Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Berpakaian Baju Baru Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa berpakaian. Setiap kita melakukan aktivitas atau perbuatan, sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk memanjatkan doa terlebih dahulu. Termasuk saat berpakaian atau mengenakan baju, kita juga dianjurkan memanjatkan doa.

doa berpakaian

Sebelumnya kami juga sudah membahas perihal doa bercermin, doa itu dipanjatkan ketika kita sedang berkaca atau berdandan di depan cermin. Sementara itu, doa berpakaian yang akan kami bagikan ini memiliki tujuan dan fungsi berbeda.

Keutamaan dari doa ini adalah bersyukur kepada Allah SWT serta memohon kepada-Nya agar pakaian atau baju yang kita kenakan bisa menjadi berkah dan pembawa kebaikan atau rezeki. Doa ini bisa diamalkan saat mengenakan atau melepas pakaian.

Nah bagi yang penasaran mengenai teks, lafadz, atau bacaan doanya, maka pada kesempatan ini kami akan mengulasnya secara lengkap untuk Anda. Silahkan simak pembahasannya dalam bahasa Arab, teks latin, beserta artinya di bawah ini.

Bacaan Doa Berpakaian Sesuai Sunnah

doa berpakaian

Ini dia doa mustajab yang bisa dipanjatkan laki-laki dan wanita ketika berpakaian, memakai baju, gaun, celana, topi, sepatu, dan lainnya dalam bahasa Arab, latin, beserta artinya. Doa berpakaian ini cocok juga dipanjatkan untuk anak TK atau SD karena mustajab.

1. Doa Mengenakan Pakaian

Pada saat mengenakan pakaian, baju, kaos, busana, gaun, atau semacamnya, dianjurkan membaca doa untuk memohon supaya pakaian tersebut menjadi rezeki untuk kita. Berikut lafadz bacaan doanya.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ


Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin.

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku."

2. Doa Melepas Pakaian

Pada saat melepas dan membuka pakaian atau baju, maka doa yang dipanjatkan berbeda. Berikut lafadznya dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah.

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ


Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu.

Artinya:
"Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya."

Adab Ketika Berpakaian dan Melepas Pakaian

Pada saat berpakaian atau melepas pakaian, ada beberapa adab yang harus dilakukan seorang muslim. Adab tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Melafadzkan doa ketika berpakaian (mengenakan baju) dan berdoa ketika melepas pakaian.
  • Jangan berlama-lama ketika mengganti baju, usahakan dilakukan dengan cepat namun tidak terburu-buru.
  • Letakkan baju kotor pada tempatnya, yaitu di keranjang pakaian kotor.
  • Gunakan pakaian baru yang bersih dengan rapi mulai dari baju hingga celana.
  • Jangan bernyanyi atau berteriak di ruang ganti (kamar), kecuali jika keadaan mendesak.
  • Berhias secukupnya, seperti memakai parfum, menyisir rambut, dan memotong kuku yang panjang.
  • Rapihkan lemari, kasur dan seluruh bagian kamar atau ruang ganti setelah selesai mengganti pakaian.

Kesimpulan

Sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami mengenai doa berpakaian, bacaan doa berpakaian, tuliskan doa berpakaian, berikut yang merupakan doa berpakaian adalah, doa ketika berpakaian, doa adab berpakaian, doa setelah berpakaian, doa ketika hendak berpakaian, doa cara berpakaian, doa dalam berpakaian.

Baca: