Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Masuk Rumah yang Pendek dan Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa masuk rumah. Ketika datang ke rumah sendiri atau orang lain (bertamu), kita tidak hanya harus memajatkan doa keluar rumah pada saat meninggalkannya saja. Melainkan, saat baru pertama kali datang kita juga dianjurkan membaca doa masuk rumah.

doa masuk rumah

Pada dasarnya doa ini sering kita pelajari pada saat masih kecil di TK atau SD dulu. Tapi, mungkin di masa sekarang doa tersebut sudah sangat jarang kita amalkan, bahkan kadang kita lupakan serta hanya mengucap assalamualaikum saja.

Meksi hukumnya sunnah, tapi dengan memanjatkan doa ini kita memenuhi adab bertamu dan masuk rumah dalam agama Islam. Keutamaan serta keistimewaannya juga sangat banyak yang bisa kita dapatkan atau peroleh.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami ingin menuliskan teks, lafadz, bacaan doa ketika masuk rumah dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia atau artinya sesuai sunnah. Simak selengkapnya pada uraian di bawah ini.

Bacaan Doa Masuk Rumah Sesuai Sunnah

doa masuk rumah

Di bawah ini merupakan teks, lafadz, dan bacaan do masuk rumah baru, apartemen, hunian kos dan kontrakan yang benar, sesuai sunnah, mutajab, agar syaitan tidak menghuni dan mengganggu kita di dalam rumah. Doa dalam bahasa Arab, latin, dan artinya.

1. Doa Masuk Rumah Baru

Ketika memasuki rumah baru, maka kita harus memanjatkan doa kepada Allah SWT. Tujuannya supaya rumah atau hunian baru kita diberkahi oleh-Nya dan dijauhkan dari segala macam keburukan.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ


Assalaamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihiina.

Artinya:
"Salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang sholeh."

2. Doa Masuk Rumah Arab Latin dan Artinya

Sementara itu bila memasuki rumah tinggal biasa, maka ada doa berbeda yang bisa kita panjatkan. Doa ini sering diajarkan keapada anak-anak pada saat PAUD, TK, atau SD. Berikut lafadz bacaannya secara lengkap.


اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا


Alloohumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa ‘alallohi robbinaa tawakkalnaa.

Artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal."

Adab Seorang Muslim Saat Memasuki Rumah

Tidak hanya berdoa, seorang muslim juga harus mematuhi adab-adab yang berlaku pada saat masuk ke rumah. Apa saja? Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memasuki rumah, apartemen, hunian, kontrakan, atau kos sendiri dan orang lain.

  • Pertama, mengawali masuk rumah dengan mengucap salam.
  • Dianjurkan untuk mengamalkan doa masuk rumah ketika menginjakkan kaki ke dalam rumah.
  • Duduk ketika dipersilahkan.
  • Menjaga sopan santun, ramah senyum, jangan bermuka masam atau jutek.
  • Menerima pemberian dari tuan rumah, baik itu makanan maupun minuman yang disajikan.
  • Tidak bertingkah seperti di rumah sendiri, misalnya masuk ruangan lain tanpa izin pemilik rumah.
  • Setelah selesai dan ingin pulang, ucapkan salam kepada pemilik rumah dan amalkan doa keluar rumah.

Kesimpulan

Sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami mengenai doa masuk rumah, tuliskan doa masuk rumah, bagaimana cara doa masuk rumah, doa sebelum masuk rumah, doa elak binatang berbisa masuk rumah, doa selamat masuk rumah baru, doa keluar masuk rumah, doa agar ular tidak masuk rumah, doa keluar dan masuk rumah beserta artinya, doa sebelum masuk rumah baru.

Baca: