Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Bercermin, Berhias, Berkaca Sesuai Sunnah dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa bercermin. Setiap kita memandang cermin, untuk sekedar berkaca, menyisir rambut, berdandan, atau menggunakan makeup, sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk membaca doa. Doa dipanjatkan sebagai bentuk permohonan perlindungan kepada Allah SWT.

doa bercermin

Apa perlindungan yang kita minta? Yaitu perlindungan akan syaitan yang terkutuk. Sebab bisa saja ketika memandang diri sendiri di cermin, kita merasa lebih tampan atau cantik dibanding siapapun, ini merupakan sifat sombong yang seharusnya kita hindari.

Doa bercermin juga merupakan salah satu doa sehari-hari Islam yang dulu sering kita pelajari ketika masih TK atau SD. Tapi mungkin karena kesibukan atau hal-hal lainnya, kita kerap melupakan diri untuk memanjatkan lafadz doa tersebut.

Untuk itu pada kesempatan ini kami ingin mengajak kembali agar kita sama-sama bisa memanjatkan doa bercermin, berkaca, berhias, berdandan, dan sebagainya. Anda bisa langsung menyimaknya pada ulasan pembahasan di bawah berikut ini.

Bacaan Lafadz Doa Bercermin dan Artinya

doa bercermin

Tanpa banyak basa basi kembali, berikut bacaan lafadz doa bercermin, berhias, dan berkaca. Membaca doa dzikir dan wirid berikut ini yang mustajab saat memandang kaca dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap.

1. Doa Bercermin Arab Latin dan Artinya

Ketika kita melihat cermin untuk memandang apakah penampilan diri kita sudah cantik dan tampan, maka kita juga bisa sambil membaca doa berikut. Tujuannya supaya kita tidak terhasut syaitan yang memunculkan sifat sombong karena memandang diri kita.

اَلْحَمْدُ لِلهِ كَمَا حَشَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِىْ


Alhamdulillahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii.

Artinya:
"Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku."

2. Doa Berhias Arab Latin dan Artinya

Bila kita ingin berhias atau berdandan, memakai baju, menggunakan makeup, dan menyisir rambut, berikut amalan doa yang bisa dipanjatkan. Simak dalam lafadz bacaan doa bahasa Arab, latin, dan artinya secara lengkap.

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ


Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii.

Artinya:
"Ya allah, sebagaiman Engkau telah membaguskan penciptaanku, maka baguskanlah pula akhlakku."

3. Doa Berkaca Arab Latin dan Artinya

Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah SWT untuk memperbaiki rupa kita. Bukan hanya rupa dalam penampilan fisik saja melainkan rupa dalam hati yang artinya memperbaiki sikap dan perilaku kita di hadapan orang lain.

الَّلهُمَّ حَسَّنْتَ خَلّقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي


Allahumma hassinta khalqii fahassin khuluqii.

Artinya:
"Ya Allah, (sebagaimana) Engkau membaguskan rupaku, baguskanlah pula akhlakku."

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari kami mengenai bacaan doa bercermin, doa bercermin shahih, arti doa bercermin, arti doa bercermin yaitu, bacaan doa bercermin, tuliskan doa bercermin, ok google doa bercermin, doa ketika bercermin, doa nabi yusuf saat bercermin, doa ketika bercermin agar wajah bercahaya, doa saat bercermin agar terlihat cantik.

Baca: