Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Keluar Rumah Latin dan Artinya Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa keluar rumah. Ketika kita bepergian, ada banyak hal yang seharusnya kita persiapkan. Mulai dari barang-barang yang ingin dibawa, keselamatan, hingga yang tak kalah penting adalah membaca doa kepada Allah SWT.

doa keluar rumah

Doa yang dipanjatkan adalah doa keluar rumah, berbeda dengan doa masuk rumah yang telah kami bahas sebelumnya. Dalam doa keluar rumah, dibaca pada saat kita ingin bepergian sebentar dalam jangka waktu singkat tau bepergian jauh dalam jangka waktu lama.

Mulai dari ketika hendak pergi sekolah, berbelanja ke pasar atau warung, bekerja ke kantor, melakukan perjalanan bisnis ke luar kota, berlibur ke luar negeri dalam beberapa hari, mudik lebaran, dan sebagainya. Pada saat itu kita dianjurkan membaca doa sebagai umat muslim.

Doa ini sebenarnya sudah banyak diketahui, karena diajarkan pada saat kita masih kecil dan termasuk ke dalam rangkuman doa sehari-hari Islam. Tapi mungkin sudah ada yang lupa bagaimana bacaan doanya maka dari itu di kesempatan ini kami akan menerangkannya kepada Anda.

Bacaan Lafadz Doa Keluar Rumah dan Artinya

doa keluar rumah

Tanpa banyak basa basi kembali, berikut adalah ulasan lengkap mengenai bacaan teks lafadz doa ketika keluar rumah jika ingin bepergian. Lafadz doa ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia atau artinya secara lengkap.

1. Doa Keluar Rumah Sebentar

Jika Anda hendak keluar rumah untuk waktu yang sebentar, seperti belanja, ke warung, sekolah, pergi bekerja, dan lain sebagainya, maka bacalah doa pendek ini. Doa ini juga sering diajarkan pada anak usia TK, SD, atau SMP.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِالله


Bismillaahi tawakkaltu 'alallaahi laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi.

Artinya:
"Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan pertologan Allah."

2. Doa Keluar Rumah untuk Bepergian

Sementara itu bila ingin bepergian agak lama, misalnya ingin jalan-jalan, ada dinas luar kota, mudik ke kampung halaman, dan sebagainya, maka bacalah doa mustajab keluar dari rumah di bawah ini sesuai sunnah.

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ


Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli

Artinya:
"Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

Fadhilah Keistimewaan Doa Keluar Rumah

Dengan memanjatkan doa keluar rumah, akan ada banyak keutamaan, keistimewaan, manfaat, dan fadhilah yang bisa kita dapatkan. Sehingga, doa-doa tersebut tak boleh kita tinggalkan, fashilahnya di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, Allah SWT akan melindungi kita dari berbagai keburukan, marabahaya, dan bencana.
  • Allah SWT akan melindungi kita dari godaan syaitan yang terkutuk.
  • Selalu berada dalam lindungan-Nya.
  • Mengamalkan sunnah dari Nabi Muhammad SAW.
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari kami mengenai bacaan doa keluar rumah, doa keluar rumah sesuai sunnah, doa keluar rumah ustaz don, doa keluar rumah rumaysho, doa keluar rumah dan masuk rumah, doa keluar rumah bismillahi tawakkaltu, doa keluar rumah beserta artinya, doa keluar rumah sahih.

Baca: