Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Ketika Menuju Masjid Sesuai Sunnah Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Ubai.web.id - Doa menuju masjid. Umat muslim sangat dianjurkan melaksanakan sholat berjamaah di masjid atau mushola. Sebab dengan menunaikannya bersama-sama, pahala yang akan diperoleh akan semakin banyak sampai 27 derajat.

doa menuju masjid

Pada saat ke masjid, kita tidak hanya harus mengamalkan doa masuk masjid dan doa keluar masjid saja. Melainkan ketika berangkat menuju ke masjid pun kita dianjurkan untuk memanjatkan doa atau niat terlebih dahulu.

Doa tersbebut bisa dipanjatkan pada saat kita akan ke masjid atau mushola untuk menunaikan ibadah sholat berjamaah, sholat jumat, atau sekedar menghadiri pengajian dan pertemuan. Dengan memanjatkannya insyaallah kita akan mendapatkan banyak kebaikan dan pahala.

Bagi yang penasaran bagaimana doa, dzikir, dan wiridnya, Anda bisa menyimak selengkapnya pembahasan atau ulasan mengenai doa menuju masjid di bawah ini. Simak pada pembahasan lengkap dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah berikut.

Bacaan Doa Menuju Masjid Sesuai Sunnah

doa menuju masjid

Berikut teks, lafadz, bacaan doa ketika menuju masjid untuk berangkat sholat berjamaah, jalan kaki ke masjid sendiri atau bersama-sama. Doa ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan artinya atau terjemahan Indonesia lengkap sesuai sunnah.

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ فِىْ قَلْبِى نُوْرًا وَفِى لِسَانِىْ نُوْرًا وَفِىْ بَصَرِىْ نُوْرًا وَفِىْ سَمْعِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَسَارِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَمِيْنِىْ نُوْرًا وَفَوْقِىْ نُوْرًا وَتَحْتِىْ نُوْرًا وَاَمَامِىْ نُوْرًا وَخَلْفِىْ نُوْرًا وَاجْعَلْ لِّىْ نُوْرًا


Alloohummaj’al fii qolbhii nuuroon wa fii lisaanii nuuroon wa fii bashorii nuuroon wa fii sam’ii nuuroon wa’an yamiinii nuuroon wa’an yasaarii nuuroon wa fauqii nuuroo wa tahtii nuuroo wa amaamii nuuroon wa khofii nuuroon waj’al lii nuuroon.

Artinya:
"Ya Allah, jadikanlah dihatiku cahaya, pada lisanku cahaya dipandanganku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya."

Adab Saat Berjalan Menuju ke Masjid

Pada saat berjalan menuju ke masjid, terutama untuk sholat berjamaah maka ada beberapa adab dan ketentuan yang harus diperhatikan. Berikut adab dan niat berjalan ke masjid atau mushola dalam agama Islam.

  • Berjalan ke masjid harus hati-hati, jangan terburu-buru.
  • Sapa dan ajak orang lain khususnya muslim yang ditemui di pinggir jalan untuk pergi ke masjid.
  • Sesampainya di masjid atau mushola jangan lupa lepas alas kaki.
  • Berwudhu sambil membaca doa wudhu, termasuk doa sebelum dan sesudah wudhu.
  • Membaca doa masuk masjid.
  • Mendahului dengan kaki kanan.

Kesimpulan

Sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami mengenai doa menuju masjid, doa jalan menuju masjid, doa menuju masjidil haram, doa keluar rumah menuju masjid, doa berjalan menuju masjid, doa ketika keluar rumah menuju masjid, doa pergi menuju masjid, doa ketika berjalan menuju masjid.

Baca: