Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Menghilangkan Amarah dan Emosi Seseorang

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa menghilangkan amarah. Tidak semua orang bisa meredam amarahnya sendiri atau orang lain. Sebab kadang bisikan syaitan dan jin lebih kuat dari iman dan keteguhan kita untuk bersabar menahan godaan.

doa menghilangkan amarah

Tapi jika emosi kita terlanjur meluap, bahkan sudah berkata-kata buruk kepada orang lain, kita tidak harus meluapkan seluruhnya. Justru, sebisa mungkin kita harus bersabar menahan amarah dan emosi agar tidak menjadi urusan yang lebih panjang.

Saat ada orang lain yang juga sedang emosi, kita juga harus bisa membantunya untuk bersabar, meredam dan menghilangkan amarahnya. Sebab dengan demikian kita bisa mencegah hal yang lebih buruk terjadi akibat dampak dari emosi tersebut.

Salah satu cara menghilangkan amarah adalah dengan doa. Memanjatkan doa menghilangkan serta meredam amarah atau emosi bisa dilakukan ditujukan kepada Allah SWT. Karena Dia yang memiliki kuasa untuk mengatur suasana hati manusia.

Bacaan Doa Menghilangkan Amarah dan Artinya

doa menghilangkan amarah

Di bawah ini merupakan bacaan lafadz doa untuk menghilangkan amarah dalam bahasa Arab, teks latin, serta terjemahan Indonesia sesuai sunnah. Simak selengkapnya dalam bahasa Arab, teks latin, dan terjemahan Indonesia lengkap.

1. Doa Menghilangkan Amarah Orang Lain

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ اَللّٰهُمَّ رَبَّ مُحَمَّدٍ اغْفِرْلِىْ ذَنْبِىْ وَاذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِىْ وَاَجِرْنِىْ مِنْ مُضِلاَّتِ اْلفِتَنِ


Allahumma rabba muhammadin ighfirli dzambi wadzhib ghoidzho qolbi wa ajirni min mudhillatil fitan.

Artinya:
"Ya Allah, Tuhan Muhammad, ampunilah dosaku, hilangkanlah kemarahan hatiku dan selamatkanlah aku dari kesesatan fitnah."

2. Doa Meredam Amarah Diri Sendiri

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ


Astaghfirullaahal ‘azhiima-lladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, wa atuubu ilaih.

Artinya:
"Aku minta ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Hidup dan terus-menerus mengurus makhlukNya, dan aku bertaubat kepada-Nya."

Cara Meredakan Emosi dalam Islam

Selain melalui panjatan doa, kita bisa meredam atau menghilangkan amarah dalam agama Islam dengan cara-cara di bawah berikut ini.

  • Banyak orang berkata, cara meredakan emosi yang paling ampuh adalah diam.
  • Cara meredakan emosi yang bisa Anda lakukan adalah dengan langsung ambil posisi lebih rendah dari posisi semula.
  • Cara meredakan emosi sesungguhnya bisa juga dengan direndam oleh siraman air yang menyegarkan dan menyejukkan atau berwudhu.
  • Meskipun sangat kesal dengan kemarahan yang diungkapkan, cara meredakan emosi sebisa mungkin Moms harus menahannya.

Kesimpulan

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan kita mengenai bacaan doa menghilangkan amarah, doa menghilangkan amarah dan dendam, doa menghilangkan amarah orang, doa menghilangkan amarah suami, doa untuk menghilangkan amarah, doa untuk menghilangkan amarah seseorang.

Baca: