Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Beserta Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa belajar. Menuntut ilmu merupakan hal yang sangat penting dilakukan semua manusia di muka bumi, tak terkecuali umat Islam. Tapi kita harus memilah-milih ilmu mana yang kita pelajari, jangan sampai menjadi ajaran yang menyesatkan diri kita sendiri.

doa sebelum dan sesudah belajar

Ketika telah menentukan apa saja yang akan kita pelajari di dunia ini, maka kita juga dianjurkan untuk memanjatkan lafadz bacaan doa sebelum dan sesudah belajar dalam agama Islam. Sehingga, ilmu yang kita pelajari menjadi berkah dan kebaikan untuk bersama.

Pelajaran yang dimaksud tidak hanya meliputi pelajaran di sekolah atau instansi pendidikan formal. Melainkan juga pelajaran nonformal seperti di seminar, pengajian, workshop, private learning, online learning, dan masih banyak lagi.

Lalu, bagaimana doa belajar dalam agama Islam yang dianjurkan? Bagi yang belum mengetahuinya silahkan simak ulasan lengkap dalam bahasa Arab, latin, dan artinya berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Bacaan Doa Belajar dalam Islam dan Artinya

Tanpa banyak basa basi kembali, berikut langsung saja silahkan simak lafadz bacaan doa sebelum dan sesudah belajar dalam agama Islam secara lengkap. Doa ini ditulis dalam bahasa Arab, latin, serta artinya atau terjemahan Indonesia.

1. Doa Sebelum Belajar dalam Islam

doa sebelum belajar

Doa ini dipanjatkan pada saat akan belajar, tujuannya supaya kita bisa fokus menerima materi pelajaran atau ilmu, serta tidak diganggu syaitan dan jin yang terkutuk. Berikut lafadz bacaan doanya secara lengkap sesuai sunnah.

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا


Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya:
"Kami ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik."

2. Doa Sesudah Belajar dalam Islam

doa sesudah belajar

Doa setelah belajar ini dipanjatkan untuk bersyukur kepada Allah SWT atas ilmu yang diberikan, tujuannya adalah untuk meminta kepada-Nya supaya ilmu yang kita peroleh bisa bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan agama.

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ


Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam."

Keutamaan Belajar Menurut Islam

Ketika menuntut ilmu atau belajar, entah itu di lembaga pendidikan formal, nonformal, atau lingkungan, ada keutamaan yang akan diperoleh. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Memudahkan Seseorang Mendapatkan Surga

"Barang siapa menelusuri jalan untuk mencari ilmu padanya, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga." (HR. Muslim)

2. Ilmu Sebagai Amal Jariyah

"Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu, sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do'a anak yang sholeh" (HR. Muslim no. 1631)

3. Diangkat Derajatnya Oleh Allah

Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat..." (QS. Al-Mujadilah (58): 11)

4. Takut dengan Allah SWT

"Dan demikian pula di antara manusia, makhluk bergerak yang bernyawa, dan hewan-hewan ternak ada yang bermacam-macam warnanya dan jenisnya. Di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya hanyalah para ulama. Sungguh, Allah Maha Perkasa, Maha Pengampun." (Surah Fatir 28)

5. Diberi Kebaikan Dunia Akhirat

"Barangsiapa yang Allah kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia tentang agama." (HR. Bukhari no. 71 dan Muslim No. 1037)

Kesimpulan

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan kita mengenai bacaan doa belajar, doa mula belajar, doa untuk belajar, doa sebelum dan sesudah belajar, doa untuk anak pandai belajar, doa sebelum belajar dan artinya, doa sebelum belajar islam, doa sesudah belajar dan artinya.

Baca: