Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Masuk Pasar Sesuai Sunnah Arab dan Latinnya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa masuk pasar. Setiap periode tertentu manusia butuh masuk pasar, terutama untuk belanja barang kebutuhan sehari-hari. Sehingga tidak heran bila pasar selalu penuh sesak oleh manusia yang ingin berbelanja.

doa masuk pasar

Tidak hanya pasar, melainkan warung, toko, supermarket, mall, minimarket, dan sebagainya juga sering dikunjungi orang untuk berbelanja. Pada dasarnya ada banyak barang kebutuhan yang kita perlukan mulai dari urusan dapur, rumah tangga, dan sebagainya.

Tapi kadang hal yang dilupakan oleh orang yang ingin ke pasar, entah itu penjual atau pembeli adalah memanjatkan doa masuk pasar. Doa ini ditujukan untuk memohon keselamatan dari berbagai hal yang buruk yang mungkin terjadi ketika berada di pasar.

Selain itu, kita juga perlu mematuhi adab ketika masuk pasar atau departemen store. Sebab pasar atau market adalah tempat umum, bukan tempat pribadi kita bersama keluarga. Di sini, kami akan menjelaskan tentang doa masuk pasar dan adab memasuki serta belanja di pasar.

Bacaan Doa Masuk Pasar dan Artinya

doa masuk pasar

Tanpa banyak basa basi lagi, berikut adalah lafadz bacaan doa ketika masuk pasar, mall, supermarket, market, warung kelontong, toko, dan semacamnya. Doa sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih ini ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan artinya.

1. Doa Masuk Pasar Sesuai Sunnah

لَا إِلَـهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ


Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah lahulmulku walahulhamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu biyadihil khoiir wa huwa ‘alaa kulli syai’in qodiir.

Artinya:
"Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan, bagiNya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tanganNya semua kebaikan. Dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."

2. Doa Masuk Pasar yang Shahih

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ


Laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariika lah, lahul-mulku wa lahul-hamdu, wa huwa ‘ala kulli syai’in qodiir.

Artinya:
"Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."

Adab Masuk Pasar bagi Seorang Muslim

Adab masuk pasar perlu dipahami setiap muslim, serta sebisa mungkin juga diamalkan untuk mendapatkan berkah dan kebaikan selama beraktivitas di dalamnya. Berikut adab masuk pasar bagi seorang muslim.

  • Ketika hendak melakukan suatu kegiatan apapun sebaiknya diawali dengan berdoa, begitupun saat memasuki pasar.
  • Adab masuk pasar yang kedua adalah harus memperbanyak dzikir, pada hakikatnya, berdzikir merupakan salah satu cara untuk meminta perlindungan dari segala godaan syaitan.
  • Meskipun di dalam pasar terkadang sangat bising, namun kita tidak boleh menyaringkan suara atau bahkan berteriak.
  • Adab berikutnya, sebaiknya kita tidak mengotorinya dengan berbagai macam sampah. Karena hal ini hanya akan melumpuhkan arus jalanan dan menjadi sumber bau yang menganggu
  • Selanjutnya, ketika ke pasar hendaknya kita membeli barang atau bahan yang memang diperlukan saja.
  • Sebagai pembeli maupun penjual, harusnya kita bisa bersikap ramah.
  • Pasar menjadi tempat berkumpulnya banyak orang, baik laki-laki maupun perempuan. Maka dari itu, sudah seharusnya kita bisa menjaga pandangan terhadap lawan jenis yang bukan mahram.
  • Jujur menjadi salah satu perilaku terpuji dalam Islam, yang memang semestinya kita miliki.

Kesimpulan

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan kita mengenai bacaan doa masuk pasar, doa masuk pasar dan keluar pasar, doa masuk pasar dan artinya, doa masuk pasar shahih, kelebihan doa masuk pasar, keutamaan doa masuk pasar, bacaan doa masuk pasar, hadits doa masuk pasar, doa ketika masuk pasar, doa mau masuk pasar, doa nabi ketika masuk pasar.

Baca: