ini mulai banyak muslim yang mengabaikannya, tanyakan pada diri kita, apa kita kerap membaca doa pada saat bangun tidur, bahkan mengucap alhamdulillah saja?

Nah maka dari itu mari kita mulai rajin mengamalkan bacaan doa ini, bukan hanya diajarkan saja kepada yang lebih kecil tapi diri kita tidak memberi contoh yang seharusnya. Untuk yang ingin tahu berikut simak saja bacaan lafadz doa bangun tidur secara lengkap.

Bacaan Doa Bangun Tidur dan Artinya

doa bangun tidur

Sama halnya dengan doa tidur, dalam doa bangun tidur juga ada berbagai macam bacaan. Ada doa yang pendek yang biasanya diajarkan kepada anak kecil, ada juga doa yang lebih panjang yang memiliki banyak keutamaan. Simak keduanya di bawah ini.

1. Doa Bangun Tidur Pendek

Berikut merupakan bacaan doa tidur pendek untuk anak dalam bahasa Arab, latin, dan artinya. Doa ini juga menjadi bagian dari doa sehari-hari anak, dan biasanya diajarkan pada saat anak masih TK, SD, atau oleh guru ngaji.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur.

Artinya:
"Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kami semua akan dihidupkan kembali."

2. Doa Bangun Tidur Lengkap

Sementara itu di bawah ini merupakan abcaan doa bangun tidur lengkap. Doa ini memiliki banyak keutamaan salah satunya memohon kepada Allah SWT supaya kita dilancarkan aktivitas sehari-hari, mensyukuri berkah pagi, dan sebagainya.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِيْ جَسَدِيْ، وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ، وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ

Alhamdullillahilladzi afaaniy fii jasadiy, wa rodda alayya ruhiy, wa adina lii bi dzikrih.

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan telah mengembalikan ruhku serta mengizinkanku untuk berdzikir kepada-Nya."

Kesimpulan
Sekian dulu pembahasan mengenai bacaan doa bangun tidur, doa bangun tidur syekh ali jaber, maksud doa bangun tidur, baca doa bangun tidur, doa selepas bangun tidur, doa tidur dan bangun tidur, doa setelah bangun tidur, doa mau tidur dan bangun tidur.

Baca: