Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Mendengar Petir, Kilat, Guntur, atau Halilintar

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa mendengar petir. Ketika hujan turun, apalagi jika lebat biasanya disertai dengan turunnya petir, kilat, guntur, gemuruh, atau halilintar. Tentu saja itu merupakan fenomena alam yang sangat berbahaya bila kita mendekat.

doa mendengar petir

Maka dari itu pada saat mendengarnya, kita dianjurkan membaca dan memanjatkan doa mendengar petir, guruh, dan halilintar. Doa ini sangat mustajab untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT bagi diri kita sendiri atau orang lain.

Selain itu ada berbagai macam adab dan amalan yang bisa umat muslim lakukan pada saat mendengar petir. Adab tersebut juga bisa kita lakukan untuk menambah amal pahala kita kepada Allah SWT serta meningkatkan iman kita kepada-Nya.

Nah bagi yang ingin memanjatkannya, Anda bisa menyimak seluruh rangkaian bacaan lafadz doa mendengar petir dalam bahasa Arab, teks latin, serta terjemahan Indonesia lengkap sesuai sunnah. Simak pembahasannya di bawah berikut ini.

Bacaan Doa Mendengar Petir Sesuai Sunnah

doa mendengar petir

Tanpa banyak basa basi kembali, berikut di bawah ini kami tuliskan teks, lafadz, bacaan doa ketika mendengar petir, guntur, atau halilintar yang menggelegar. Doa ini mustajab untuk dipanjatkan karena sesuai sunnah berdasarkan bahasa Arab, latin, dan artinya.

1. Doa Ketika Mendengar Petir

Petir atau kilat adalah gejala alam yang biasanya muncul ketika musim hujan saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Beberapa saat kemudian, disusul dengan suara yang menggelegar disebut guruh atau guntur.

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ


Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi.

Artinya:
"Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memujiNya, begitu juga para malaikat, karena takut kepadaNya."

2. Doa Ketika Mendengar Guntur

Guruh, guntur, atau geledek merupakan gelombang kejut suara yang dihasilkan akibat terjadinya pemanasan dan pemuaian udara yang sangat cepat ketika dilewati oleh sambaran petir. Ketika guntur tiba, berikut bacaan doa yang dilafadzkan.

سُبْحَانَالَّذِي سَبَّحَتْ لَهُ


Subhanalladzi sabbahat lahu’.

Artinya:
"Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya."

3. Doa Ketika Mendengar Halilintar

Halilintar atau kilat merupakan gejala yang biasanya muncul pada musim hujan. Halilintar sama seperti petir, dan pada saat Anda melihat atau mendengarnya, berikut lafadz bacaan yang dipanjatkan.

اّللَّهُمَّ لَا تَقْتُلْنَا بِغَضَبِكَ وَلاَ تُهْلِكْنَا بِعَذَابِكَ وَعَافِنَا قَبْلَ ذَلِكَ


Allahumma la taqtulna bi ghadhobika wala tuhlikna bi a’zabika wa a’fina qobla zalika.

Artinya:
"Ya Allah, jangan hilangkan nyawa kami dengan murkaMu, dan jangan binasakan kami dengan azab-Mu, dan maafkanlah kami sebelum itu."

Adab Ketika Mendengar Petir

Pada saat mendengar petir atau geledek, seorang muslim tidak hanya dianjurkan membaca doa kepada Allah SWT saja. Melainkan juga melaksanakan adab-adab sebagai berikut.

  • Segera berdoa dan memohon perlindungan pada Allah SWT.
  • Jangan memakai payung di tempat terbuka karena petir bisa menyambar Anda.
  • Tutup kedua telingamu agar suara petir tidak mengagetkanmu.
  • Hindari berlindung di bawah pohon karena benda-benda yang tinggi mudah terkena sambaran petir.
  • Jika sedang naik pohon segera turun dan cari tempat yang aman.

Kesimpulan

Sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami mengenai doa mendengar petir, doa ketika mendengar petir allahumma, doa melihat kilat dan mendengar petir, doa ketika mendengar petir dan guruh, doa bila mendengar petir, doa jika mendengar petir, doa ketika mendengar petir latin, doa ketika hujan dan mendengar petir.

Baca: